Membuat Hiasan Bentuk Ikan dari Anyaman Kertas

Masih ingat pelajaran menganyam ketika masih SD dulu? Atau malah mungkin sudah lupa bagaimana cara menganyam yang diajarkan oleh guru. Ternyata sampai sekarang tugas membuat anyaman masih diberlakukan loh. Biasanya teknik menganyam yang diajarkan kepada siswa sekolah dasar adalah anyaman sederhana menggunakan kertas warna yang dianyam pada selembar kertas buku gambar. Anyaman itu sendiri merupakan kerajinan tangan khas nusantara. Jadi sudah selayaknya kita ikut melestarikan seni dan budaya asli Indonesia ini dengan cara mengajarkannya kepada generasi penerus bangsa.

Membuat Hiasan dari Anyaman Kertas

Seperti yang kita ketahui, menganyam merupakan teknik manual yang masih menggunakan tangan untuk membuat sebuah karya seni yang mengagumkan. Membuat anyaman dengan berbagai motif bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang dan sebagai penghilang rasa jenuh. Dengan ketrampilan menganyam yang kita miliki akan memudahkan kita untuk membuat berbagai kerajinan tangan yang memiliki nilai jual seperti hiasan dinding, tas, dompet dan lain sebagainya. Agar kreasi kita memiliki nilai jual tentunya harus memenuhi kriteria yaitu hasilnya bagus dan menarik.

Namun disini kami tidak akan membagikan tutorial yang muluk-muluk dalam hal ini kerajinan anyaman karena yang ada justru membuat pembaca kebingungan karena penulis juga masih belajar hehe. Sama seperti ketika di SD dulu, yaitu menganyam dengan menggunakan kertas. Kali ini kami akan berbagi pengalaman membuat anyaman dari kertas dalam bentuk ikan yang nantinya bisa digunakan untuk menghias dinding maupun ditempatkan di teras sebagai hiasan gantung.

Hiasan ikan dari anyaman kertas

Bagaimana? Lumayan kan hiasan bentuk ikan dari anyaman kertas? Cara membuatnya juga sangat mudah. Dijamin anda pasti juga bisa membuatnya. Apalagi bahan-bahannya juga sangat mudah didapat dan murah. . Alangkah menyenangkan jika hal ini dilakukan bersama-sama dengan putra-putri tercinta untuk melatih kreativitas mereka.

Cara Membuat Hiasan Bentuk Ikan

Untuk membuat kerajinan tangan tentu kita memerlukan bahan utama yaitu 2 lembar kertas warna. Disini kami menggunakan kertas bufallo, gunting, penggaris, pensil, spidol, lem kertas, dan dakron jika diperlukan. Tidak menggunakan dakron pun juga tidak apa-apa.

Setelah alat serta bahan yang diperlukan sudah disiapkan semuanya, sekarang saatnya kita membuat anyaman kertas. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat hiasan ikan dengan teknik anyaman sederhana dari kertas yang sudah kami lengkapi dengan gambar dan keterangannya secara berurutan.

Tutorial hiasan ikan dari anyaman kertas bufallo
1. Langkah pertama dalam membuat anyaman adalah dengan membuat pola pada dua kertas yang berbeda warna. Buatlah garis-garis pada kertas dengan menggunakan pensil dan penggaris. Buatlah ukuran 3 cm masing-masing 3 buah karena untuk satu ikan kita membutuhkan 6 buah kertas yang menggunakan 2 variasi warna. Disini kami menggunakan kertas warna merah dan hijau. Untuk warna silahkan bereksperimen dengan warna-warna yang anda sukai. Selanjutnya potong kertas lurus menurut pola garis.

2. Selanjutnya lipat semua kertas yang sudah dipotong tadi menjadi 2 bagian yang sama. Jadi jumlah keseluruhan ada 6 lembar.

3. Langkah selanjutnya yaitu proses menganyam. Untuk langkah awal menganyam, letakkan kertas warna merah dengan posisi menindih kertas hijau.

4. Selanjutnya lipat dan arahkan kertas warna merah ke bawah sehingga kedua kertas saling mengait dan bersilangan.

5. Lakukan hal yang sama untuk kertas warna merah yang kedua namun mengaitkannya pada bagian belakang kertas warna hijau.

6. Selanjutnya balikkan posisi anyaman untuk melanjutkan proses menganyam dengan menambahkan kertas warna hijau.

7. Ambil kertas hijau dan kaitkan pada kertas warna merah bagian belakang sehingga posisi anyaman berselang-seling susunannya.

8. Sama seperti sebelumnya, balikkan posisi anyaman untuk melanjutkan proses menganyam dengan menambahkan kertas warna merah.

9. Balikkan lagi posisi anyaman untuk melanjutkan proses menganyam dengan menambahkan kertas warna hijau. Atur anyaman sehingga anyaman berselang-seling susunannya. Jika sudah selesai maka kedua permukaan anyaman memiliki susunan yang saling terkait antara kertas merah dan hijau. Rapatkan anyaman dan beri lem pada bagian pinggir anyaman untuk merekatkan agar anyaman tidak bergeser. Pada bagian tengahnya biarkan saja jangan dilem dulu.

Tutorial hiasan ikan dari anyaman kertas bufallo part 2

10. Agar ikan tampak berisi, masukkan dakron. Selanjutnya beri lem pada bagian yang tidak dianyam kemudian satukan. Pada langkah ini optional saja. Karena tidak diisi dakron pun juga tidak masalah.

11.Selanjutnya potong kertas warna hijau yang ada di tengah. Berikutnya, lipat kertas warna hijau yang ada di bagian bawah ke arah atas. Sisipkan ujung kertas hijau ke dalam anyaman kertas warna merah. Beri lem sehingga anyaman kertas warna-warni akan terkunci rapat dan kuat. Lakukan hal yang sama untuk mengerjakan kuncian anyaman untuk kertas warna merah. Seperti langkah sebelumnya pada penguncian kertas warna hijau, potong ujung kertas warna merah dan sisipkan ujung kertas warna merah yang ada di bawah menuju ke atas dan masukkan ke dalam anyaman kertas warna hijau. Jangan lupa beri lem sehingga anyaman kertas warna-warni akan terkunci rapat dan kuat. Selanjutnya rapikan anyaman.

12. Nah, sekarang kita akan membentuk sirip dan ekor ikan. Buatlah garis lengkung dengan menggunakan pensil selanjutnya lakukan pengguntingan sesuai garis lengkung yang telah dibuat tadi.

13. Dan itulah bentuk ikan yang sudah jadi. Langkah terakhir yaitu menambahkan mata pada kedua sisi ikan. Gunakan spidol atau marker, atau buatlah guntingan kertas warna hitam berbentuk lingkaran kecil. Jika ingin lebih menarik, anda dapat menggunakan mata boneka yang dijual di toko-toko bahan kerajinan. Buatlah beberapa ikan dengan ukuran dan variasi warna yang berbeda.

Demikianlah kegiatan positif dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang salah satunya Membuat Hiasan Bentuk Ikan dari Anyaman Kertas yang bisa anda lakukan bersama buah hati anda. Selamat mencoba.

0 Response to "Membuat Hiasan Bentuk Ikan dari Anyaman Kertas "

Posting Komentar

DMCA