Hiasan Bunga Mawar dari Kertas Origami dan Cara Membuatnya

Rumahku adalah istanaku, rumahku adalah surgaku merupakan ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dan memiliki rumah yang indah adalah dambaan semua orang. Dengan rumah yang indah dipercaya dapat membuat penghuninya merasa lebih nyaman. Selain itu rumah yang indah bisa membuat pemiliknya merasa bangga. Di dalam rumah, baik itu rumah mewah maupun rumah yang sederhana pasti ada ruangan yang memang dibuat khusus untuk bertemu dengan orang-orang yang sedang berkunjung ke rumah yakni ruang tamu. Ruangan ini menjadi akses utama para tamu yang berkunjung.

Menghias Ruangan

Agar ruangan terlihat cantik tentunya ada berbagai macam hiasan yang bisa mendukung tampilan ruang tamu salah satunya hiasan bunga. Untuk mempercantik ruangan memang saat ini banyak sekali dijual berbagai macam jenis hiasan bunga baik itu bunga asli maupun bunga tiruan. Kini bunga tiruan sudah banyak tersedia dan harganyapun juga tidak terlalu mahal.

Biasanya ibu-ibu rumah tangga lebih memilih membeli bunga tiruan, alasannya karena bunga tiruan sudah pasti awet, lain halnya jika membeli bunga yang asli untuk menghias ruangan. Tentunya bunga tersebut cepat layu dan jika sudah demikian justru hanya akan mengganggu pemandangan saja apalagi tempat meletakkan bunganya di ruang tamu.




Sebenarnya untuk mendapatkan bunga tiruan yang digunakan untuk mempercantik ruangan itu tidak harus membeli karena bunga tersebut bisa dibuat sendiri dari bahan yang sangat sederhana yaitu dari kertas origami. Ya, kertas origami atau kertas lipat yang biasanya dipakai anak TK ini ternyata bisa dikreasikan menjadi hiasan bunga mawar yang cantik.

Hiasan bunga mawar cantik dari kertas origami

Jika anda membuat bunga seperti ini sendiri di rumah, anda bisa membuatnya berapapun jumlah bunga yang anda inginkan. Semakin banyak bunga yang dibuat dan jika diletakkan di vas atau gelas maka akan semakin bagus karena tampak seperti bucket bunga.

Jika kebetulan anda memiliki persediaan kertas origami, daripada dibiarkan saja tidak terpakai, bagaimana jika anda memanfaatkan kertas origami tersebut untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, yaitu untuk membuat hiasan bunga seperti pada gambar di atas. Selain bisa digunakan untuk menghias ruangan, kerajinan tangan dari bahan kertas origami ini juga bisa dijual dengan catatan anda membuatnya dengan sebagus mungkin.

Cara Membuat Hiasan Bunga Mawar

Anda penasaran dan ingin membuatnya juga? Baiklah, disini kami akan membagikan pengalaman dalam membuat bunga mawar dari kertas origami. Namun sebelum kita melangkah pada proses pembuatan bunga mawar ini, alangkah baiknya jika anda persiapkan dulu bahan dan pelaralatan yang diperlukan diantaranya yaitu:
1. Kertas origami double face
2. Lidi / tusuk sempol
3. Lem kertas
4. Gunting

Setelah bahan dan peralatan sudah tersedia, selanjutnya kita mulai membuat bunga mawarnya dan  berikut ini tutorial cara membuat bunga mawar dari kertas origami yang bisa langsung anda simak step by step yang sudah dilengkapi gambar dan keterangannya secara berurutan.

Cara mudah membuat bunga mawar dari kertas origami
1. Pertama-tama siapkan 3 kertas origami double face dan lidi atau tusuk sempol. Untuk membuat satu kuntum bunga dibutuhkan 1 1/2 lembar kertas origami. Pada tutorial ini menggunakan kertas origami ukuran 16 x 16 cm. Kertas origami warna oranye untuk bunga dan kertas warna hijau untuk daun, kelopak, dan pembungkus tangkai.

2. Selanjutnya lipat kertas warna oranye menjadi empat dan potong kertas tersebut sehingga dari 1 lembar kertas kita dapatkan 4 potongan kertas yang sama besar.

3. Selanjutnya ambil satu potongan kertas dan lipat menjadi empat untuk persiapan membuat mahkota bunga.

4. Setelah itu lipat lagi kertas yang sudah dilipat tadi sehingga menjadi lipatan bentuk segitiga.

5. Untuk membentuk mahkota bunga, selanjutnya potong lipatan segitiga tadi dengan guntingan agak membulat dan pada ujung bawahnya potong sedikit untuk membuat lubang. Lakukan hal yang sama pada semua potongan kertas.

6. Jika semua kertas sudah dilipat dan dipotong, kemudian buka lipatannya maka akan terbentuk seperti pada gambar. Terdapat 8 lengkungan mahkota bunga. Seperti yamg sudah disebutkan di atas, untuk 1 kuntum bunga kita membutuhkan beberapa lembar pola bunga yang bentuknya seperti pada gambar.

7. Selanjutnya kita bentuk pola bunga yang sudah dibuat tadi menjadi beberapa bagian bunga dengan ukuran yang berbeda. Gunting tepat pada lipatannya kemudian tempelkan melingkar mahkota pada mahkota lainnya. Lakukan hal yang sama pada pola bunga lainnya dengan membuang satu mahkota dan menggabungkan lagi dengan menempelkannya pada mahkota. Lanjutkan dengan menggunting dua mahkota dan seterusnya sehingga kita akan mendapatkan 5 bagian bunga dengan ukuran yang berbeda terdiri dari 6 mahkota, 5 mahkota, 4 mahkota, 3 mahkota, 2 mahkota dan 1 mahkota bunga yang ditempelkan pada tangkai.



8. Langkah selanjutnya yaitu melengkungkan semua mahkota bunga dengan bantuan lidi sehingga mahkota bunga menjadi lebih berbentuk.

9. Kini saatnya memasangkan semua mahkota bunga pada tangkai. Masukkan satu persatu bagian bunga dimulai dari bagian bunga dengan 2 mahkota, beri sedikit lem dan dilanjutkan dengan cara yang sama yaitu memasukkan lagi bagian bunga yang lain sehingga semua bagian bunga tersusun menurut jumlah mahkotanya.

Tutorial dan cara membuat bunga mawar dari kertas origami part 2

10. Langkah berikutnya yaitu membuat daun, kelopak dan pembungkus tangkai. Potong kertas warna hijau membentuk menyerupai daun selanjutnya lipat seperti membuat kipas. Buat kelopak bunganya seperti bentuk bintang dan lubangi tengahnya. Selanjutnya potong lurus sisa kertas warna hijau untuk membungkus tangkai.

11. Langkah terakhir yaitu memasang kelopak bunga dan daun. Masukkan tangkai bunga pada lubang kelopak bunga. Beri sedikit lem. Bungkus tangkai dengan cara melilitkan dimulai dari bawah kelopak bunga. Pasang daunnya juga dan lanjutkan melilitkan dengan lilitan spiral sampai ujung tangkai. Dan bunga mawar dari kertas origami pun sudah jadi.

Demikianlah artikel tentang Hiasan Bunga Mawar dari Kertas Origami dan Cara Membuatnya. Bagaimana? Mudah dan simple kan? Membuat bunga mawar cantik dari kertas origami ini juga bisa diajarkan kepada anak-anak yang sedang ada tugas membuat kerajinan. Dijamin anak-anak pasti suka karena cara membuatnya yang tidak terlalu sulit dan memang mudah diikuti. Dan hasilnya pasti akan membuat ibu guru terpana dan terkagum-kagum. Ternyata prakarya bunga yang cantik ini tidak hanya bisa dibuat oleh orang dewasa saja. Anak SD pun juga bisa. Percayalah ! 😎

0 Response to "Hiasan Bunga Mawar dari Kertas Origami dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

DMCA