Dompet Koin dari Kain Perca dan Cara Membuatnya

Anda butuh dompet baru? Ingin beli dompet branded namun apadaya belum ada dana. Jangan bersedih dulu, cobalah buat dompet sendiri. Meskipun modelnya sangat simple setidak-tidaknya membuat hati puas dan terhibur karena membantu anda melupakan sejenak keinginan memiliki dompet bermerk.

Membuat Dompet Koin

Berbicara mengenai dompet branded yang harganya sungguh fantastik, tidak ada kata yang bisa dijabarkan selain gaya hidup. Nah, daripada uang anda habis hanya untuk membeli dompet yang mahal apalagi modelnya juga begitu-begitu saja, mengapa tidak membuat sendiri dan dijamin modelnya juga tidak kalah menariknya jika dibandingkan dengan dompet branded yang harganya selangit. Anda tinggal mendesain seperti apa model dompet yang diinginkan. Mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.

Seperti di bawah ini, sebuah dompet koin yang meskipun berbahan dari kain perca kalau sekedar untuk menyimpan uang logam recehan, rasanya sudah lebih dari cukup. Modelnya juga sederhana dan sudah umum namun bukan berarti pasaran karena dibuat sendiri alias DIY sehingga menjadi sesuatu yang unik.

Dompet koin sederhana dari bahan kain perca

Membuat dompet sebenarnya sangat mudah yang penting anda memiliki bahan yang tepat dan kemampuan dasar menjahit. Meskipun tak punya mesin jahit, anda bisa menjahit dengan tangan, atau jika anda bisa membuat dompet kain yang lebih mudah seperti dompet koin pada gambar di atas, maka anda bisa langsung menjahitnya dengan mesin jahit.

Untuk adik-adik yang sedang belajar membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan kain perca. Mungkin membuat dompet koin ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Jangan takut tidak bisa ya. Mudah kok. Ukuran dompet bisa disesuaikan dengan keinginan.

Lalu bagaimana cara membuat dompet koin? Di bawah ini adalah tutorial cara membuat dompet koin dari bahan kain perca yang sudah dilengkapi dengan gambar dan keterangannya secara berurutan.

Namun untuk membuat dompet koin ini, anda perlu menyiapkan kain perca atau kain apa saja, resleting, busa angin, jarum dan benang serta gunting. Untuk menghindari kesalahan ketika proses memotong kain, sebaiknya kita buat pola dasar terlebih dahulu dari kertas hvs atau kertas apa saja. Pola dasar ini dibuat dalam bentuk segi empat namun pada keempat sudutnya digunting agak melengkung. Setelah semua bahan dan peralatan sudah tersedia, selanjutnya langsung saja dieksekusi.

Tutorial dan cara membuat dompet koin dari kain perca

1. Setelah pola dompet selesai dibuat selanjutnya aplikasikan pada bahan. Potong kain, busa angin menurut pola. Potong juga kain untuk furing dompet dan siapkan kain untuk bisban dengan ukuran lebar 3 cm dan panjangnya disesuaikan keliling dompet koin. Untuk resleting disini yang digunakan adalah resleting berukuran 20 cm.

2. Langkah selanjutnya, tumpuk kain furing, busa angin, dan kain utama kemudian sematkan jarum pentul. Selanjutnya jahit bisban mengelilingi tepi bahan. Cara menjahitnya dimulai dari dalam atau dari bagian furingnya.

3. Setelah itu balikkan posisi bahan dan lipat bisban dengan rapi kemudian dijahit lagi sehingga bisban menutupi seluruh bagian tepi dompet koin. Jika diperhatikan maka bentuk dasar dompet seperti cempal.

4. Selanjutnya lanjutkan proses memasang resleting. Karena yang digunakan pada tutorial ini resleting baju, maka harus dilepas dulu kepala resletingnya. Selanjutnya pasangkan resleting pada salah satu sisi dompet. Lakukan hal yang sama pada sisi yang satunya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar.

5. Setelah resleting terpasang, selanjutnya pasangkan kembali kepala resleting. Jahit pada bagian ujungnya untuk mengunci resleting.

6. Coba tutup resletingnya. Jika resleting sudah pas, buka kembali dan balikkan dompet kemudian jahit lurus tepi dompet untuk menyatukan dompet pada bagian depan dan belakang. Selanjutnya jahit lurus pada bagian bawah untuk membuat sudut. Setelah itu balikkan dompet dan rapikan.

7. Nah, itu dia dompet koin yang sudah jadi.

Demikianlah uraian singkat tentang Dompet Koin dari Kain Perca dan Cara Membuatnya. Bagaimana? Mudah kan? Hanya dari bahan yang ada di sekitar kita, yaitu kain perca, kini bisa disulap menjadi dompet koin yang keren. Tidak usah membeli dompet branded mahal-mahal, yang penting bisa digunakan untuk menyimpan uang dan aman ketika dibawa kemana-mana. Sekilas memang bentuknya sederhana dan terkesan tidak berharga, apalagi isinya hanya uang koin, namun bagaimana jika koinnya koin emas hehe.

Sekedar info, dompet koin sederhana seperti pada gambar di atas sampai saat ini masih digemari ibu-ibu yang tinggal di daerah pedesaan loh. Jika kebetulan anda sedang berbelanja ke pasar tradisional, anda pasti melihat ibu-ibu sedang mengeluarkan sesuatu dari saku baju atau tas belanja ketika membayar belanjaannya. Benda itu adalah dompet koin.

0 Response to "Dompet Koin dari Kain Perca dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

DMCA