Cara Mudah Membuat Angpao Lebaran

Lebaran sebentar lagi nih. Salah satu yang paling ditunggu anak-anak saat lebaran adalah angpao atau amplop berisi uang yang diperoleh dari orang yang lebih tua ketika bersalaman. Anda pasti dulu juga pernah mengalami hal seperti itu kan? Berkunjung ke rumah saudara dan juga tetangga, bersalaman dengan orang yang lebih tua sambil mengharap salam tempel hehehe.

Berbagi Angpao Lebaran

Idhul fitri merupakan moment spesial untuk bersilahturrahim dengan kerabat ataupun tetangga. Kita yang biasanya disibukkan dengan pekerjaan masing-masing, akan menyisihkan waktu untuk berkeliling. Yang merantau akan pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga tercinta dan juga berkunjung ke rumah kerabat dan tetangga dengan tujuan saling bermaafan. Tradisi ini berlangsung setahun sekali dari dulu hingga kini. Tak hanya bersilahturrahim, tradisi lainnya adalah memberi angpao lebaran kepada adik, keponakan, anak tetangga dan saudara lainnya.

Untuk isi angpao itu sendiri, pada umumnya uang yang dimasukkan angpao adalah uang yang masih baru. Kita bisa menukarkan uang lama dengan uang baru di bank maupun di pinggir-pinggir jalan. Untuk besaran angpao tentu disesuaikan dengan kemampuan. Mulai dari Rp 2000,00 hingga Rp 50.000,00.

Meski isinya tidak seberapa, tapi hal itu bisa membuat anak-anak bahagia. Kita bisa melihat ekspresi yang ditunjukkan anak-anak ketika menerima angpao. Betapa bahagianya mereka meskipun ketika angpao dibuka ternyata isinya hanya cukup untuk membeli permen namun hal itu tetap membuat anak-anak merasa senang dan bersemangat. Semakin banyak rumah yang dikunjungi, maka semakin banyak pula angpao yang akan mereka dapatkan. Begitulah kira-kira yang tergambar dalam benak mereka.

Idhul fitri yang hanya datang setahun sekali adalah moment dimana umat muslim semua merasa bahagia. Demikian pula dengan anak-anak. Namun, anak-anak masih belum paham apa makna dari idul fitri. Mungkin tanpa angpao, mereka tidak akan merasakan kebahagiaan dalam menyambut hari raya. Maka dari itu sudah sepatutnyalah kita sebagai orang yang lebih dewasa untuk menyisihkan sebagian dari rizki kita untuk diberikan kepada anak-anak pada saat lebaran karena sejatinya berbagi angpao sama dengan berbagi kebahagiaan.

Membuat Angpao Lebaran

Berbagi uang kepada anak- anak maupun kerabat di moment lebaran tentu sudah menjadi tradisi dan akan lebih bermakna jika dengan menggunakan amplop lebaran. Saat ini banyak sekali dijual amplop lebaran dengan beraneka ragam bentuk yang lucu dan unik. Jadi tidak hanya uang baru saja yang diberikan pada anak anak, namun dengan amplop lebaran yang lucu akan menambah semarak lebaran karena anak-anak akan semakin senang.

Untuk angpao lebaran, sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri. Angpao lebaran ini dibuat dari bahan yang mudah didapat yaitu dari kertas origami double face ukuran 16 x 16 cm dan lem kertas. Meskipun jika dipikir-pikir membeli amplop lebaran harganya juga tidak terlalu mahal, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya sendiri. Lagipula membuat amplop seperti ini juga sangat mudah. Yang penting ada niat dan bahan. Dijamin tidak akan mengecewakan kok hasilnya.

Angpao lebaran dari kertas origami

Bagaimana? lucu kan angpaonya? Berikut ini kami share pengalaman membuat angpao lebaran yang bisa anda ikuti jika anda juga ingin membuatnya. Anda bisa memakainya sendiri atau menjualnya. PD amat mbak hihihi.

Berikut ini step by step membuat angpao lebaran yang sudah dilengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Tutorial cara membuat angpao lebaran menggunakan bahan kertas

1. Pertama-tama siapkan kertas hvs dan pensil untuk membuat pola dasar amplop terlebih dahulu. Pola dasar amplop ini berbentuk menyerupai kucing. Untuk ukuran pola disesuaikan dengan ukuran kertas origami double face.

2. Langkah selanjutnya aplikasikan pola pada kertas origami. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kertas origami double face polos untuk body amplop dan kertas origami motif untuk tutup amplop.

3. Potong kertas origami menurut pola dan hasilnya seperti pada gambar.

4. Setelah kertas dipotong selanjutnya lipat kedua bagian samping. Lipat pula pada bagian atas tutup amplop.

5. Langkah berikutnya, beri lem pada bagian tutup amplop kemudian tempelkan pada bagian body amplop. Setelah itu lipat amplop ke atas. Beri lem pada kedua bagian samping kemudian tempelkan sehingga membentuk amplop.

6. Selanjutnya buat guntingan membentuk hati dan tempelkan pada tutup amplop. Setelah itu buat gambar mata, hidung, dan kumis kucing menggunakan spidol. Jika setelah digambar ternyata tinta spidol tembus maka kita harus menggunting lagi pola berbentuk kepala kucing kemudian tempelkan untuk menutup tinta spidol.

7. Nah, itu dia amplop atau angpao lebaran yang dibuat dari kertas origami sudah jadi dan siap diisi dengan uang baru untuk selanjutnya dibagikan kepada anak-anak disaat Idhul Fitri.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Angpao Lebaran. Buat yang banyak ya! Dan jangan lupa mengisi dan membagikannya. Tiap niat baik yang anda lakukan, pasti akan berbuah manis nantinya. Berbagi angpao bukan berarti menghambur-hamburkan uang. Sekali lagi, berbagi angpao sama dengan berbagi kebahagiaan. Dengan berbagi, pasti anda akan mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan yang berlipat ganda.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Angpao Lebaran "

Posting Komentar

DMCA