Membuat Kreasi Bando Cantik dari Kain Perca

Saat ini model baju wanita sudah sangat beragam. Yang paling diminati adalah model dress panjang dengan motif bunga-bunga. Biasanya kalau kita membeli busana di toko sering kali ukurannya tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Yang paling banyak itu pada bagian bawah selalu saja kepanjangan sehingga harus dipotong.

Menyulap Kain Perca

Seperti yang saya alami baru-baru ini, ketika membeli dress juga kepanjangan sehingga dress pun harus dipermak dengan cara dipotong bagian bawahnya. Yang saya suka dari dress tersebut adalah motif nya yaitu bunga-bunga.

Setelah dress dipotong, kain potongannya itu kan panjang melingkar karena memang bentuk roknya lebar. Biasanya kain potongan dress bagian bawah langsung saja saya buang karena saya menganggapnya sebagai kain perca yang tidak berguna. Tapi kali ini tidak, karena saya ingin menyulap kain perca tersebut menjadi kreasi bando yang cantik dan unik. Seperti ini nih penampakan nya...

Bando cantik dari kain perca dress/rok

Bagaimana bandonya? Bagus kan? Saya yakin anda juga pernah membeli dress atau pun rok yang kepanjangan dan harus dipotong. Nah, potongan kainnya itu kalau bisa jangan dibuang. Manfaatkan untuk membuat kreasi bando cantik yang nantinya bisa anda pakai sendiri untuk melengkapi penampilan ketika mengenakan dress atau rok yang dipotong tadi. Namun jika anda tidak berkenan memakai bando buatan anda, bando tersebut bisa diberikan kepada putri tercinta atau anak tetangga.

Cara Membuat Bando Cantik

Untuk membuat bando cantik, bahan yang diperlukan yaitu bando, kain perca dari dress atau pun rok yang sudah dipotong tadi ditambah kain perca polos agar serasi. Jika ada tambahkan bahan kancing besar, namun jika tidak ada bisa diganti dengan bahan yang lain.

Tutorial bando cantik dari kain perca dress/rok part 1

Sedangkan peralatan yang digunakan yaitu jarum dan benang, gunting, lem tembak, dan double tape untuk merekat kan kain perca pada bando.

Langkah membuat bando

Tutorial bando cantik dari kain perca dress/ rok part 2

1. Rekatkan double tape pada bando, selanjutnya buka double tape tadi dan tempelkan kain perca yang sudah dilipat kedua sisinya sesuai dengan lebar bando.

2. Potong kain motif dari dress/ rok tadi sebanyak 3 dengan ukuran panjang dan lebar kain 1 yaitu 30x5 cm, kain 2 yaitu 30x4 cm, dan kain 3 yaitu 30x3 cm. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan.

3. Selanjutnya tumpuk ketiga kain tersebut dan buat wiru dengan posisi kain yang paling lebar berada di bawah. Setelah itu buat wiru dan jahit setiap lipatan wiru.

4. Setelah itu gabungkan kedua sisi kain yang sudah diwiru tadi sehingga membentuk lingkaran yang berkerut dengan lubang di tengahnya.

5. Jahit tengah-tengah lingkaran tadi untuk menutup lubang. Satukan sisi-sisinya sehingga lubang menutup.

6. Pasangkan kancing baju besar untuk hiasan. Jahit dengan cara silang dan jadilah bunga kain.

7. Langkah terakhir yaitu memasang bunga kain yang sudah jadi tadi pada bando. Rekatkan dengan lem tembak dan selesai.

Bagaimana? Mudah kan cara Membuat Kreasi Bando Cantik dari Kain Perca dari dress atau pun rok yang kepanjangan. Demikianlah sharing pengalaman dari kami. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Membuat Kreasi Bando Cantik dari Kain Perca "

Posting Komentar

DMCA