Cara Membuat Baju Boneka Model Rok Rempel Tumpuk

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membagikan pengalaman tentang membuat baju boneka model gaun dan atasan. Kali ini saya akan membagikan cara membuat baju boneka model rok rempel tumpuk dari kain perca.

Baju Boneka Model Rok Rempel Tumpuk

Untuk membuat baju boneka ini, bahan yang digunakan adalah kain perca. Ya, perca lagi, perca lagi. Tidak masalah kan? Toh yang memakai juga boneka. Bahan untuk membuat baju boneka itu kalau bisa memang yang mudah ditemukan di sekitar kita. Jadi tidak usah bersikeras atau ngoyo membeli bahan. Manfaatkan saja kain perca atau kain apa saja yang penting bisa disulap menjadi kreasi unik dan lihatlah hasilnya ...

Baju boneka barbie model rok rempel tumpuk

Percaya tidak jika bahan untuk membuat baju boneka seperti gambar di atas adalah kain potongan dari gaun yang kepanjangan. Kadang ketika membeli baju atau gaun itu kan yang sering kepanjangan pada bagian bawahnya dan harus dipermak dengan cara dipotong. Nah potongan kainnya itu bisa dibuat baju loh. Baju boneka maksudnya.

Agar baju yang dibuat nantinya tampak menarik seperti baju pesta, maka harus dibuat model rok rempel tumpuk. Apalagi kain potongan dari gaun yang kepanjangan itu kan sudah ada keliman kecil jadi tidak usah lagi menjahit bagian bawahnya.

Langsung saja ya tutorialnya ada di bawah ini agar anda juga bisa membuat baju model rok rempel tumpuk. Jika mau, anda bisa membuat rok rempel tumpuk untuk buah hati anda. Caranya tinggal mengubah ukurannya saja dan kurang lebihnya proses pembuatannya sama seperti membuat baju boneka pada tutorial kali ini.

Cara Membuat Rok Rempel Tumpuk

Bahan dan peralatan yang digunakan untuk membuat baju boneka model rok rempel tumpuk ini adalah kain perca atau kain potongan baju, pita, velcro, jarum dan benang, gunting serta lem tembak.

Tutorial cara membuat baju boneka model rok rempel tumpuk 1

1. Pertama-tama ukur dulu boneka anda. Pada tutorial ini menggunakan kain potongan gaun yang kepanjangan. Selanjutnya potong kain menjadi empat bagian dengan ukuran panjang nya sama. Untuk lebarnya tidak sama. Masing-masing potongan kain yaitu kain 1,2,3,4 beri selisih 1 cm karena nanti ditumpuk sehingga bagian paling bawah adalah yang paling lebar.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat rempel dengan cara melipat atau membuat wiru pada masing-masing kain. Tentukan panjang kain setelah diwiru sesuai dengan ukuran boneka.

3. Selanjutnya potong kain untuk furing rok. Potong sebanyak empat dengan ukuran panjang mengikuti kain yang sudah diwiru tadi.



4. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan rempel/ wiru dengan kain furing. Tumpuk kain furing pada kain wiru pertama dan jahit lurus kemudian buka lipatannya sehingga posisi furingnya menjadi vertikal/ tegak.

5. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada kain wiru yang lain yaitu menumpuk kain wiru pada furing pertama tadi dan tumpuk dengan kain furing yang lain lalu dijahit begitu seterusnya sehingga semua kain wiru/rempel tersambung dengan kain furing.

6. Setelah proses menyambung wiru dan furing selesai selanjutnya lipat kecil pada furing paling atas dan dijahit kelim. Furing paling atas ini nantinya untuk pola bagian badan.

Tutorial cara membuat baju boneka model rok rempel tumpuk 2

7. Selanjutnya lipat menjadi dua untuk membentuk gaun. Sematkan jarum pentul untuk memudahkan proses pengerjaan. Setelah itu jahit lurus dimulai dari bawah sampai pada furing yang ketiga. Furing paling atas tidak dijahit cukup dilipat saja.

8. Sebagai tali baju, gunakan pita kemudian lipat seperti pada gambar dan jahit pita tersebut pada furing paling atas/ bagian pola badan.

9. Langkah terakhir yaitu memasang velcro pada baju boneka dengan cara dilem tembak.

10. Itu dia penampakan baju boneka model rok rempel tumpuk yang sudah jadi.

Bagaimana? Ribet ya tutorialnya? Tapi percayalah, Cara Membuat Baju Boneka Model Rok Rempel Tumpuk pada dunia nyata jauh lebih mudah kok. Saya sendiri juga bingung ketika merangkai kata demi kata untuk membuat tutorial ini hehe...

0 Response to "Cara Membuat Baju Boneka Model Rok Rempel Tumpuk"

Posting Komentar

DMCA