2 Kreasi Bross Cantik DIY dari Kain Perca

Masih menyimpan kain perca? Jangan buru-buru dibuang dulu meskipun hanya berupa lembaran-lembaran kecil yang tampak tidak berguna. Mengapa? Karena dari kain perca yang kelihatannya sepele ini dapat disulap menjadi aksesoris berupa bross yang cantik loh.

Bross cantik DIY dari bahan kain perca

Membuat Bross dari Kain Perca

Bross merupakan aksesoris atau perlengkapan dalam berbusana yang sudah tidak asing lagi bagi para wanita utamanya muslimah yang memakai jilbab. Mengenakan jilbab segi empat maupun kerudung pashmina tentunya tidak akan lengkap tanpa hiasan bross sebagai aksesoris jilbab.

Para muslimah yang senantiasa menggunakan kerudung atau jilbab seringkali menyematkan sebuah bros di jilbab nya. Benda kecil yang satu ini ternyata sangat bermanfaat. Bukan hanya sebagai penghubung antar kain penutup kepala agar tampak rapi, tapi sekaligus berguna untuk menunjang penampilan agar lebih cantik dan menarik. Bisa dicoba, mengenakan jilbab segi empat tanpa bross tentu tidak nyaman karena jilbab akan tersingkap ke kiri dan ke kanan. Betul tidak?

Berbicara mengenai bross, sering kali kita menemui kesulitan ketika memilih bros yang cocok dengan keinginan. Yang sering itu sudah cocok di hati namun tidak cocok di kantong karena harganya yang teramat mahal dikarenakan bahan bross yang berasal dari emas murni bertahtakan intan berlian hehe. Kita tidak perlu bersedih hati jika tidak bisa membeli bross yang bagus berkilauan. Karena untuk bisa tampil cantik itu tidak harus mahal kan? Kita bisa menghasilkan bross cantik buatan tangan kita sendiri atau DIY dari kain perca.

Bross cantik seperti gambar di atas bisa kita buat dengan sangat mudah dari bahan yang sangat murah atau bahkan gratis. Dengan sedikit kreativitas dan ketekunan maka akan menghasilkan kerajinan tangan yang cantik dan memiliki nilai jual.

Cara Membuat Bross dari Kain Perca

Bagaimana? Anda tertarik untuk membuat bross sendiri? Baiklah, kali ini kita akan membuat 2 bross bentuk bunga. Pada tutorial ini kami menggunakan bahan kain perca polkadot, kain satin, kain flanel, kancing besar dan peniti. Untuk peralatan kita gunakan gunting, jarum dan benang serta lem tembak atau glue gun.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan 2 bross cantik dari kain perca yang sudah kami lengkapi dengan gambar berikut keterangannya

Bross Bunga 1

Tutorial 1 bross cantik DIY dari bahan kain perca

1. Pertama-tama potong kain membentuk lingkaran sebanyak 5 lembar. Untuk ukuran silahkan anda sesuaikan dengan keinginan. Gunakan kertas sebagai pola jika anda mengalami kesulitan ketika membentuk lingkaran.

2. Langkah berikutnya, lipat kain menjadi dua kemudian jahit jelujur tepinya menggunakan benang warna senada. Selanjutnya tarik benangnya sehingga kain berkerut. Jangan dipotong benangnya. Lakukan hal yang sama pada lembaran kain yang berbentuk lingkaran tadi dan ketika selesai menjahit tarik benangnya sehingga kain berkerut. Lakukan sampai kelima kain tersambung menjadi rangkaian mahkota bunga.

3. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya siapkan kancing baju dan potongan kain flanel berbentuk lingkaran. Selanjutnya tempelkan kancing baju di tengah-tengah bunga dan kain flanel sebagai dudukan atau tatakan bunga.

4. Dan itulah hasilnya. Kita tinggal memasangkan peniti pada sisi bawah bunga.

Bross Bunga 2

Tutorial 2 bross cantik DIY dari bahan kain perca
1. Potong kain perca berbentuk persegi berukuran 7 x 7 cm sebanyak 5 lembar. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan.

2. Langkah berikutnya lipat potongan perca membentuk segitiga, kemudian lipat lagi menjadi segitiga yang lebih kecil. Setelah itu jahit jelujur tepinya menggunakan benang warna senada. Selanjutnya tarik benangnya sehingga kain berkerut. Jangan dipotong dulu benangnya. Lakukan hal yang sama pada lembaran kain yang berbentuk persegi tadi dan ketika selesai menjahit tarik benangnya sehingga kain berkerut. Lakukan sampai kelima kain tersambung menjadi rangkaian mahkota bunga.

3. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya siapkan kancing baju dan potongan kain flanel berbentuk lingkaran. Selanjutnya tempelkan kancing baju di tengah-tengah bunga dan kain flanel sebagai dudukan atau tatakan bunga.

4. Dan itulah hasilnya. Kita tinggal memasangkan peniti pada sisi bawah bunga.

Demikianlah artikel tentang 2 Kreasi Bross Cantik DIY dari Kain Perca. Proses pembuatan kedua bross tadi hampir sama. Meskipun hasilnya serupa tapi tak sama. Yang membedakan adalah bentuk mahkota bunga dan keduanya sama-sama cantik kan? Kini memiliki bross cantik buatan sendiri atau DIY bukanlah hal yang mustahil. Anggaplah bahwa kreasi kita itu tidak kalah bagusnya dari yang dijual di toko-toko aksesoris.

0 Response to "2 Kreasi Bross Cantik DIY dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA