Cara Membuat Cempal atau Jampel Unik dari Kain Perca

Memasak merupakan aktivitas yang dilakukan setiap hari terutama oleh wanita. Namun tidak hanya wanita saja, banyak juga pria yang pandai memasak. Apakah anda termasuk orang yang hobby memasak? Jika iya, bersyukurlah.

Peralatan Memasak yang Harus Dimiliki

Saat memasak di dapur, anda pasti membutuhkan beberapa peralatan memasak. Salah satu benda penting yang wajib ada untuk memasak adalah kompor, wajan, dan panci. Kita tahu, benda-benda tersebut memang digunakan untuk memasak selain nasi karena di zaman modern seperti sekarang ini, dandang yang dulu selalu digunakan untuk menanak nasi, kini sudah digantikan oleh magic com atau rice cooker.

Sebagai orang yang selalu aktif di dapur, anda seharusnya selalu sadar dan waspada akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika masakan sudah matang, biasanya kita harus mengangkat peralatan yang masih panas tersebut untuk dipindahkan. Untuk itu anda harus selalu memperhatikan dan mengutamakan keselamatan diri anda. Bagaimanapun anda tidak akan mungkin bisa mengangkat peralatan yang masih panas tersebut dengan tangan kosong. Agar tangan tidak terkena peralatan yang masih panas, gunakan cempal saat mengangkat peralatan.

Cempal atau disebut juga jampel adalah penahan panas yang dibuat dari bahan kain berlapis yang digunakan untuk mengangkat peralatan yang masih panas seperti wajan, panci dan lainnya. Jadi, cempal merupakan peralatan memasak yang juga harus dimiliki kan?

Ada banyak sekali jenis cempal yang bisa digunakan untuk menahan panasnya panci dan wajan. Jika dulu orang menggunakan daun, seiring dengan perkembangan zaman, kini cempal hadir dengan beraneka ragam bentuk yang unik.



Meskipun cempal atau jampel banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat murah, toh masih banyak orang yang setia menggunakan gombal (kain yang sudah jelek). Alasannya tidak sampai hati menggunakan cempal yang bagus-bagus. Mereka tidak ingin cempal yang bagus jadi kotor dan hitam kena angus. Akhirnya cempal yang unik pun beralih fungsi menjadi hiasan dinding.

Bagaimanapun bagusnya, cempal tetaplah cempal yang digunakan untuk menahan panas dan anda pun pasti butuh. Tidak usah membeli cempal apalagi dengan harga yang mahal jika anda bisa membuatnya sendiri. Anda bisa membuat cempal atau jampel yang unik dari kain perca. Cempal unik bentuk bunga dari kain perca seperti ini sangat cocok untuk anda yang hobby memasak sekaligus ingin mempercantik ruang dapur.

Cempal unik bentuk bunga dari kain perca

Bagaimana? Bagus dan unik kan cempalnya? Penasaran ingin membuatnya juga? Lanjutkan membaca ya...

Begini Cara Membuat Cempal Unik

Untuk membuat cempal bentuk bunga seperti gambar di atas, anda hanya membutuhkan kain perca. Kalau ada, gunakan kain katun yang adem. Untuk bahan lainnya, gunakan busa angin jika ada. Jika tidak ada busa angin, anda bisa menggantinya dengan kain. Sedangkan peralatan yang digunakan yaitu gunting, jarum dan benang.

Step by step membuat cempal

Tutorial membuat cempal unik bentuk bunga dari kain perca

1. Potong kain dan busa berbentuk lingkaran. Potong kain sebanyak 8 lembar. 4 lembar untuk cempal bagian atas dan 2 lembar untuk cempal bagian bawah. Sedangkan busa angin, potong 4 lembar untuk dirangkap agar agak tebal. Untuk ukuran sesuaikan dengan ukuran tangan anda.

2. Selanjutnya letakkan busa angin diantara kain lalu jahit dengan cara menyilang. Potong 2 kain yang sudah disiapkan untuk cempal bagian bawah. Masing-masing potong menjadi 2 bagian sama besar.

3. Langkah selanjutnya yaitu menjahit bisban pada pinggir kain. Gunakan potongan kain perca untuk bisban yang dijahit lurus.

4. Untuk mempercantik tampilan cempal, anda bisa menambahkan hiasan berbentuk bunga. Dan inilah yang membuat cempal anda menjadi unik.

5. Setelah proses membuat hiasan bunga selesai, selanjutnya pasangkan bunga pada cempal dengan cara menjahit pada bagian tengahnya.

6. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan cempal atas dan bawah. Untuk memudahkan proses menjahit, lipat mahkota bunga ke tengah agar tidak ikut terjahit. Setelah itu jahit keliling cempal dan lapisi dengan bisban. Buat tali pengait untuk gantungan cempal, selanjutnya jahit pada tepi cempal.

7. Nah, itu dia cempal atau jampel unik dari kain perca yang sudah jadi.

Bagaimana? Mudah bukan? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Trima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Semoga artikel tentang Cara Membuat Cempal atau Jampel Unik dari Kain Perca bermanfat untuk anda semua.

0 Response to "Cara Membuat Cempal atau Jampel Unik dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA