Permak Celana Jeans dengan Cara Potong Sambung

Memiliki postur tubuh proporsional bak peragawan/peragawati mungkin saja menjadi dambaan setiap insan yang ingin selalu tampil modis. Bagi anda baik cowok maupun cewek, yang tinggi maupun yang pendek pasti punya celana jeans dan kalian pasti pernah membeli celana jeans kan? Ketika celana jeans dicoba sepertinya sudah pas di pinggang, pas di pinggul dan pas di hati tapi ternyata di bagian kaki malah kepanjangan. Umumnya celana jeans buatan pabrik, ukurannya dibuat lebih panjang. Produsen celana jeans biasanya memang melebihkan ukuran panjang celana untuk mencegah celana kependekan.

Cara permak celana jeans yang kepanjangan

Jadi untuk anda penggemar celana jeans, jangan risau apalagi jengkel ketika membeli celana yang kepanjangan. Lagi pula celana jeans yang kepanjangan lebih mudah dipermak dari pada celana jeans yang kependekan. Bawa saja celana jeans anda ke tukang permak celana jeans untuk dipermak dengan cara potong sambung agar hasilnya rapi dan keren.

Permak Celana Jeans yang Kepanjangan

Nah, bagi anda yang terlanjur membeli celana jeans yang kepanjangan, seperti penjelasan di atas, untuk mengatasi masalah tersebut mau tidak mau anda harus memotong celana jeans tersebut ke tukang jahit karena mengubah ukuran celana itu gampang-gampang susah. Dibutuhkan keberanian dan kecermatan ketika melakukannya, karena jika terjadi kesalahan pasti nantinya celana menjadi tidak nyaman ketika dipakai.

Adapun cara untuk memendekkan celana yang kepanjangan adalah dengan memotong bagian bawahnya. Cara memendekkan celana ini ada yang hanya dipotong begitu saja lalu dilipat dan dijahit kelim. Teknik seperti ini kurang cocok diterapkan untuk memendekkan celana jeans karena efek lipatan dari pabrik sudah pasti hilang. Seperti yang sering kita jumpai, pada celana jeans bagian bawah itu kan ada lipatan yang disebut efek stone wash. Agar efek lipatan dari pabrik tetap ada maka digunakan cara potong sambung sehingga hasilnya nanti celana jeans kembali seperti semula.

Bagi anda yang masih belum paham tentang efek stone wash dan  potong sambung, berikut ini penjelasannya.

Teknik Potong Sambung

Teknik potong sambung merupakan metode permak celana jeans dengan cara memotong celana bagian bawah kemudian memasangnya kembali dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Contoh permak celana jeans teknik potong sambung

Teknik potong sambung ini bertujuan agar celana jeans yang dipendekkan tidak seperti di potong dan dijahit kelim karena celana jeans yang diproduksi dari pabriknya sudah diberikan efek stone wash sehingga terlihat lebih bagus. Jika langsung dijahit kelim maka efek stone wash otomatis hilang dan lipatan menjadi gepeng seperti celana kain sehingga kurang bagus.

Sebenarnya untuk permak celana jeans, kita bisa melakukannya sendiri namun jika anda ragu lebih baik datang saja ke tukang jahit dari pada celana jeans mahal anda menjadi korban karena gagal permak. Meskipun anda mengandalkan tukang jahit, tidak semua penjahit bisa memendekkan celana jeans dengan rapi kecuali yang sudah professional.

Untuk permak celana jeans yang kepanjangan, saya punya pengalaman dan anda pun juga bisa melakukannya secara otodidak seperti saya. Sekedar info, permak celana jeans ini bisa dijadikan ladang untuk mencari nafkah. Jika anda serius menekuninya, niscaya hasilnya cukup untuk menambah uang belanja. Sekali permak celana jeans ongkosnya bisa Rp 15.000,00 – 20.000,00. Jika sehari bisa permak celana jeans 5 buah tinggal mengalikan saja. Lumayan kan?




Bagaimana? Anda ingin mencobanya? Gampang kok. Simak ya step by step permak celana jeans dengan cara potong sambung yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangannya di bawah ini.

Cara Permak Celana Jeans

Siapkan peralatan untuk permak diantaranya pensil kapur, pendedel benang, jarum dan benang, gunting, mesin jahit. Namun jika belum punya mesin jahit, anda bisa menjahit dengan cara manual menggunakan tangan.

Tutorial permak celana jeans dengan teknik potong sambung

1. Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mengukur panjang celana yang dikehendaki. Anda bisa mengukur celana jeans yang akan dipotong dengan menggunakan meteran atau menggunakan ukuran celana anda yang lain. Setelah ukuran didapat selanjutnya tandai yang akan dipotong dengan pensil kapur.

2. Langkah selanjutnya ambil pendedel benang kemudian buka jahitan kelim pada celana bagian bawah. Setelah itu lubangi celana dengan pendedel benang kira-kira 1,5 cm di atas bekas benang jeans yang sudah dilepas lalu potong dengan gunting untuk mengambil bagian bawah yang ada efek stone wash nya. Hasil potongan berbentuk melingkar dan ini nanti yang akan dipasang kembali. Tandai bagian depan agar tidak bingung ketika akan memasangnya lagi.

Selanjutnya potong lagi tepat pada garis/ yang ditandai dengan pensil kapur tadi. Untuk proses memotong ini opsional saja. Silahkan gunakan cara yang paling mudah menurut anda.



3. Setelah celana dipotong maka bagian bawah yang ada efek stone wash menjadi tidak pas atau lebih kecil dari lingkar kaki celana. Untuk menyamakan kita harus menjahit tepi atau samping celana terlebih dahulu agar ukurannya sama dengan potongan celana yang ada efek stone wash nya. Karena jika ukurannya tidak sama pasti berkerut ketika disambung.

4. Setelah ukuran lingkarnya sama selanjutnya kita pasang potongan celana bagian bawah tersebut ke lingkar celana. Masukkan saja bagian bawah yang ada efek stone wash pada lingkar celana selanjutnya lipat ke dalam yang bagian luar yaitu yang ada jarak 1,5 cm. Untuk memudahkan proses ini sematkan jarum pentul.

5. Langkah selanjutnya yaitu menjahit bagian bawah celana dengan teknik tusuk jelujur yang digunakan untuk sementara saja karena selanjutnya dijahit dengan mesin jahit dan benang jeans.

6. Langkah terakhir, jahit bagian bawah celana yang dijahit jelujur tadi menggunakan mesin jahit dan benang jeans. Gunakan jarum yang ukurannya agak besar. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya lepaskan benang jahit jelujur. Dan hasil permak celana jeans dengan metode potong sambung bisa anda lihat seperti pada gambar di atas.

Demikianlah artikel yang mengulas tentang Permak Celana Jeans dengan Cara Potong Sambung. Silahkan mencoba. Happy sewing dan Terima kasih.

0 Response to "Permak Celana Jeans dengan Cara Potong Sambung"

Posting Komentar

DMCA