Membuat Lubang Kancing Baju Dengan Cara Manual

Bisa membuat baju sendiri adalah hal yang menyenangkan. Bagi orang yang profesinya memang sebagai penjahit tentu memiliki peralatan lengkap seperti mesin jahit, mesin obras, dan alat pembuat mata itik atau lubang kancing. Namun bagaimana dengan penjahit pemula yang aktivitas menjahitnya hanya untuk mengisi waktu luang. Sudah begitu belajarnya otodidak lagi. Bisa membuat baju sendiri saja sudah syukur.

Biasanya ketika membuat baju, kita memilih yang modelnya simple-simple. Asal kepala bisa masuk, beres dah. Maka dibuatlah kerung leher yang lebar sampai bahu kelihatan. Karena apa? Ya, untuk menghindari proses membuat lubang kancing atau memasang resleting yang mana umumnya kedua proses ini bukanlah hal yang mudah dilakukan pemula yang baru belajar membuat baju.

Lubang kancing baju yang dibuat dengan cara manual

Memang sangat mudah membuat baju model blouse tanpa kancing dan andapun pasti bisa. Tapi lama-lama bosan juga kan kalau modelnya begitu-begitu saja. Setelah sedikit mahir membuat baju sendiri, pada akhirnya anda akan berinovasi membuat baju dengan model yang lebih keren lagi misalnya blazer dan baju hem yang pasti membutuhkan kancing baju.

Membuat blazer atau baju hem, kita juga bisa membuatnya. Hanya saja ketika baju sudah jadi, mau tidak mau kita harus ke toko benang untuk membuatkan lubang kancing atau istilahnya mengitikkan baju karena di rumah tidak ada peralatan untuk membuat lubang kancing. Lalu bagaimana jika toko benang letaknya jauh dari rumah atau toko sedang tutup? Sementara baju keburu mau dipakai. Jalan satu-satunya kita harus membuat sendiri lubang kancing baju dengan cara manual yaitu menggunakan tangan.

Untuk membuat lubang kancing secara manual, sebenarnya cukup mudah yaitu dengan melubangi kain terlebih dahulu, baru kemudian tepi lubang dijahit dengan tusuk feston. Yang dibutuhkan ketika membuat lubang kancing adalah kesabaran dan ketelatenan jika ingin hasilnya rapi. Untuk lebih jelasnya simak tutorial di bawah ini ya!

Cara Membuat Lubang Kancing Baju

Untuk membuat lubang kancing baju ini memang diperlukan latihan. Jika sudah lancar, anda bisa langsung menerapkan pada baju. Berikut ini urutan proses pembuatan lubang kancing baju.

Langkah-langkah membuat lubang kancing baju secara manual

1. Pasangkan viselin pada tepi baju selanjutmya disetrika. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kain berbentuk persegi panjang sebagai perumpamaan tepi baju yang akan dipasang kancing.

2. Setelah itu ukur diameter kancing yang akan digunakan. Beri tanda pada kain sesuai panjang diameter kancing. Selanjutnya ambil pendedel dan tusukkan pada kain yang sudah diberi tanda. Buatlah sobekan sepanjang garis penanda tadi.

3. Setelah dilubangi biasanya serat kain ada yang terburai dan ada yang tidak, tergantung jenis kain yang digunakan. Jika serat kain terburai, anda bisa merapikan tepinya dengan solder.

4. Langkah selanjutnya yaitu menjahit tepi lubang dengan teknik tusuk feston. Pertama-tama tusukkan jarum dari bawah. Gunakan benang biasa yang dirangkap.

5. Selanjutnya tarik jarum beserta benangnya ke atas lalu tusukkan jarum pada bawah tusukan yang pertama dengan posisi benang berada di atas. Tarik lagi jarum dan benang dengan posisi miring. Lakukan secara berulang-ulang dan inilah yang disebut teknik jahit feston.

6. Jahit sampai semua tepi lubang tertutup dengan benang. Jika benang habis, sambungkan dan lanjutkan menjahit dengan cara seperti semula.

7. Jika tepi lubang sudah dijahit semua, sampai disini proses belum selesai karena hasil tusuk feston biasanya masih renggang sehingga anda perlu mengulanginya lagi sampai benang benar-benar rapat dan menutupi tepi lubang.

8. Nah, itu dia lubang kancing baju yang sudah jadi. Tepi lubang kancing sudah tertutup dengan benang dan hasilnya lumayan rapi.

Demikianlah teknik Membuat Lubang Kancing Baju Dengan Cara Manual tanpa sepatu tanpa mesin. Semoga bermanfaat. Happy sewing

0 Response to "Membuat Lubang Kancing Baju Dengan Cara Manual "

Posting Komentar

DMCA