Membuat Bunga Matahari dari Kain Flanel

Siapa yang tidak tahu bunga matahari? Pasti tahu kan ya? Bunga matahari merupakan salah satu jenis bunga yang unik dan sangat indah karena bentuknya menyerupai matahari. Bunga ini biasanya di tanam di halaman rumah dan di kebun bunga. Selain indah, bunga matahari juga memiliki banyak manfaat loh.

Indahnya Bunga Matahari

Bunga matahari memang unik. Bila kita perhatikan, mahkota yang mengelilingi bunga itu warnanya kuning seperti matahari yang sedang bersinar. Maka dari itu bunga ini disebut bunga matahari karena bunga ini selalu mengikuti pergerakan matahari. Ketika matahari terbit, bunga ini menghadap ke timur dan ketika matahari terbenam bunga ini menghadap ke barat. Dan ketika malam hari, bunga ini akan nampak layu.

Berbicara mengenai bunga matahari, kita tahu betapa indahnya bunga ini. Maka tidak heran jika banyak orang yang ingin menghadirkan bunga matahari untuk mempercantik ruangan. Apakah anda juga ingin melakukannya? Memetik bunga matahari dan meletakkannya di dalam vas? Mana bisa? Yang pasti bunga matahari yang anda petik tersebut akan layu dan tak indah lagi.

Lantas bagaimana dong agar kita bisa menghadirkan bunga matahari di dalam rumah? Caranya mudah sekali. Buat saja bunga matahari dari kain flanel sehingga anda tidak usah repot-repot menyiram. Dan dijamin bunga matahari tersebut anti layu dan selalu mekar sepanjang hari dan tidak lagi tergantung sinar matahari.

Bunga matahari yang indah dari kain flanel

Bagaimana bunganya? indah dan mirip aslinya kan? Penasaran ingin tahu caranya? Yuk simak tutorial berikut ini !

Cara Membuat Bunga Matahari

Untuk membuat bunga matahari seperti pada gambar di atas, seperti pada tutorial biasanya maka kita harus mempersiapkan bahan dan peralatan yaitu kain flanel, kawat, koran, lem tembak, gunting.

Setelah bahan dan peralatan sudah tersedia, selanjutnya kita akan melangkah pada proses pembuatan bunga matahari dari kain flanel yang bisa anda simak tutorialnya seperti di bawah ini.

Cara membuat bunga matahari berbahan kain flanel

1. Pertama-tama siapkan kain flanel warna kuning untuk persiapan membuat mahkota bunga dan kain flanel warna coklat untuk membuat benang sari/ tengahnya bunga matahari serta kawat untuk tangkai yang sudah dibungkus/ dililit kertas koran agar tangkai menjadi berisi dan agak besar.

2. Potong kain flanel menjadi 4 bagian sama besar. Untuk satu bunga kita butuh 8 potong. Maaf jika gambarnya kurang lengkap.

3. Selanjutnya lipat kain flanel menjadi 2 dan lipat lagi seperti pada gambar. Kemudian gunting kain flanel yang sudah dilipat tadi untuk membentuk mahkota bunga.

4, Gunting semua potongan dengan cara yang sama dan setelah dibuka maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

5. Selanjutnya ambil kain flanel warna coklat. Oleskan lem tembak pada bagian tepinya. Setelah itu lipat menjadi 2 dan satukan. Kemudian buat guntingan lurus.

6. Langkah berikutnya yaitu membungkus tangkai kawat dengan kain flanel warna hijau. Lilitkan dengan cara spiral. Setelah itu pasang kain coklat yang sudah digunting tadi dengan cara menggulungnya pada tangkai. Oleskan lem tembak dan rekatkan.

7. Selanjutnya kita pasang mahkota bunga dengan cara menempelkannya satu persatu. Untuk satu lingkaran dibutuhkan 2 potong mahkota bunga. Tempelkan dan susun semua mahkota bunga dengan cara susunan berselang-seling.

8. Langkah berikutnya kita buat kelopak dan daun. Untuk kelopak bunganya potong kain flanel warna hijau membentuk lingkaran selanjutnya buat potongan seperti roda bergerigi dan lubangi tengahnya. Untuk daunnya potong menyerupai daun dan potong kawat dan letakkan kawat di tengah daun kemudian beri lem tembak selanjutnya tutup dengan potongan kain flanel.

9. Langkah terakhir yaitu memasangkan kelopak bunga pada tangkai. Masukkan kelopak bunga. Beri sedikit lem dan tempelkan pada bagian bawah bunga. Setelah itu masukkan tangkai daunnya pada lilitan kain flanel pembungkus tangkai.

10. Nah, itu dia bunga matahari dari kain flanel sudah jadi dan siap dijadikan sebagai penghias ruangan.

Bagaimana? Mudah kan. Anda pasti bisa mencobanya sendiri di rumah sembari mencari inspirasi dan memodifikasi bentuknya sehingga menjadi lebih bagus dari apa yang sudah saya buat ini.

Demikianlah artikel yang membahas tentang keindahan bunga matahari dan bagaimana cara menghadirkan keindahannya di dalam rumah yaitu dengan Membuat Bunga Matahari dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Membuat Bunga Matahari dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA