Mendaur Ulang Sampah Menjadi Dompet Pensil Unik

Ketika mencuci tentunya kita ingin hasil cucian tidak hanya bersih tetapi juga wangi. Sedangkan untuk menghasilkan cucian yang wangi detergent saja tidak cukup sehingga pewangi pakaian digunakan untuk mengharumkan cucian.

Ada banyak sekali pewangi pakaian yang dijual dengan kemasan sachet, botol dan plastik. Biasanya setelah habis, kemasan sachet atau kemasan jumbo yang berukuran 1000 ml langsug dibuang begitu saja karena dianggap sebagai sampah yang tidak berguna. Mungkin banyak yang belum tahu jika kemasan-kemasan plastik tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kreasi yang unik. Sebenarnya tidak hanya kemasan pewangi saja yang bisa didaur ulang. Ada banyak produk yang menggunakan kemasan sejenis dan kita bisa mendaur ulang sampah kemasan tersebut salah satunya menjadi dompet pensil yang unik.

Dompet pensil unik dari bahan daur ulang sampah plastik

Mungkin kita pernah melihat ada banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dari limbah plastik mulai dari yang mudah sampai yang rumit. Ada yang sangat unik tapi prosesnya begitu sulit karena harus menggabung-gabungkan beberapa potongan kemasan dengan cara dianyam. Namun jika cara pengolahan limbah plastik seperti yang saya lakukan ini, yaitu membuat dompet pensil, saya yakin anda pun juga bisa. Selain untuk digunakan sendiri, dompet pensil dari kemasan pewangi pakaian seperti ini bisa diberikan kepada anak dan niscaya mereka pasti akan senang menggunakannya karena unik dan tidak dijual di toko sehingga teman-temannya tidak ada yang punya.

Bagaimana? Ingin mendaur ulang sampah menjadi dompet pensil yang mudah dibuat dan pasti unik? Berikut ini caranya.

Proses Membuat Dompet Pensil

Untuk membuat dompet pensil, anda hanya membutuhkan kemampuan menjahit tingkat dasar. Tidak punya mesin jahit tidak masalah karena anda cukup menjahitnya dengan tangan. Bahkan jika seandainya menjahit dengan tangan pun anda juga tidak bisa, cukup gunakan lem saja untuk membuatnya. Tapi kalau hanya dilem, tentu hasilnya kurang kuat dan mudah lepas.

Namun sebelum memulainya, siapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:
1. Kemasan pewangi pakaian
2. Resleting (panjang disesuaikan kebutuhan)
3. Jarum dan benang
4. Gunting

Tutorial cara membuat dompet pensil dari bahan daur ulang sampah

1. Siapkan kemasan pewangi pakaian yang sudah dibersihkan. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kemasan pewangi pakaian ukuran 1000 ml. Anda bisa menggunakan kemasan lain yang sejenis.

2. Selanjutnya potong bagian sisi kanan dan kiri, atas dan bawah sehingga menjadi 2 lembar potongan yang sama ukurannya. Siapkan jarum dan benang juga resleting. Untuk resleting, anda bisa menggunakan resleting baju baik baru maupun bekas. Namun jika ada, anda bisa menggunakan resleting meteran. Untuk ukuran resleting, sesuaikan dengan ukuran dompet pensil yang diinginkan.

3. Lipat tepi kemasan kira-kira 1 cm.  Sematkan jarum pentul agar lipatan tidak bergeser atau anda bisa menggunakan bantuan lem. Setelah itu jahit resleting menindas lipatan. Jahit saja lurus.

4. Lakukan hal yang sama untuk bagian kemasan yang satunya sehingga resleting kini sudah terpasang dengan rapi.

5. Penampakan bagian dalam dompet yang sudah dipasang resleting.

6. Jika sudah selesai memasang resleting, selanjutnya jahit bagian pinggir kanan dan kiri kemasan juga bagian bawahnya. Untuk menghindari kesalahan ketika menjahit, yang perlu anda lakukan yaitu menandai dengan membuat pola terlebih dahulu. Gunakan penggaris dan bolpoint untuk membuat pola.

7. Langkah terakhir yaitu membuat sudut. Ukur kira-kira 3 cm dari tepi kemudian jahit lurus pojok bawah sehingga membentuk seperti segitiga. Setelah itu balikkan bagian dalam kemasan sehingga berada di luar.

8. Dan itulah dompet pensil hasil dari daur ulang sampah kemasan pewangi pakaian.

Bagaimana? Mudah bukan Mendaur Ulang Sampah Menjadi Dompet Pensil Unik? Semoga bermanfaat dan menginspirasi siapa saja yang ingin berkarya.

0 Response to "Mendaur Ulang Sampah Menjadi Dompet Pensil Unik"

Posting Komentar

DMCA