Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut dari Kain Perca

Rambut merupakan mahkota bagi wanita yang harus dirawat agar selalu bersih, harum, dan berkilau. Ada beberapa model rambut misalnya rambut keriting maupun lurus. Umumnya wanita cenderung memiliki rambut panjang lurus tergerai bahkan sampai pinggang atau minimal sebahu. Salah satu alasan wanita memanjangkan rambut yaitu untuk menjaga penampilan agar terlihat anggun.

Solusi Masalah Rambut Panjang

Membahas tentang rambut panjang, pernahkah anda merasa tidak nyaman dengan rambut anda yang panjang? Apalagi di saat siang hari yang teramat panas, rambut panjang yang dibiarkan tergerai meskipun indah tentu jadi masalah. Rambut panjang pasti membuat risih dan tidak betah karena gerah. Jika sudah begitu, anda pasti mencari ikat rambut dan terpaksalah bertemu dengan si karet gelang untuk mengikatnya.

Sebenarnya tidak salah menggunakan karet gelang untuk mengikat rambut anda. Hanya saja konsekuensinya, anda harus merelakan rambut anda rontok karena terbelit karet gelang. Namun jika anda menggunakan ikat rambut simple seperti ini, dijamin rambut anda aman. Dan anda akan terbebas dari rasa gerah. Sebuah solusi yang akan memecahkan masalah rambut panjang anda.

Ikat rambut simple dari kain perca

Bagaimana? Bagus tidak? Ikat rambut ini saya buat karena ikat rambut saya sudah melar. Anda bisa membuat ikat rambut seperti ini dari kain perca. Sekedar info, beberapa tahun yang lalu, ikat rambut seperti yang saya buat ini sempat booming dan laris manis loh. Khusus anda yang berhijab, masalah rambut bukan berarti urusan yang harus diabaikan. Karena meskipun selalu bersembunyi di balik kerudung, jika rambut anda panjang pasti membutuhkan ikat rambut apalagi ketika anda sedang berada di rumah.

Cara Membuat Ikat Rambut

Nah, begini cara membuat ikat rambut simple dari kain perca yang bisa anda terapkan. Yang kita butuhkan hanya kain perca, elastik, benang, jarum, gunting, lem tembak dan busa angin jika ada.

Langkah pembuatan ikat rambut

Tutorial cara membuat ikat rambut dari kain perca

1. Potong kain berukuran 8 cm x 50 cm. Usahakan kain tidak terlalu tebal. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kain satin.

2. Lipat kain menjadi dua bertemu pada sisi panjangnya. Selanjutnya jahit lurus namun jangan dijahit semuanya. Sisakan 4 cm pada kedua ujungnya. Setelah dijahit selanjutnya balikkan kain menggunakan tangan atau dengan tusuk sate.

3. Setelah selesai membalik kain, selanjutnya pertemukan ujung dengan ujung kemudian dijahit lurus. Ketika menjahit bagian ini memang agak susah jika menggunakan mesin jahit, jadi kita harus mengakalinya dengan menjahit jelujur dulu menggunakan tangan. .

4. Setelah kedua ujung kain tersambung, selanjutnya siapkan elastik yang ujungnya dipasang peniti. Setelah itu masukkan elastik dengan bantuan peniti ke dalam kain. Sematkan jarum pentul pada salah satu ujung elastik agar elastik tidak masuk ke dalam. Dan setelah elastik bertemu dengan ujungnya selanjutnya simpulkan elastiknya atau bisa dijahit agar rapi. Setelah itu jahit tepi kain yang masih terbuka tempat masuknya elastik tadi.

5. Dan itulah hasilnya kain mengerut. Untuk mempercantik ikat rambut, anda bisa menambahkan hiasan bentuk pita dasi dari kain perca yang dipotong persegi panjang. Cara membuat pita, lipat kain menjadi dua selanjutnya letakkan busa angin (jika ada) di bawahnya kemudian jahit tepi kain. Selanjutnya lubangi tengahnya dan balikkan. Selanjutnya bentuk kain menjadi pita dan ikat dengan benang kemudian pasangkan potongan kain perca kecil yang dilipat dan lingkarkan di tengah-tengah pita.

6. Langkah terakhir, pasangkan pita pada ikat rambut dengan lem tembak dan proses membuat ikat rambut dari kain perca selesai.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut dari Kain Perca. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA