Cara Mudah Membuat Bunga Krisan dari Kertas

Bunga krisan merupakan tanaman hias berupa tumbuhan perdu dengan sebutan lain bunga seruni atau bunga aster. Kabarnya bunga krisan yang memiliki nama latin chrysanthemum berasal dari dataran Cina. Bunga krisan ini tumbuh menyemak dengan daur hidup sebagai tanaman semusim ataupun tahunan. Bunga yang sekilas mirip dengan bunga matahari ini selain digunakan sebagai tanaman hias, juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat rangkaian bunga. Dengan variasi warna yang beragam susunan bunga ini akan terlihat menarik dan indah dipandang mata.

Membuat Bunga Krisan untuk Hiasan

Bunga krisan memiliki bentuk yang sederhana, dengan adanya lingkaran pada bagian tengah dan dikelilingi helai mahkota seperti bunga matahari. Mungkin inilah yang membuat bunga ini masuk dalam keluarga sunflower. Salah satu ciri khas dari bunga krisan adalah membuka bagian mahkotanya pada pagi hari saat matahari terbit dan ketika sore hari saat matahari terbenam bunga ini akan menutup mahkotanya kembali.

Bukan hanya itu saja, yang menarik dari bunga krisan yaitu bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Bunga krisan warna putih bisa dijadikan teh krisan yang berkhasiat untuk mengobati influenza, jerawat, dan panas dalam. Maka tidak heran jika banyak orang yang membudidayakan tanaman ini.

Bunga krisan merupakan bunga yang sangat indah dan cocok untuk dijadikan penghias rumah atau ruangan. Diperlukan perawatan dan pemeliharaan khusus pada bunga ini mulai dari pemupukan, penyiraman, penyinaran dan teknik-teknik lainnya. Dengan bentuknya yang menarik dan warna yang indah, maka bunga ini dapat memberikan nuansa yang berbeda. Bagi anda yang ingin menghias ruangan dengan bunga krisan namun tidak sempat membeli, kita dapat membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang sederhana.

Cara membuat bunga krisan ini juga terbilang sangat mudah. Hanya dari bahan kertas bufallo maka kita akan mendapatkan rangkaian bunga krisan yang sangat indah. Dan yang paling penting, membuat hiasan bunga tentunya dapat melatih kreativitas kita.

Bunga krisan dari kertas bufallo

Cara Membuat Bunga Krisan

Berikut ini kita mulai membuat bunga krisan hanya dengan beberapa langkah mudah yang tutorialnya sudah kami lengkapi dengan gambar dan keterangannya. Membuat bunga krisan ini tidak begitu membutuhkan banyak bahan dan peralatan.
Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan hanyalah:
1. Kertas bufallo
2. Lidi
3. Lem kertas dan lem tembak
4. Gunting

Tutorial bunga krisan dari kertas bufallo

1. Pertama-tama siapkan kertas bufallo warna putih, orange, dan hijau. Anda bisa menambahkan warna lain sesuai dengan selera. Siapkan pula lidi atau tusuk sate yang agak panjang untuk digunakan sebagai tangkai bunga.

2. Langkah selanjutnya, potong kertas bufallo untuk persiapan membuat mahkota bunga, lingkaran bunga atau benang sari dan untuk membuat tangkai bunga. Pada bagian lingkaran bunga ini kita bisa menambahkan variasi warna kuning agar bunga semakin cantik.

3. Selanjutnya ambil kertas bufallo warna hijau yang sudah digunting tadi. Beri lem kertas dan ratakan selanjutnya gulungkan pada lidi sehingga membentuk menyerupai tangkai. Selanjutnya lipat kertas bufallo warna orange menjadi dua setelah itu gunting berjajar. Untuk membuat mahkota bunga, lipat kertas bufallo warna putih menjadi beberapa lipatan selanjutnya gunting membentuk mahkota bunga.

4. Lilitkan kertas warna orange yang sudah digunting tadi pada tangkai. Agar bagian ini menyatu dengan kuat gunakan lem tembak. Mekarkan sedikit setelah digulung dengan cara menariknya ke arah samping. Pada bagian ini akan kita jadikan sebagai benang sari dan putik bunga.

Tutorial bunga krisan dari kertas bufallo sampai jadi
5. Langkah selanjutnya yaitu memasang mahkota putih satu persatu secara melingkar sehingga kita peroleh rangkaian mahkota yang pertama dengan jumlah 6 helai mahkota bunga.

6. Lakukan hal yang sama untuk menempelkan 6 helai mahkota bunga namun pada rangkaian berikutnya yaitu dengan menempelkan di bawahnya tepat pada pertemuan mahkota bunga.

7. Selanjutnya kita buat kelopak bunga sebagai dudukan bunga. Gunting kertas bufallo warna hijau tua. Buatlah bentuk menyerupai bintang kemudian lubangi tengahnya. Setelah itu masukkan tangkai dan beri lem tembak pada bawah bunga selanjutnya tempelkan pada kelopak bunga. Lipat sisi-sisi kelopak bunga untuk menutupi bagian bawah bunga.

8. Mekarkan mahkota bunga dengan bantuan tangan. Agar terlihat lebih cantik, buatlah beberapa kuntum bunga lagi kemudian rangkai seperti bucket bunga. Setelah itu tempatkan rangkaian bunga pada gelas atau vas bunga.

Nah, itulah info mengenai bunga krisan yang tak hanya cantik dan mempesona, tetapi juga menyimpan beberapa manfaat positif untuk kesehatan. Dan kini kita bisa memiliki bunga krisan yang cantik dengan perawatan dan pemeliharaan yang lebih mudah karena kita tidak perlu repot-repot lagi menyiram, memupuk dan lain sebagainya. Cukup dengan kertas bufallo, bunga krisan yang cantik tersebut siap menghiasi ruangan.

Demikan Cara Mudah Membuat Bunga Krisan dari Kertas yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. dan selamat berkreasi

0 Response to "Cara Mudah Membuat Bunga Krisan dari Kertas "

Posting Komentar

DMCA