Ide Kreatif Membuat Media Pembelajaran Matematika

Media pembelajaran merupakan sebuah sarana yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran Matematika sangat berguna bagi guru dan siswa saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Tanpa media pembelajaran bisa jadi pelajaran Matematika akan sangat membosankan. Oleh karena itu diperlukan solusi cerdas untuk mengatasi rasa jenuh ketika sedang belajar Matematika. Banyak sekali media pembelajaran Matematika, salah satunya adalah ...

Media Pembelajaran Perkalian

Tidak bisa dipungkiri, Matematika memang terkadang begitu menjemukan bagi sebagian siswa. Mungkin karena Matematika bersifat abstrak. Bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar, berpikir secara abstrak merupakan hal yang sulit. Oleh karena itu, diperlukan sarana yang dapat membantu siswa membayangkan hal yang abstrak melalui benda konkret. Dalam pembelajaran perkalian misalnya, seringkali anak merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran Matematika berupa alat peraga.



Sekarang ini banyak sekali media pembelajaran khususnya Matematika yang bisa digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran Matematika. Seorang guru harus memiliki ide kreatif dan pandai memilih media pembelajaran yang bisa menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Memang tidak mudah untuk memilih media pembelajaran untuk pelajaran Matematika, tapi setidaknya kita wajib berusaha, mencari, hingga menemukan media pembelajaran yang tepat dan berguna bagi guru dan siswa.

Untuk mendapatkan media pembelajaran Matematika sekarang bukan hal yang sulit karena kita bisa membuat media pembelajaran Matematika dari bahan yang sangat sederhana. Media pembelajaran yang dimaksud disini adalah media pembelajaran perkalian untuk pemula. Disebut pemula dikarenakan mereka baru mengenal perkalian dan biasanya mereka ini adalah siswa yang duduk di bangku kelas dua sekolah dasar.

Kita tahu, betapa Matematika seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian siswa. Ketika belajar berhitung, umumnya anak akan cepat merasa bosan karena cara berhitungnya begitu-begitu saja. Namun bagaimana kalau belajar Matematika nya sambil bermain, tentu ini merupakan hal yang sangat mengasyikkan bukan? Dengan media pembelajaran seperti di bawah ini, saya pastikan anak akan lebih antusias belajar berhitung perkalian. Media pembelajaran seperti ini telah terbukti efektif dan selalu digunakan oleh anak-anak di LBB yang kami kelola.

Media pembelajaran matematika untuk membantu belajar perkalian

Media pembelajaran tersebut dibuat dari kertas bufallo atau kertas origami. Media pembelajaran ini dibuat menyerupai buah-buahan yaitu apel, jeruk, mangga, pisang dan buah cerry. Cara menggunakannya yaitu dengan memperhatikan angka berapa yang akan dikalikan. Jadi kita tetap menggunakan konsep perkalian seperti yang diajarkan di sekolah.

Bagaimana? Anda tertarik ingin membuat media pembelajaran perkalian untuk anak atau siswa-siswi anda? Berikut ini caranya. Mudah dan sederhana kok.

Cara Membuat Media Pembelajaran

Siapkan kertas karton dari bekas kotak kue untuk pola gambar, kertas bufallo atau kertas origami, lem kertas dan gunting. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini ...

Cara membuat media pembelajaran perkalian dari bahan kertas

1. Gambarlah buah apel, jeruk, mangga, pisang, dan cerry pada kertas yang agak tebal selanjutnya gambar digunting. Gambar ini digunakan untuk pola. Jika menggunakan kertas bufallo, anda bisa langsung menerapkan pada kertas bufallo dengan cara digunting rangkap (dua-dua). Jika menggunakan kertas origami, maka dibutuhkan kertas karton agar buah-buahannya agak tebal dan tidak gampang rusak.

2. Setelah kertas dipotong menurut gambar maka kita akan mendapatkan potongan kertas berbentuk buah apel dan jeruk, kita buat satu-satu. Buah mangga kita buat dua dompol. Sedangkan buah pisang kita buat tiga, empat, dan lima. Untuk buah cerry kita buat tujuh buah dan semuanya dipotong rangkap (dua-dua). Kita buat juga tangkai dan daunnya.

3. Langkah selanjutnya yaitu menempelkan potongan -potongan kertas tersebut pada tangkai sehingga terbentuklah buah-buahan seperti yang kita inginkan.



4. Karena buah-buahan ini akan digunakan untuk belajar perkalian, maka buatlah masing-masing sebanyak sepuluh buah. Untuk perkalian dengan angka 6, gunakan 2 buah pisang yang jumlahnya tiga. Untuk perkalian dengan angka 8, gunakan 2 buah pisang yang jumlahnya empat. Untuk perkalian dengan angka 9, gunakan buah pisang yang jumlahnya empat dan lima.

Itulah Ide Kreatif Membuat Media Pembelajaran Matematika yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Media Pembelajaran Matematika"

Posting Komentar

DMCA