Cara Mudah Membuat Strawberry dari Kain Flanel

Punya persediaan kain flanel yang begitu banyak sampai bingung mau dibuat apa. Teringat beberapa tahun yang lalu ketika mulai membuat aneka kerajinan dari kain flanel kemudian menjualnya dan alhamdulillah laris manis. Sampai saat ini pun perca flanelnya masih ada dan tersimpan dengan rapi dalam kantong kresek. Ingin membuat aksesoris lagi dari kain flanel kemudian menjualnya tapi masihkah ada yang mau beli hihi.

Kreasi Strawberry Flanel

Kain flanel, ya kain yang satu ini memang lain dari pada yang lain dan paling banyak digunakan untuk bahan kerajinan. Tidak heran jika kerajinan dari kain flanel sampai saat ini masih tetap menarik apalagi di mata anak-anak. Oleh karena itulah saya berinisiatif membuat kreasi dari kain flanel untuk souvenir lebaran.

Kreasi strawberry dari kain flanel

Sudah menjadi tradisi ketika lebaran, di meja pasti ada beraneka macam kue lebaran. Kue-kue tersebut sebenarnya untuk suguhan tamu yang sedang berkunjung ke rumah. Tapi nyatanya, kebanyakan orang-orang yang berkunjung ke rumah kita itu hanya sebentar saja untuk bersalam-salaman, bermaaf-maafan. Jarang ada yang duduk dulu sambil mencicipi kue lebaran. Bahkan anak-anak pun sepertinya enggan untuk duduk sambil makan kue lebaran, melirik saja pun tidak kecuali kembang gula yang memang disukai anak-anak.

Nah, bagaimana kalau yang disajikan di atas meja itu buah-buahan segar. Anak-anak disuruh mengambil satu-satu. Pasti senang sekali mereka, ditambah lagi dengan angpao lebaran yang diterimanya. Buah-buahan yang dimaksud yaitu souvenir gantungan kunci strawberry dari kain flanel seperti gambar di atas hehehe...

Bagaimana? keren kan? Lagi pula membuat strawberry dari kain flanel ini sangat mudah. Hanya butuh waktu beberapa menit untuk membuat satu lusin buah strawberry flanel. Kok bisa? Ya bisa lah. Ingin tahu ya rahasianya?

Inilah Cara Membuat Strawberry

Untuk membuat strawberry dari kain flanel ini, yang kita butuhkan yaitu kain flanel, dakron, benang sulam, jarum dan benang, tali kur, gantungan kunci, gunting, serta lem tembak.

Step by step membuat strawberry flanel

Tutorial membuat strawberry dari bahan flanel

1. Potong kain flanel warna merah berbentuk lingkaran. Untuk ukuran silahkan disesuaikan dengan keinginan. Kalau bisa sesuaikan dengan ukuran strawberry asli agar hasilnya lebih alami.

2. Selanjutnya potong kain flanel yang berbentuk lingkaran tadi menjadi dua sehingga menghasilkan dua potongan setengah lingkaran. Untuk membuat satu strawberry, kita gunakan satu bagian berbentuk setengah lingkaran tadi.

3. Lipat kain flanel menjadi dua. Rapatkan kedua sisinya kemudian jahit dengan tusuk jelujur atau tikam jejak sehingga membentuk seperti kerucut. Kemudian balikkan sehingga jahitan berada di dalam.

4. Langkah selanjutnya, tusukkan jarum pada sisi kerucut kemudian jahit jelujur setelah itu masukkan dakron secukupnya.

5. Setelah itu tarik benangnya dan kaitkan hingga sisi kerucut menjadi berkerut selanjutnya tusukkan lagi jarum dan matikan jahitan.

6. Selanjutnya kita buat bintik-bintik hitamnya menggunakan benang sulam.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak strawberry. Potong seperti pada gambar lalu lubangi tengahnya.

8. Langkah terakhir masukkan tali kur kemudan kaitkan pada rantai gantungan kunci. Kemudian masukkan tali kur pada lubang kelopak strawberry. Beri lem tembak dan pasang strawberry pada kelopaknya.

9. Buat yang banyak ya, lalu bagikan kepada anak-anak :)

Note: untuk membuat 1 lusin strawberry flanel dibutuhkan 1 lembar kain flanel ukuran 25 x 25 cm.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Strawberry dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat. Selamat berkarya dan beramal. Happy Crafting, Happy Ramadhan, Happy Idhul Fitri...

0 Response to "Cara Mudah Membuat Strawberry dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA