Ide Membuat Tempat Kacamata dari Kain Perca

Siapa nih yang hobby selfie? Yang suka selfie pasti pernah berpose gaya kekinian dengan menggunakan kacamata hitam. Saat ini kacamata bukan hanya sekedar alat bantu penglihatan namun juga sebagai aksesoris untuk bergaya. Banyak orang berjualan kacamata fashion dengan model-model terkini khususnya untuk anda yang ingin berpenampilan menarik dengan memakai kacamata. Selain itu, kacamata juga sangat penting bagi orang yang sering bepergian.

Lindungi Kacamata Anda

Kacamata, apapun fungsinya tentu harus dalam keadaan baik, bersih, dan terawat. Agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, kacamata juga butuh perawatan. Lindungi kacamata anda dari bahan-bahan kimia dan jauhkan dari benda tajam. Jika tidak digunakan, alangkah baiknya jika anda menyimpan kacamata pada tempat yang sudah disediakan.

Biasanya setiap membeli kacamata anda diberikan wadah untuk menyimpan. Dengan menyimpan kacamata pada wadahnya akan melindungi kacamata anda dari hal yang tidak diinginkan misalnya terjatuh, terjepit, ataupun terinjak. Namun jika anda tidak memiliki wadah khusus untuk menyimpan kacamata, anda bisa membuat sendiri tempat kacamata dari bahan kain perca.

Contoh tempat kacamata unik dari bahan kain perca

Umumnya kacamata fashion yang banyak dijual di pasaran memang tidak disediakan wadah untuk menyimpan kacamata sehingga kita harus berinisiatif untuk membuatnya sendiri atau membeli. Masalah yang sering terjadi jika kita menyimpan kacamata sembarangan yaitu gagang yang mudah patah dan frame yang rentan pecah. Dengan adanya tempat atau wadah yang empuk tentunya kacamata akan lebih terlindungi.

Cara Membuat Tempat Kacamata

Bagaimana? Apakah anda juga ingin memiliki tempat kacamata yang empuk seperti yang sudah saya buat? Berikut ini cara membuat tempat kacamata menggunakan bahan kain perca. Namun sebelumnya siapkan juga bahan lainnya yaitu busa angin. Sedangkan peralatan yang digunakan yaitu jarum dan benang, gunting serta lem tembak. Untuk proses menjahitnya gunakan mesin jahit. Namun jika tidak ada mesin jahit, anda bisa menjahit manual menggunakan tangan dengan teknik jahit stik balik.

Step by step membuat tempat kacamata

Tutorial cara membuat tempat kacamata berbahan kain perca
1. Pertama-tama ukur kacamata anda. Selanjutnya buat pola dari kertas hvs atau kertas koran dengan menyesuaikan ukuran kacamata. Setelah pola selesai dibuat selanjutnya terapkan pada kain perca sebagai bahan utama dan furing serta busa angin. Dan setelah dipotong maka kita dapatkan bagian-bagian tempat kacamata yaitu pola depan, belakang dan bagian tutup tempat kacamata. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

2. Langkah selanjutnya yaitu memasang kancing. Tumpuk busa angin pada kain utama kemudian pasangkan kancing pada tutup tempat kacamata. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kancing magnet.

3. Selanjutnya lipat kain tutup tempat kacamata tadi menjadi dua kemudian jahit mengikuti bentuk pola. Agar bentuknya bagus, buatlah guntingan atau rajangan pada kampuh jahitan. Setelah itu sobek sedikit pada lipatan menggunakan pendedel atau gunting kemudian balikkan.

4. Langkah berikutnya yaitu menggabungkan tutup tempat kacamata dengan pola bagian belakang. Letakkan busa pada posisi paling bawah. Tumpuk dengan kain utama yang diatasnya diletakkan tutup tempat kacamata kemudian tumpuk dengan kain furing setelah itu dijahit lurus.

5. Lakukan hal yang sama pada pola tempat kacamata bagian depan. Jangan lupa untuk memasang pasangan kancing. Anda harus melakukan pengukuran agar kancing bisa pas.

6. Berikutnya kita lanjut menjahit atau menggabungkan bagian depan dan belakang tempat kacamata. Langsung saja kita jahit mengikuti bentuk pola yang sudah termasuk furing yang direntangkan. Jangan dijahit semuanya. Sisakan sekitar 6 cm untuk membalik tempat kacamata.

7. Setelah selesai menjahit tepi selanjutnya buat jahit sudut pada sisi kanan dan kiri tempat kacamata. Hal ini dilakukan untuk membuat ruang dan agar tempat kacamata bisa didudukkan.

8. Jika sudah selanjutnya balikkan posisi kain yang tadinya didalam keluarkan melalui lubang tadi. Rapikan furingnya mengikuti bentuk tempat kacamata. Setelah itu jahit furing yang terbuka tadi (lubang untuk membalik) selanjutnya masukkan furingnya.

9. Jika suka, anda bisa menambahkan hiasan bunga untuk mempercantik tampilan tempat kacamata. Dan itulah hasilnya. Tempat kacamata berbentuk dompet empuk yang unik, manis dan ekonomis.

Demikianlah Ide Membuat Tempat Kacamata dari Kain Perca yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. Trima kasih sudah membaca dan selamat mencoba. Penulis yakin, anda pasti bisa membuat yang lebih bagus dari yang ada disini. Happy crafting !

0 Response to "Ide Membuat Tempat Kacamata dari Kain Perca "

Posting Komentar

DMCA