Tutorial Membuat Kanzashi Kupu-kupu dari Kain Perca

Untuk para hijaber yang ingin tampil anggun, sepertinya bross kanzashi adalah aksesoris yang tepat untuk mempercantik kerudung anda. Kanzashi yang mulanya berupa bunga dari kain atau pita yang dilipat-lipat dan digunakan untuk hiasan rambut para geisha di Jepang, kini menjadi trend aksesoris di tanah air. Bukan hanya sekedar sebagai hiasan rambut, kanzashi banyak digunakan sebagai aksesoris cantik yaitu bross.

Kanzashi Kupu-kupu

Setelah membuat kreasi bunga kanzashi, pada kesempatan kali ini kembali penulis akan membagikan pengalaman membuat kanzashi bentuk kupu-kupu. Dan berikut ini penampakan kanzashi kupu-kupu dari kain perca yang bisa dikreasikan menjadi bross.

kanzashi kupu-kupu cantik dari kain perca

Bagaimana? Bagus kan? Untuk memiliki bross yang cantik itu tak harus membeli dengan harga yang mahal. Cukup manfaatkan kain perca yang ada, selanjutnya lipat dan lipat kemudian rangkai agar menjadi bross kanzashi kupu-kupu yang indah.

Mungkin bagi anda yang baru mengenal istilah kanzashi, pasti bertanya-tanya apa sih kanzashi itu. Dan setelah mengetahui kanzashi itu ternyata teknik melipat kain, pasti anda mengira bahwa membuat kanzashi itu sulit. Awalnya saya juga berpikir demikian. Tapi nyatanya setelah mengetahui cara membuat dan mempraktekkan secara langsung sebetulnya cukup mudah dan sederhana. Untuk anda yang ingin menambah koleksi bross, anda bisa membuatnya sendiri.

Penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat kanzashi kupu-kupu seperti yang saya buat? Berikut ini saya bagikan tutorialnya. Simak baik-baik ya...

Cara Membuat Kanzashi Kupu-kupu

Untuk membuat kanzashi kupu-kupu ini, kita hanya membutuhkan kain perca satin. Mengapa kain satin yang dipilih? Karena membuat kanzashi pasti ada proses memotong dan membakar. Dan kain satin adalah kain yang tepat. Selain mengkilap, kain satin memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki kain jenis lain yaitu ketika dibakar, kain akan melekat dan menyatu. Oke deh, untuk lebih jelasnya berikut ini bahan dan peralatan yang diperlukan.

Bahan dan peralatan
1. Kain perca satin
2. Kain katun sebagai kombinasi
3. Putik imitasi
4. Kain flanel
5. Manik-manik/ kancing hias
6. Peniti bross
7. Lilin
8. Lem Tembak.
9. Jarum + Benang
10. Gunting

Jika semua bahan dan peralatan sudah disiapkan, anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tutorial membuat kanzashi kupu-kupu cantik berbahan kain perca

1. Potong kain satin berbentuk dua persegi agak besar dan dua lingkaran untuk membentuk sayap atas dan bawah. Sedangkan kain katun dipotong bentuk persegi lebih kecil untuk kombinasi sayap atas. Buatlah juga potongan kain satin berbentuk persegi dan lingkaran yang lebih kecil lagi untuk badan dan ekor kupu-kupu.

2. Selanjutnya lipat menjadi dua kain satin bentuk lingkaran tadi. Lipat beberapa lipatan seperti membuat kipas sehingga membentuk menyerupai mahkota bunga. Agar lipatan tidak berubah, jahit lipatannya. Selanjutnya lipat kain katun kombinasi sayap dengan melipat menjadi bentuk segitiga. Untuk bagian ini, agar lipatan tidak berubah dan tetap rapi, jahit lipatannya. Lipat kain satin yang berbentuk persegi yang besar tadi dengan melipat menjadi bentuk segitiga selanjutnya sematkan jarum pentul.

3. Langkah berikutnya yaitu menggunting pada bagian sisi bawah yang dilipat tadi agar rapi kemudian membakarnya. Setelah dibakar, tekan-tekan bagian ujung dan bawahnya agar menempel. Untuk sayap atas, pada bagian bawah potong lurus sehingga membentuk lubang kemudian bakar pinggirnya agar serat kain tidak terburai.

4. Kita lanjutkan membentuk badan dan ekor kupu-kupu. Lipat menjadi dua potongan kain satin yang berbentuk lingkaran agak kecil tadi. Selanjutnya lipat lagi menjadi bentuk melengkung. Untuk bagian ekor, lipat menjadi bentuk segitiga. Setelah itu kita lanjutkan dengan merapikan bagian bawah dengan cara menggunting dan membakarnya.

5. Langkah selanjutnya yaitu merangkai semua bagian sayap, badan dan ekor menjadi bentuk menyerupai kupu-kupu. Selanjutnya potong kain flanel berbentuk seperti pada gambar untuk alas kanzashi kupu-kupu. Kemudian tempelkan kupu-kupu pada kain flanel tadi. Selipkan putik imitasi dan pasangkan kancing hias atau manik-manik di tengah-tengah kanzashi kupu-kupu.

6. Nah, itu dia hasilnya. Kanzashi kupu-kupu cantik dari kain perca. Kita tinggal memasang peniti di bawahnya jika ingin digunakan sebagai bross.

Demikianlah Tutorial Membuat Kanzashi Kupu-kupu dari Kain Perca yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Tutorial Membuat Kanzashi Kupu-kupu dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA