Tutorial Cara Membuat Tas Laptop dari Kain Perca

Alhamdulillah, akhirnya penulis bisa mengisi artikel di blog ini lagi setelah mengeksekusi ide menjadi kenyataan. Sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan suatu gambaran agar menjadi realita itu hanya beberapa jam saja. Karena ada gangguan pada jaringan internet, posting pun sempat tertunda dan baru bisa dibagikan pengalamannya hari ini. Penasaran kan, kira-kira membuat apa ya si penulis ini. Dan inilah hasil praktek yang bisa anda lihat hasilnya...

Tas laptop cantik DIY dari bahan kain perca

Bagaimana? Bagus kan tas laptopnya? Percaya tidak, jika bahan tas laptop tersebut dari kain perca. Meskipun hanya dari kain sisa, nyatanya bisa disulap menjadi tas laptop yang cantik kan? Sudah pernah saya sampaikan bahwa ide itu banyak sekali bahkan murah, yang mahal dan tidak mudah itu mewujudkannya menjadi kenyataan. Namun serumit apapun ide itu, jika kita memiliki keinginan dan mau sedikit bersabar, mewujudkannya bukan lagi hal yang sulit dan dijamin anda pun juga bisa. Atau mungkin anda sudah pernah membuat tas laptop bahkan lebih bagus dari yang ada disini. Jika iya, wow, It's amazing !

Membuat Tas Laptop Sendiri

Laptop merupakan salah satu benda yang seringkali kita bawa ke mana-mana. Biasanya setiap pembelian laptop baru juga disertai tas laptop sebagai bonus. Namun karena bentuknya yang standart dengan warna hitamnya lama-lama tentu membuat bosan. Jika sudah bosan, ditambah lagi tas laptop bawaan dari toko sudah mulai rusak, maka muncullah keinginan untuk memiliki tas baru untuk laptop.



Tidak dipungkiri memang, sekarang ini desain tas laptop sudah sedemikian berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Kita bisa membeli tas laptop dengan mudah hanya dengan browsing internet maka berbagai tas laptop yang bagus pun akan terpampang di depan mata. Berbagai model tersedia untuk memenuhi kebutuhan kita dengan harga terjangkau sampai yang harganya menguras kantong.

Sebenarnya untuk memiliki tas laptop yang unik itu tidak harus membeli. Jika kita bisa membuat sendiri kenapa tidak. Apalagi bahannya juga dari kain sisa atau kain perca yang sangat sederhana. Bagi anda yang masih menyimpan kain perca dan kebetulan ingin memiliki tas laptop yang cantik maka tidak ada salahnya jika membuatnya sendiri. Tas laptop ini selain untuk mempercantik laptop ketika dijinjing juga bisa digunakan untuk menyimpan laptop bila tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Cara Membuat Tas Laptop

Untuk membuat tas laptop ini sebenarnya cukup mudah jika anda memiliki keterampilan menjahit tingkat dasar. Jika anda tidak memiliki mesin jahit, anda masih bisa menjahitnya secara manual dengan teknik setik balik.

Berikut ini adalah bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat tas laptop.
1. Kertas dan pensil untuk menggambar pola
2. Kain perca agak lebar
3. Busa angin
4. Kain untuk furing
5. Resleting panjang
6. Kain perca untuk hiasan bunga
7. Kancing baju
8. Jarum dan benang
9. Gunting
10. Mesin jahit
11. Meteran
12. Lem (optional)

Dan berikut ini adalah cara membuat tas laptop dengan mudah yang sudah disertai gambar dan keterangan secara berurutan.

Tutorial 1 membuat tas laptop cantik dari kain perca

1. Pertama-tama siapkan pensil, kertas koran atau kertas apa saja dan meteran. Selanjutnya ukur panjang, lebar, dan ketebalan laptop. Atau anda bisa meletakkan laptop langsung di atas kertas pola. Selanjutnya gambar pada kertas tersebut sehingga didapat bentuk persegi panjang sesuai dengan ukuran laptop. Anda bisa menambahkan 1 cm untuk kampuh.

Setelah itu terapkan pada bahan. Potong kain, busa angin, dan kain furing menurut pola. Untuk sisi ketebalan laptop atau tinggi laptop kita bisa menyesuaikan dengan resleting yang akan digunakan. Sedangkan panjang resleting dan kain untuk sisi tinggi laptop diukur dari lipatan kain atau lipatan laptop. Untuk bagian sisi tinggi atau tempat pemasangan resleting ini kita juga menggunakan kain furing.

Untuk pegangan/tali tas laptop, ukuran panjang kain dan busa angin kita sesuaikan dengan lebar laptop sedangkan lebarnya kira-kira 6 cm.

2. Langkah selanjutnya yaitu menjahit resleting tas laptop. Ada 2 bagian resleting yaitu atas dan bawah. Cara menjahit resleting bagian bawah yaitu dengan meletakkan kain furing di bawah resleting, kemudian tumpuk resleting dengan kain utama. Lipat kain utama selanjutnya jahit lurus menindas resleting.

3. Untuk resleting bagian atas lakukan hal yang sama namun kain utama yang digunakan agak lebar karena kain harus dilipat untuk menutup resleting. Pada bagian ini kita gunakan teknik jahit jelujur untuk sementara karena pada bagian ini nantinya langsung disambung pada body tas.

4. Agar tas laptop semakin menarik, maka kita perlu menambahkan aksesoris atau hiasan bentuk bunga. Potong kain perca polos, busa angin seperti bentuk mahkota bunga dan bentuk Y untuk membuat ranting bunga.

5. Selanjutnya jahit semua bagian potongan kain dan busa angin yang menyerupai bentuk mahkota bunga. Selanjutnya dibalik. Pada potongan kain yang benntuk Y, beri sedikit lem pada tepinya kemudian dilipat untuk memudahkan ketika diterapkan pada bahan utama/ body tas.

6. Selanjutnya rangkai mahkota bunga sehingga bentuknya menyerupai bunga. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kancing baju yang besar untuk tengahnya bunga. Dan kini bunga beserta rantingnya siap dipasang pada body tas. Untuk bagian ini sesuaikan saja dengan keinginan anda.

Tutorial 2 membuat tas laptop cantik dari kain perca

7. Langkah selanjutnya yaitu menjahit ranting bunga pada body tas. Letakkan busa angin pada kain utama. Sematkan jarum pentul. Setelah itu pasang bunga beserta kancing baju di tengahnya dengan teknik jahit manual. Jahit dengan kuat agar bunga tidak mudah lepas.

8. Kita lanjutkan memasang bagian sisi tas. Namun sebelumnya tutup ujung dan pangkal resleting yang sudah tersambung pada kain utama dan kain furing tadi dengan cara menambahkan kain yang dijahit pada ujung dan pangkal bagian sisi tas.

9. Selanjutnya jahit sisi tas bagian dalam pada body tas bagian luar. Ingat ada bagian atas dan bawah. Kita bisa memulai menjahit dari bagian atas atau bawah. Setelah dijahit kemudian buka resletingnya dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

10. Langkah berikutnya yaitu memasang furing tas. Letakkan kain furing di atas body tas bagian dalam. Selanjutnya lipat tepi furing pada sambungan body dan sisi tas. Jahit mengikuti semua sambungan. Untuk tali tas, lipat kain menjadi dua. Selanjutnya jahit kain yang diberi busa angin kemudian balikkan setelah itu jahit tindas pada kedua tepinya.

11. Langkah terakhir yaitu menjahit tali tas pada body tas. Lipat masing-masing ujung tali tas tersebut ke dalam. Selanjutnya jahit pada body tas. Ambil ukuran yang sama dari samping sekitar 8 - 10 cm. Jahit yang kuat dengan teknik menyilang.

12. Nah, itu dia tas laptop buatan sendiri alias DIY (Do It Yourself) dari kain perca beserta laptopnya yang siap dijinjing dan dibawa jalan-jalan sambil bergaya hehehe.

Bagaimana? Mudah kan membuat tas laptop sendiri? Tutorial Cara Membuat Tas Laptop dari Kain Perca ini bisa anda praktekkan di rumah. Percayalah jika praktek membuat tas laptop seperti ini jauh lebih mudah daripada membaca artikel yang membingungkan ini. Ternyata benar, tidak mudah merangkai kata demi kata untuk sebuah kalimat tutorial. Harus banyak-banyak belajar deh :)

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Tas Laptop dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA