Contoh Prakarya yang Mudah Dibuat Untuk Anak TK

Semua orang tua pasti ingin anaknya sehat, cerdas, aktif dan kreatif. Mengenai kreativitas yang perlu ditumbuhkan sejak kecil kepada anak sangatlah penting untuk dilakukan karena hal ini akan dapat dijadikan bekal bagi anak dalam menghadapi hidup di masa yang akan datang. Sedangkan yang dimaksud dengan kreativitas, sebenarnya semua anak memiliki bakat-bakat tertentu yang bisa diketahui oleh orang tuanya sejak mereka kecil. Sebagai orang tua tentunya harus jeli dan teliti melihat bakat sang anak yang mungkin saja masih terpendam dan perlu digali.

Membuat Prakarya

Sehubungan dengan kreativitas anak, menumbuhkan dan mengembangkan bakatnya sejak dini adalah dengan menanamkan nilai-nilai positif dan mengajarkan kepada anak apa yang kita lakukan dan memberi contoh yang benar maka anak akan mengikuti dan melakukannya dengan benar pula.

Kebiasaan yang sudah diajarkan oleh orang tuanya biasanya akan selalu diingat dan akan diikuti oleh sang anak hingga dewasa. Jika anak sudah sering diajak dan diajarkan untuk melakukan suatu hal yang bisa menumbuhkan kreativitas nya, maka manfaatnya akan terasa hingga mereka besar. Sebaiknya anda mendidik anak dengan cara yang baik dan benar agar kreativitas dan kecerdasan anak dapat terangsang serta lebih meningkat seiring perkembangan usianya.

Berbicara mengenai kreativitas, anda bisa mengambil langkah-langkah yang dapat membantu meningkatkan kreativitas anak salah satunya yaitu membuat prakarya atau kerajinan. Seperti yang kita lihat, saat ini membuat kerajinan tangan itu tidak hanya di lakukan oleh orang dewasa saja, tapi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, seperti PAUD, dan TK, juga diajarkan membuat beberapa kerajinan tangan.




Untuk anak usia taman kanak-kanak, memberikan contoh kerajinan tangan yang mudah dibuat merupakan hal yang wajib dilakukan oleh orang tua maupun guru. Di usianya yang masih sangat dini, anak  harus terus dilatih dan tentunya merupakan hal yang sulit diikuti oleh anak jika kita memberikan contoh membuat kerajinan yang rumit.

Sedangkan cara mengajarkan anak untuk bisa kreatif itu sebenarnya cukup mudah. Sebagai orang tua sudah seharusnya kita pandai-pandai memilih kerajinan seperti apa yang bisa dicontohkan kepada anak sesuai dengan usianya. Dengan tutorial yang sangat mudah, dan dari bahan yang juga mudah ditemukan atau mungkin bahkan sudah mereka kenal maka mereka akan dapat mengikuti dan mengingatnya dengan mudah. Seperti yang anda lihat di bawah ini adalah contoh prakarya yang mudah dibuat sehingga cocok diajarkan kepada anak TK.

Contoh prakarya dari kertas untuk anak TK

Kerajinan seperti pada gambar di atas dibuat dari kertas lipat atau kertas origami yang mana nantinya bisa dijadikan sebagai hiasan meja maupun hiasan dinding kreatif guna memperindah kelas atau ruangan.

Cara Membuat Prakarya Untuk Anak TK

Berikut ini adalah rangkaian gambar tutorial cara membuat prakarya untuk anak TK yang sudah kami lengkapi dengan keterangan. Untuk membuat prakarya seperti ini, kita hanya membutuhkan kertas origami double face, lem kertas dan lidi atau tusuk sate. Sedangkan peralatan yang digunakan adalah gunting.

Tutorial cara membuat prakarya dari kertas untuk anak TK

Langkah-langkah membuat prakarya untuk anak TK
1. Siapkan kertas origami double face warna apa saja, lidi atau tusuk sate dan lem kertas.

2. Langkah selanjutnya lipat kertas menjadi 2 bagian sama besar dan gunting menjadi 2. Selanjutnya lipat lagi, gunting menjadi dua dan seterusnya hingga kita memiliki 16 potongan kertas dengan ukuran yang sama.

3. Selanjutnya tekuk guntingan kertas tadi menjadi dua. Kita tekuk saja jangan dilipat. Kemudian beri lem pada bagian ujungnya dan rekatkan. Lakukan hal yang sama pada semua potongan kertas tadi.

4. Setelah semua potongan kertas sudah dilipat, selanjutnya potong kertas warna kuning atau warna apa saja. Potong membentuk lingkaran. Kemudian tempelkan lipatan kertas tadi satu persatu dengan formasi +.

5. Selanjutnya tempelkan semua potongan kertas pada bagian sela-sela sehingga semua potongan kertas yang jumlahnya 16 tadi menempel dan menyatu membentuk rangkaian mahkota bunga.



6. Langkah berikutnya, ambil lidi atau tusuk sate dan kertas origami warna hijau atau warna apa saja. Selanjutnya potong kertas origami kira-kira 0,5 cm. Kemudian lilitkan kertas origami tersebut pada lidi atau tusuk sate. Jangan lupa, buatlah lagi potongan kertas berbentuk lingkaran.

7.  Langkah terakhir yaitu memasang tangkai lidi pada rangkaian mahkota bunga. Beri lem pada tangkai dan juga belakang bunga kemudian ratakan. Tempelkan tangkai pada bunga kemudian tutup dengan potongan kertas berbentuk lingkaran. Tambahkan lem pada semua sisinya agar tangkai melekat kuat dan tidak goyang.

8. Nah, itu dia bentuk kerajinan tangan atau prakarya sederhana untuk anak TK yang sudah jadi.

Bagaimana? Mudah kan? Itulah salah satu Contoh Prakarya yang Mudah Dibuat Untuk Anak TK beserta cara membuatnya yang bisa anda coba sendiri di rumah bersama buah hati anda. Selamat berkreasi dan berbahagia...Terima kasih.

0 Response to "Contoh Prakarya yang Mudah Dibuat Untuk Anak TK "

Posting Komentar

DMCA