Tutorial Cara Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel

Bunga tulip adalah bunga yang hanya bisa tumbuh di daerah subtropis. Konon, bunga tulip sebenarnya berasal dari Asia Tengah. Namun umumnya kita mengenal bunga tulip ini dari Belanda.

Bunga Tulip yang Indah

Kita semua pasti tahu, keindahan bunga tulip tidak diragukan lagi. Bahkan di Iran dan Turki, bunga tulip menjadi lambang bunga nasional. Di Belanda yang dikenal sebagai negeri kincir angin, bunga tulip telah menjadi simbol yang dicintai. Ketika berkunjung ke Belanda, anda bisa menjumpai jutaan bunga tulip berwarna-warni yang mekar sepanjang tahun di sebuah ladang yang sangat luas di sebuah kota dekat Amsterdam.

Meskipun bunga tulip hanya bisa tumbuh di daerah subtropis, namun bukan berarti bunga tulip tidak bisa tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis. Anda bisa membudidayakan tanaman bunga tulip tentunya dengan cara yang bisa dibilang tidak mudah.

Nah, bagi anda penggemar bunga tulip yang ingin menghadirkan keindahannya di rumah tanpa harus bersusah payah merawat, memupuk, dan menyiram agar tumbuh. Kini anda bisa memiliki bunga tulip palsu yang sama-sama indah seperti aslinya. Kok bisa? Ya, bisa saja bahkan sangat gampang. Untuk tutorial dan cara membuat bunga tulip dari bahan kain flanel ini bisa anda dapatkan di sini.




Bagaimana, penasaran kan. Seperti apa sih bunga tulip palsu yang katanya sama-sama indah dengan bunga tulip asli. Di bawah ini anda bisa menyaksikan keindahan bunga tulip palsu yang dibuat dari kain flanel.

Gambar bunga tulip dari kain flanel

Bagaimana? Memang sangat mirip dengan bunga tulip aslinya kan? Ingin tahu cara membuatnya? Simak tutorial nya berikut ini ya...

Cara Membuat Bunga Tulip

Untuk membuat bunga tulip ini, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan diantaranya yaitu :
1. Kain flanel
2. Kertas hvs untuk pola
3. Lidi atau tusuk sempol
4. Jarum dan benang
5. Lem fox/uhu
6. Lem tembak

Proses membuat bunga tulip

Tutorial bunga tulip dari bahan kain flanel part 1

1. Siapkan kertas hvs atau kertas apa saja. Selanjutnya buat gambar untuk pola bunga tulip. Ada dua ukuran pola yaitu pola besar dan agak kecil. Setelah itu gunting pola sesuai gambar.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola pada kain flanel. Pilihlah kain flanel warna cerah agar bunga tulip tampak alami.

3. Selanjutnya hubungkan tepi dengan tepi mahkota bunga tulip. Jahit dengan tusuk feston . Jangan dijahit semuanya. Sisakan pada bagian atasnya.

4. Jahit keempat tepinya sehingga  membentuk kuncup bunga. Lakukan hal yang sama untuk mahkota bunga yang satunya.

5. Itu dia setelah kedua mahkota bunga tulip terbentuk. Selanjutnya balikkan mahkota bunga yang besar sehingga posisi benang berada di dalam. Sedangkan mahkota yang agak kecil tidak usah dibalik. Setelah itu sisihkan dan kita lanjutkan langkah berikutnya.

6. Saatnya kita membuat tangkai bunga. Ambil lidi atau tusuk sempol. Selanjutnya gunting kain flanel warna hijau dan kain flanel warna senada dengan warna bunga. Potonglah kain flanel yang warnanya sama dengan bunga seperti pada gambar. Nantinya potongan kecil ini untuk membuat putik bunga.

Tutorial bunga tulip dari bahan kain flanel part 2

7. Selanjutnya bungkus lidi atau tusuk sempol dengan kain flanel warna hijau. Gunakan lem fox atau lem uhu. Jangan menggunakan lem tembak karena hasilnya kurang bagus. Kemudian pasangkan putiknya pada ujung tangkai.

8. Langkah selanjutnya yaitu melubangi kedua mahkota bunga pada bagian tengahnya.

9. Pasangkan mahkota bunga tulip pada tangkai. Pertama masukkan mahkota bunga yang kecil dulu selanjutnya yang besar. Beri lem pada pinggir atau dasar mahkota bunga dan rekatkan.

10. Setangkai bunga tulip sudah jadi namun belum lengkap tanpa adanya daun.

11. Untuk membuat daun, potong kain flanel warna hijau membentuk menyerupai daun. Selanjutnya tempelkan daun tadi pada tangkai bunga tulip.

12. Buat beberapa tangkai bunga dengan warna yang beragam untuk mendapatkan bunga tulip yang berwarna-warni.



Untuk menghias ruangan, usahakan membuat bunga tulip dalam jumlah yang banyak. Setelah itu rangkai dan taruh di dalam vas bunga. Kini bunga tulip yang indah dan berwarna-warni siap menghias ruangan.

Demikanlah Tutorial Cara Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA