Tutorial Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kertas

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah yang indah dan asri. Apalagi dengan adanya taman nan hijau dan bunga-bunga yang bermekaran pasti rumah akan semakin tampak sejuk dipandang mata. Ada banyak jenis bunga yang biasanya ditanam di halaman rumah salah satunya yaitu bunga dahlia.

Hiasan Bunga Dahlia

Dahlia merupakan salah satu bunga yang paling banyak disukai kaum wanita. Karena bentuk dan warnanya yang indah, maka tidak heran jika bunga ini menjadi salah satu bunga favorit. Saking indahnya bunga ini, sampai-sampai dibuatkan lagu yang judul dan liriknya sudah tidak asing lagi bagi penikmat musik dangdut.

Selain karena keindahannya, menanam dan merawat bunga dahlia juga tidak terlalu sulit. Namun bagaimanapun juga, bunga dahlia adalah makhluk hidup yang membutuhkan air dan sinar matahari. Jika tidak disiram, seindah apapun bunga dahlia sudah bisa dipastikan akan layu bahkan mati.

Bunga dahlia tidak hanya indah sebagai penghias taman. Bunga ini juga sangat cantik dan cocok untuk mempercantik ruangan. Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang lebih memilih bunga tiruan untuk menghias ruangan. Kreativitas seseorang sudah semakin berkembang dan semakin terasah, sehingga bunga buatan pun terlihat seperti bunga sungguhan. Jika dibandingkan dengan bunga asli yang hanya bertahan untuk beberapa hari saja, bunga buatan terlihat lebih menarik. Dan yang pasti, bunga tiruan tidak akan pernah layu dan tahan lama.

Untuk membuat bunga tiruan, ada banyak pilihan bahan mulai dari kain, pita, kertas, dan lain sebagainya. Ada bahan murah meriah untuk membuat bunga yaitu kertas lipat atau kertas origami. Sebagian besar orang mungkin hanya mengenal kertas origami merupakan media yang digunakan untuk membuat kerajinan dengan teknik melipat. Padahal, kertas origami ini bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan yaitu bunga dahlia yang cantik dan berwarna-warni.

Bunga dahlia yang indah dari kertas origami

Bagaimana? bagus kan? Mirip ya dengan bunga asli? Siapa sangka bunga dahlia yang cantik ini adalah bunga tiruan yang bahannya dari kertas origami yang harganya sangat ekonomis. Jika anda termasuk salah satu penggemar bunga dahlia, maka cobalah untuk membuat bunga dahlia seperti yang saya buat ini. Caranya cukup mudah kok. Bahkan membuat bunga dahlia dari kertas ini sangat cocok dan mudah diajarkan kepada anak-anak usia sekolah dasar untuk membuat kerajinan atau prakarya.

Cara Membuat Bunga Dahlia

Jika anda berminat ingin membuatnya juga, berikut ini adalah tutorial cara membuat bunga dahlia yang bisa dijadikan sebagai panduan. Untuk membuat bunga dahlia, bahan utama yang harus dipersiapkan adalah kertas origami double face ukuran 16 x 16 cm dan lidi/tusuk sate. Adapun bahan dan peralatan lain yang juga perlu dipersiapkan yaitu lem kertas, lem tembak (glue gun) dan gunting.

Nah, inilah urutan gambar berikut keterangannya untuk mempermudah proses membuat bunga dahlia dari kertas

Tutorial membuat bunga dahlia yang cantik dari kertas origami
1. Pertama-tama siapkan 4 kertas origami double face untuk bahan membuat mahkota bunga, benang sari, kelopak, daun, dan untuk membungkus tangkai. Untuk membuat satu kuntum bunga diperlukan dua kertas origami. Warna bunga bisa disesuaikan dengan keinginan.

2. Selanjutnya ambil kertas origami dan lipat menjadi 4 bagian selanjutnya gunting membentuk lingkaran. Lakukan hal yang sama pada kertas yang satunya sehingga diperoleh 8 potongan kertas bentuk lingkaran untuk persiapan membuat mahkota bunga.

3. Langkah berikutnya, lipat kertas yang berbentuk lingkaran tadi menjadi 2.

4. Selanjutnya lipat lagi sehingga membentuk segitiga dengan sisi miringnya yang agak melengkung.

5. Selanjutnya gunting lipatan tadi sehingga membentuk seperti hati dan gunting sedikit pada bagian bawahnya untuk membuat lubang.

6. Lakukan hal yang sama pada semua potongan kertas yang berbentuk lingkaran sehingga jika lipatan kertas dibuka maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar. Kemudian gunting sedikit pada garis lipatannya.

7. Selanjutnya lipat semua mahkota bunga. Setelah semua mahkota bunga dilipat maka bentuknya akan sedikit menguncup.

Tutorial membuat bunga dahlia yang cantik  dari kertas origami part 2
8. Langkah selanjutnya yaitu membuat senang sari, kelopak bunga, daun dan pembungkus tangkai. Untuk membuat benang sari, potong kertas warna cerah kira-kira dengan lebar 3 cm panjangnya menurut panjang kertas origami. Selanjutnya lipat kertas menjadi dua dan buatlah guntingan lurus seperti pagar.

9. Selanjutnya tempelkan benang sari pada tangkai lidi/ tusuk sate dengan cara melingkar.

10. Langkah berikutnya yaitu memasangkan mahkota bunga pada tangkai. Masukkan satu-persatu mahkota bunga yang berjumlah delapan. Tambahkan sedikit lem dan rekatkan.

11. Setelah itu masukkan kelopak bunga. Beri sedikit lem dan tempelkan pada bunga. Kemudian lilitkan kertas untuk membungkus tangkai. Dan terakhir pasangkan daun dengan menggunakan lem tembak/glue gun agar daun melekat dengan kuat.

12. Bunga dahlia dari kertas sudah jadi. Buatlah beberapa kuntum bunga dengan warna yang berbeda.

Bagaimana? Mudahkan cara membuat bunga dahlia dari kertas ini? Saya yakin anda pasti bisa membuat bunga dahlia yang lebih bagus dari apa yang ada disini.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kertas yang bisa saya bagikan di blog sederhana ini. Semoga bermanfaat dan happy crafting.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kertas"

Posting Komentar

DMCA