Membuat Bunga Sakura dari Kain Flanel

Bunga sakura merupakan ikon negeri matahari terbit, yaitu Jepang yang sekaligus menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Banyak orang yang memimpikan bisa pergi ke Jepang demi melihat bunga sakura yang sedang mekar ketika musim semi tiba. Kini untuk bisa menikmati keindahan dan kecantikan bunga yang satu ini, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Negeri Sakura Jepang. Karena bunga sakura ternyata tidak hanya bisa tumbuh di negara asalnya saja. Pohonnya bisa tumbuh di berbagai daerah termasuk Indonesia. Malahan pohon sakura yang tumbuh di negara kita ini bisa berbunga hingga dua kali dalam setahun.

Bunga Sakura di Indonesia

Nah, bagi anda yang ingin menikmati indahnya bunga sakura, inilah tempat-tempat yang bisa anda kunjungi. Tempat pertama untuk melihat bunga sakura bermekaran di Indonesia adalah di Kepulauan Riau yaitu di pulau Batam. Disana terdapat taman sakura yang sangat cantik tepatnya di kompleks industri Batamindo.

Tempat yang kedua yaitu di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. Pohon-pohon sakura di Kebun Raya Cibodas berada dalam satu kompleks yang diberi nama Taman Sakura. Di kebun raya ini pengunjung akan dihibur dengan keindahan bunga berwarna merah jambu yang cantik sebanyak dua kali dalam setahun.



Dan yang ketiga adalah Waingapu, Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur. Mungkin selama ini belum banyak yang tahu jika pohon sakura bisa tumbuh dimanapun bukan hanya di negara Jepang. Di daerah ini pohon sakura tumbuh subur dan dibiarkan liar berjajar di pinggir jalan. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa pulau Sumba terkenal sebagai daerah yang tandus.

Membuat Bunga Sakura

Bagi anda pecinta bunga sakura namun belum sempat pergi ke Batam, Cibodas, Pulau Sumba, apalagi terbang ke Jepang. Anda tidak usah bersedih hati karena untuk bisa menghadirkan bunga sakura di hadapan anda dan menikmati keindahannya itu sangat mudah. Siapkan saja kain flanel. Mari berkreasi membuat bunga sakura.

Bunga sakura yang dibuat dari kain flanel

Untuk membuat bunga sakura, anda hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan dan bahan diantaranya:
1. Kawat
2. Kertas koran
3. Kain flanel
4. Gunting
5. Lem tembak

Berikut ini gambar dan tutorial cara membuat bunga sakura yang sudah kami lengkapi dengan keterangannya.

Tutorial membuat bunga sakura dari kain flanel

1. Siapkan kain flanel warna merah jambu yang sudah dipotong dengan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 5 lembar untuk mahkota bunga. Kain flanel warna putih ukuran 3 x 6 cm untuk benang sari. Beberapa helai kain flanel warna hijau yang dipotong seperti pita. Siapkan pula beberapa potong kawat yang sudah dibungkus dengan kertas koran/ kertas krep. Tujuan membungkus kawat dengan kertas koran agar tangkai menjadi agak besar yang nantinya akan dijadikan sebagai ranting bunga.

2. Selanjutnya potong kelima kain flanel yang sudah disiapkan tadi menjadi bentuk menyerupai mahkota bunga dan yang warna putih digunting berjajar untuk tangkai sarinya. Siapkan pula kain flanel warna merah yang dipotong bentuk lingkaran kecil-kecil kemudian tempelkan pada kain flanel yang digunting berjajar tadi sebagai kepala sari.

3. Setelah itu rangkai tangkai kawat untuk membentuk ranting. Lilitkan kain flanel warna hijau. Selanjutnya kita buat kelopak bunga dari kain flanel berwarna merah hati yang dilubangi tengahnya. Kita buat pula kuncup bunga sakura. Untuk kuncupnya kita perlukan 2 potongan kain flanel yang dibentuk menyerupai mahkota bunga.

4. Kita lanjutkan dengan merangkai mahkota bunga. Terlebih dahulu masukkan kelopak bunganya. Selanjutnya tempelkan benang sari pada tangkai dengan cara melingkar. Gunakan lem tembak agar bagian ini menyatu dengan kuat pada tangkai. Lakukan hal yang sama untuk memasang kuncupnya. Selanjutnya satu-persatu tempelkan secara melingkar bagian mahkota bunga. Oleskan lem tembak pada bagian bawah bunga agar mahkota bunga menempel dengan kuat pada kelopak bunga.

5. Buatlah beberapa kuntum bunga dengan beberapa variasi warna. Pilihlah warna sesuai dengan warna bunga sakura yang asli. Selanjutnya pasang pada ranting kawat. Dan bunga sakura dari kain flanel pun sudah jadi.

Bagaimana? Mudah kan cara Membuat Bunga Sakura dari Kain Flanel? Bagi anda yang minim dana untuk travelling, sementara ini ketika ingin melihat keindahan bunga sakura saat sedang mekar tidak perlu pergi jauh-jauh ke Jepang. Cukup di rumah saja sambil memandangi bunga sakura flanel hasil kreasi anda. Bayangkan seolah-olah anda sedang berada di Jepang. Siapa tahu kelak anda bisa terbang kesana dan membuktikan kepada semua orang bahwasanya mengunjungi Negeri Sakura bukan hanya sekedar mimpi. Ganbatte kudasai !

0 Response to "Membuat Bunga Sakura dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA