Hiasan Pensil Unik dari Kain Flanel dan Cara Membuatnya

Melatih anak untuk menulis itu memang tidak mudah. Tidak jarang orang tua dibuat gundah dan jengkel tatkala menunggu dan menyaksikan dengan mata kepala sendiri anaknya yang sudah duduk di bangku sekolah taman kanak-kanak tidak mau menulis. Orang tua yang habis kesabarannya pun tak segan-segan mencubit anaknya dan memaksanya untuk menulis. Hal semacam ini seharusnya tidak perlu terjadi jika orang tua menyadari bahwa aktivitas menulis itu sebenarnya tidak bisa dipaksakan. Jangankan yang masih duduk di TK apalagi PAUD, yang sudah SD saja juga ada yang suka mogok dan tidak mau menulis.

Memotivasi Anak

Mengajari anak belajar menulis itu tidak gampang. Biasanya orang tua mulai mengajari anak menulis ketika anak sudah memasuki bangku sekolah baik PAUD maupun Taman Kanak-kanak. Untuk mengajari anak menulis memang dibutuhkan kesabaran ekstra dan ketelatenan. Hal ini dikarenakan perkembangan saraf motorik halus anak usia dini belum begitu sempurna. Meskipun demikian, anak-anak yang duduk di PAUD haruslah sudah mampu memegang pensil dengan baik. Sementara untuk hasil tulisan yang rapi dan bagus memang memerlukan waktu dan proses.

Mengenai anak yang tidak mau menulis sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebab anak malas dan enggan untuk menulis baik di sekolah maupun di rumah. Beberapa faktor yang menyebabkan anak malas menulis diantaranya adalah bosan, capek, dan peralatan menulis yang monoton dan tidak menarik.

Kita semua pasti tahu, pensil merupakan barang yang sangat penting untuk anak-anak yang sedang belajar menulis. Namun ketika anak melihat peralatan menulisnya yang kurang menarik otomatis akan menurunkan semangat anak untuk menulis. Semangat ini akan semakin menurun ketika anak merasa minder karena teman-temannya memiliki alat menulis yang lebih bagus. Sedangkan alat untuk menulis yang ia gunakan hanyalah sebuah pensil biasa yang polos dan kurang enak dipandang untuk usia anak-anak.

Untuk menumbuhkan semangat menulis pada anak, disinilah peran orang tua. Sebagai orang tua seharusnya memiliki trik khusus agar anak mau menulis. Salah satu trik jitu yang bisa anda coba adalah dengan menyediakan peralatan tulis yang menarik sehingga anak akan betah dan berlama-lama untuk menulis. Peralatan untuk menulis yang dimaksud tentunya pensil yang unik. Dengan pensil yang sudah dimodifikasi seperti ini, masa iya sih anak masih juga tidak tertarik untuk menulis.

Hiasan pensil unik berbahan kain flanel

Bagaimana? Bagus kan pensilnya? Semua orang pasti sependapat ketika memiliki peralatan yang unik, maka akan semangat untuk menggunakannya begitu juga dengan anak-anak. Sebenarnya pensil-pensil tersebut hanyalah pensil biasa. Namun karena adanya hiasan pensil unik yaitu keroppi dan hello kitty dari kain flanel, pensil yang tadinya polos menjadi lebih menarik.

Cara Membuat Hiasan Pensil

Nah, bagi anda yang ingin memotivasi anak agar mau menulis. Berikut ini kami share pengalaman membuat hiasan pensil unik agar pensil biasa menjadi menarik dan menjadi lebih cantik. Untuk membuat hiasan pensil ini, bahan yang kita gunakan adalah kain flanel dan dakron. Sedangkan untuk peralatannya adalah jarum dan benang serta lem tembak

Tutorial cara membuat hiasan pensil berbahan kain flanel

1. Pertama-tama gambarlah pola kepala keroppi dan hello kitty dengan menggunakan kertas hvs atau kertas apa saja yang penting bisa digunakan untuk menggambar pola. Selanjutnya gunting pola yang sudah dibuat dan terapkan pada kain flanel. Potong kain flanel yang sudah disiapkan menurut bentuk pola seperti pada gambar. Potong kain flanel bentuk persegi panjang kecil untuk membungkus ujung pensil.

2. Langkah selanjutnya, pasang potongan kain flanel berbentuk persegi panjang tadi pada pensil dengan cara digulung. Beri lem tembak dan rekatkan. Kemudian pasangkan mata, bulu mata, dan hidung pada pola hello kitty. Lakukan hal yang sama pada pola keroppi. Jangan lupa buatlah mulut keroppi.

3. Langkah berikutnya letakkan pensil yang sudah dipasang kain flanel berbentuk persegi panjang tadi pada pola hello kitty. Lakukan hal yang sama pada pola keroppi. Selanjutnya jahit dengan menggunakan tusuk feston. Untuk memudahkan proses menjahit, lepaskan hiasan dari pensilnya. Masukkan dakron dan lanjutkan menjahit sampai selesai. Sebagai variasi untuk mempercantik hiasan pensil, tambahkan pita.

4. Dan itulah hiasan pensil unik dari kain flanel yang sudah selesai dibuat. Anda bisa memasangkan secara permanen agar hiasan tidak lepas ketika pensil digunakan.



Sebenarnya hiasan pensil dari kain flanel banyak sekali bentuknya tergantung dari kreativitas masing-masing. Apa yang ada disini hanyalah dua contoh hiasan pensil dari sekian banyak hiasan pensil yang bisa dijadikan contoh.

Kiranya sampai disini dulu ya, ulasan tentang dunia anak dan pendidikan yang mencakup cara memotivasi anak agar semangat dalam belajar. Artikel tentang Hiasan Pensil Unik dari Kain Flanel dan Cara Membuatnya merupakan salah satu bentuk kepedulian penulis terhadap dunia anak dan pendidikan. Semoga dengan adanya pensil hias unik seperti ini bisa memotivasi anak sehingga anak menjadi antusias untuk menulis.

0 Response to "Hiasan Pensil Unik dari Kain Flanel dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

DMCA