Cara Membuat Kreasi Ikan dari Pita Kado

Hallo readers... kembali lagi Kreasi Ceria dengan tutorial kerajinan. Kali ini bahan yang kami gunakan yaitu pita plastik atau yang lebih dikenal dengan nama pita kado.

Membuat Kreasi Ikan

Seperti yang kita tahu, pita plastik atau pita kado ini bisa digunakan untuk membuat berbagai hiasan dengan berbagai cara. Pita kado memiliki warna yang beraneka ragam. Umumnya pita kado digunakan untuk membuat aksesoris dalam bentuk pita yang ditempelkan pada baju ketika acara perpisahan di sekolah. Dan yang paling umum, pita plastik ini digunakan untuk menghias kado.

Jika selama ini pita plastik lebih sering digunakan untuk menghias kado, bagaimana kalau pita plastik tersebut kita jadikan kreasi yang lebih menarik lagi salah satunya bentuk ikan yang lucu seperti gambar di bawah ini.

Kreasi ikan dari pita plastik atau pita kado
Jika sebelumnya di blog ini sudah memposting cara membuat ikan dari kertas, kini kami mencoba membuatnya dari bahan dan cara yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Kreasi ikan dari pita kado ini nantinya bisa digunakan sebagai hiasan gantung maupun gantungan kunci. Cara membuat kreasi ikan ini juga sangat mudah dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja termasuk anak-anak.

Berikut ini kami share pengalaman membuat kreasi ikan dari pita kado dalam bentuk rangkaian gambar berurutan yang dilengkapi dengan keterangannya sebagai penjelasan dari gambar. Namun sebelum membuat kreasi ikan ini, alangkah baiknya kita persiapkan dulu bahan-bahan dan peralatannya sebagai berikut.
1. Pita kado 2 warna
2. Dakron
3. Lem tembak
4. Gunting
5. Mata boneka

Setelah bahan-bahan dan peralatan sudah tersedia, selanjutnya ikuti langkah-langkah pembuatan kreasi ikan seperti di bawah ini.

Tutorial dan cara membuat kreasi ikan dari pita kado
1. Sediakan dua pita kado dengan warna yang berbeda. Silahkan pilih warna sesuai dengan selera anda. Pada tutorial ini kami menggunakan pita kado warna ungu dan oranye. Pita kado disini berukuran lebar 2 cm. Setelah pita kado tersedia selanjutnya potong pita kado tersebut masing-masing berukuran 20 cm sehingga didapat 6 potong pita kado.

2. Selanjutnya lipat semua pita kado tepat di tengahnya dengan lipatan yang sama.

3. Setelah itu gunting bagian tengah semua pita hingga menjadi 2 bagian. Jangan digunting semua tetapi digunting dan dibelah kira-kira sepanjang 5-6 cm.

4. Kini saatnya menganyam pita-pita yang sudah dibelah tadi. Pertama-tama masukkan belahan pita orange pada belahan pita ungu.

5. Kemudian masukkan belahan pita orannye ke dalam belahan pita ungu dengan posisi pita ungu kini menjepit pita oranye.

6. Masukkan lagi belahan pita oranye ke dalam belahan pita ungu kemudian tarik sedikit dan masukkan pita oranye sehingga posisi pita oranye mengait pada pita ungu.

7. Sekarang sudah terjalin anyaman dari 2 pita yaitu pita oranye dan ungu. Selanjutnya geser anyaman sampai pada batas belahan.

8. Sekarang kita akan melanjutkan menganyam pita oranye berikutnya. Sama seperti sebelumnya, lakukan anyaman yang sama persis.

9. Selanjutnya balikkan posisi anyaman dan masukkan pita ungu dan anyam seperti sebelumnya sehingga anyaman berselang-seling. Rapatkan anyaman dengan rapi. Masukkan lagi pita ungu dan anyam dengan cara yang sama kemudian balikkan dan masukkan pita oranye dan anyam sehingga semua pita kini sudah terjalin menjadi anyaman yang saling terkait. Jangan lupa rapatkan lagi dan rapikan.

Tutorial dan cara membuat kreasi ikan dari pita kado part 2
10. Dan itulah hasil anyaman 6 potong pita namun belum nampak seperti bentuk ikan sehingga diperlukan proses selanjutnya.

11. Untuk membentuk ikan, langkah berikutnya yaitu mengisi dengan dakron. Usahakan agar anyaman tersebut tidak terlalu berisi, tapi isi dakron secukupnya saja yang penting ikan tampak lebih menggembung agar ikan menjadi bentuk tiga dimensi alias tidak gepeng.

12. Setelah selesai mengisi dakron, saatnya mengelem. Pastikan semua sisinya dilem. Kemudian potong ke enam ujung pita plastik untuk membentuk sirip dan ekor ikan. Rekatkan lagi dengan lem. Setelah selesai semua, kini saatnya memasang mata boneka pada kedua sisi anyaman.

13. Dan ikan dari pita kado pun sudah jadi. Buatlah beberapa ikan dari pita kado dengan variasi warna yang berbeda. Pasangkan benang jika anda ingin menjadikannya sebagai hiasan gantung. Kreasi ikan ini juga bisa dijadikan gantungan kunci.

Itulah Cara Membuat Kreasi Ikan dari Pita Kado. Kegiatan seperti ini hanya sekedar untuk mengisi waktu luang di rumah dan tentunya bisa sangat berguna. Membuat kreasi ikan seperti ini juga bisa diajarkan kepada putra-putri anda yang kebetulan sedang mendapatkan tugas prakarya.

Sekian dulu ya artikel dari kami. Semoga tutorial yang ada disini bisa menjadi inspirasi dan menambah wawasan anda sekalian. Mari berkreasi dan terus asah kemampuan diri agar kita menjadi pribadi yang lebih kreatif hehe. Nantikan kreasi-kreasi kami berikutnya. Sampai jumpa dan terima kasih.

0 Response to "Cara Membuat Kreasi Ikan dari Pita Kado"

Posting Komentar

DMCA