Cara Mudah Membuat Kincir Angin dari Kertas

Prakarya lagi, prakarya lagi. Iya lah, karena membuat prakarya adalah kegiatan yang pasti ada dan wajib dilakukan oleh siswa-siswi yang duduk di bangku sekolah mulai dari PAUD sampai SMU sebagai mata pelajaran keterampilan.

Prakarya Kincir Angin

Kincir angin merupakan benda berbentuk baling-baling yang digerakkan oleh angin. Di negara-negara maju seperti Belanda, kincir angin biasanya digunakan untuk pembangkit energi listrik. Di negara tersebut banyak sekali kincir angin yang dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga Belanda mendapat julukan Negeri Kincir Angin.

Ketika masih SD dulu anda pasti pernah membuat prakarya salah satunya kincir angin dari kertas. Sepengetahuan saya, membuat kincir angin dari kertas sampai saat ini masih diterapkan di sekolah. Biasanya tugas prakarya kincir angin diberikan kepada anak kelas 3 SD. Kalau tidak salah, membuat kincir angin sederhana dari kertas terdapat pada mata pelajaran IPA bab sumber energi dan kegunaannya.

Kincir angin dari kertas untuk prakarya

Seperti gambar yang anda lihat di atas, tampak seperti pemandangan di negara Belanda bukan? Padahal ketiga kincir angin tersebut hanyalah kincir angin yang dibuat dari kertas lipat atau kertas origami. Jangan kawatir tidak bisa berputar ya. Karena kincir angin dari kertas yang kami buat ini mudah sekali berputar. Terkena hembusan angin sedikit saja, kincir angin-kincir angin tersebut segera berputar ria seperti baling-baling helikopter.

Bagaimana? tertarik ingin membuat kincir angin dari kertas? Sekedar mengisi waktu luang dengan berkarya untuk menghias rumah atau menyenangkan anak tidak ada salahnya kan? Anda bisa mengajarkannya kepada putra-putri anda karena membuat kincir angin dari kertas pasti dilakukan oleh anak SD dan menjadi prakarya wajib. Itu di daerah saya, entah di daerah anda.

Cara Membuat Kincir Angin

Membuat kincir angin kertas sangatlah mudah, bahkan anak-anak SD juga bisa melakukannya setelah mengikuti panduan dari gurunya. Namun ada juga sebagian orang yang belum tahu cara membuat kincir angin kertas. Nah, berikut ini tutorial dari kami dan dijamin anda pasti bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.




Namun sebelum masuk pada tutorial cara membuat kincir angin terlebih dahulu semua bahan serta peralatan yang diperlukan harus dipersiapkan seperti :
1. Kertas origami ukuran 16 x 16 cm
2. Kawat
3. Mutiara sintetis
4. Tusuk sempol/ batang bambu
5. Karet gelang
6. Lem kertas

Berikut ini step by step membuat kincir angin dari kertas

Tutorial membuat kincir angin dari kertas

1. Pada gambar di atas adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kincir angin. Untuk kawat yang digunakan adalah kawat kecil yang biasanya dipakai untuk membuat bunga. Potong kawat kira-kira 6 cm. Untuk tiang kincir angin disini menggunakan tusuk sempol. Namun jika tidak ada, bisa diganti dengan sebilah kayu.

2. Selanjutnya tarik garis diagonal pada keempat sudut kertas. Gunakan penggaris dan pensil untuk membuat garis. Buat jarak 8 cm. Anda bisa menarik garis sehingga membentuk persilangan. Tandai tengahnya sebagai titik pusat. Setelah itu gunting pada keempat garis diagonal yang sudah kita beri jarak 8 cm tadi. Dan kertas kini sudah siap dibentuk menjadi kincir angin.

3. Langkah berikutnya, pertemukan ujung-ujung guntingan dari sudut-sudut persegi. Tekuk ujung-ujung guntingan itu ke arah tengah-tengah persegi dengan cara ditumpuk. Beri lem dan lekatkan. Kemudian potong kertas berbentuk lingkaran untuk menutup ujung-ujung kertas tadi agar tempelan kuat dan tidak mudah lepas.

4. Tempelkan potogan kertas berbentuk lingkaran tadi pada tengah-tengah tumpukan ujung kertas yang baru dilem tadi. Selanjutnya masukkan kawat pada mutiara sintetis dan tekuk kawatnya agar mengait. Mutiara sintetis ini digunakan sebagai pengaman dan pembatas agar ketika berputar kincir angin tidak lepas.

5. Setelah itu lubangi tengah-tengah kertas lingkaran tadi menembus titik pusat yang ada di bawah dengan menggunakan jarum. Kemudian masukkan kawat menembus lubang pada titik pusat yang ada di bawah.

6. Terakhir pasangkan kincir angin pada tusuk sempol atau tiang kayu. Ikat kawat menggunakan karet gelang.



Nah, kincir angin dari kertas sudah jadi dan siap dipasang di teras maupun gapura rumah. Kincir angin yang sudah dibuat dijamin bisa berputar dengan kencang. Jika tidak percaya, anda bisa melakukan uji coba. Peganglah kincir angin buatan anda dan berlarilah. Anda pasti tertawa sendiri karena menjadi anak kecil lagi sembari mengingat masa kanak-kanak yang bahagia, penuh canda tawa riang.

Oke,demikian Cara Mudah Membuat Kincir Angin dari Kertas. Semoga bermanfaat dan menambah kreativitas kita.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Kincir Angin dari Kertas "

Posting Komentar

DMCA