Tutorial Ikat Rambut Bentuk Kuping Kelinci dari Kain Perca

Wanita memang identik dengan kecantikan dan rambut panjangnya yang tergerai. Setiap wanita pada dasarnya ingin selalu tampil cantik dan menarik. Banyak hal yang dapat menunjang penampilan wanita, mulai dari baju, sepatu, tas dan pernak-pernik cantik atau aksesoris yang membuat wanita terlihat lebih menarik. Aksesoris itu sendiri memiliki beragam bentuk mulai dari yang sederhana, murah sampai yang mewah.

Aksesoris Ikat Rambut

Tidak ada salahnya mengenakan aksesoris yang bagus dan mewah. Namun jika berlebihan maka kesannya justru terlihat aneh. Demikian halnya dengan aksesoris rambut. Memiliki rambut panjang memang gampang-gampang susah merawatnya. Sering kali rambut yang panjang membuat pemiliknya merasa gerah jika cuaca sedang panas-panasnya. Meskipun memiliki rambut seindah rambut model iklan shampoo sekalipun, kalau cuaca tak mendukung pasti menimbulkan rasa tidak betah dan ingin mengikat rambut nya itu.

Nah, bagi anda dan putri anda yang berambut panjang, saat cuaca panas pasti butuh ikat rambut kan? Mungkin anda sudah memiliki banyak koleksi berbagai macam aksesoris salah satunya ikat rambut. Sekedar info, saat ini ada model ikat rambut sederhana namun sedang trend. Ya, ikat rambut ini berbentuk kuping atau telinga kelinci. Banyak yang suka utamanya anak-anak. Saya sendiri tidak tahu mengapa ikat rambut bentuk kuping kelinci ini disukai anak-anak padahal bentuknya juga sederhana dan biasa saja.

Bahkan di toko-toko aksesoris juga banyak dijual ikat rambut model kuping kelinci. Kalau yang dijual di toko-toko aksesoris biasanya ditambahkan pernak-pernik agar tali rambut semakin menarik. Namun jika anda termasuk orang yang berjiwa kreatif, tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Ikat rambut bentuk kuping kelinci dari kain perca

Jangan khawatir kesulitan membuat ikat rambut seperti ini karena sangat mudah sekali seperti membuat ikat rambut biasa. Tak perlu mesin jahit, karena kita bisa menjahit nya dengan cara manual. Namun meskipun mudah, ada saja yang masih bingung cara membuatnya karena memang belum tahu hehehe. Oleh sebab itu di sini saya bagikan tutorial nya agar anda juga bisa membuat ikat rambut bentuk kuping kelinci yang lucu dari kain perca.



Oke, langsung saja ya simak proses pembuatan ikat rambut bentuk kuping kelinci dari kain perca berikut ini.

Step by step Membuat Ikat Rambut

Untuk membuat ikat rambut berbentuk kuping kelinci, kita hanya membutuhkan peralatan dan bahan yaitu :
1. Kain perca dua potong (pilih motif polkadot jika ada)
2. Karet elastik
3. Peniti
4. Jarum dan benang
5. Gunting

Cara membuat:

Proses membuat ikat rambut bentuk kuping kelinci dari kain perca

1. Siapkan dua kain perca berbentuk persegi panjang. Untuk tali rambut, di sini kain perca yang digunakan berukuran panjang 48 cm dan lebarnya 8 cm. Sedangkan untuk kuping kelinci, kain perca yang digunakan berukuran panjang 30 cm dan lebarnya 15 cm. Karet elastik bisa disesuaikan dengan keinginan karena setiap orang memiliki rambut yang berbeda-beda lebat nya.

2. Langkah berikutnya yaitu persiapan membuat ikat rambut. Lipat kain menjadi dua bertemu sisi panjangnya. Selanjutnya jahit lurus namun jangan dijahit semuanya. Sisakan 4 cm pada kedua ujungnya. Setelah dijahit selanjutnya balikkan kain menggunakan tangan atau dengan sumpit/tusuk sate.

3. Setelah selesai membalik kain selanjutnya satukan ujung dengan ujung kemudian jahit lurus untuk menggabungkan sehingga terbentuklah ikat rambut melingkar yang menyerupai gelang.

4. Selanjutnya kita pasang karet elastik. Masukkan karet elastik yang ujungnya dipasang peniti ke dalam kain. Agar karet elastik tidak lepas, sematkan jarum pentul pada salah satu ujung elastik. Dan setelah karet elastik bertemu dengan ujungnya selanjutnya simpulkan elastiknya atau bisa dijahit agar rapi. Setelah itu jahit tepi kain yang masih terbuka tempat masuknya karet elastik tadi. Dan hasilnya kain menjadi berkerut dan jadilah ikat rambut biasa.

5. Untuk membuat kuping kelinci, ambil potongan kain yang sudah dipersiapkan tadi. Lalu lipat menjadi dua dan lipat lagi menjadi dua. Selanjutnya gambarlah pola menyerupai huruf b namun ujungnya agak meruncing. Selanjutnya kain digunting menurut pola yang digambar tadi.

6. Langkah selanjutnya buka lipatan kain sehingga pola membentuk huruf B dengan kedua ujung yang meruncing. Kemudian jahit tepi kain untuk menyatukan dua sisinya. Sisakan pada bagian tengah untuk lubang tempat membalik kain.

7. Setelah proses menjahit pola kuping kelinci selesai kemudian balikkan sehingga kain yang bagus berada di luar. Ambil tusuk sate dan rapikan kedua sudutnya agar bentuknya bagus.

8. Langkah terakhir, masukkan kuping kelinci pada ikat rambut lalu disimpulkan atau diikat. Dan ikat rambut bentuk kuping kelinci sudah jadi.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Itulah mengapa saya membuatnya selanjutnya Tutorial Ikat Rambut Bentuk Kuping Kelinci dari Kain Perca ini saya tulis di sini. Setelah mengetahui cara membuatnya, kini menambah koleksi aksesoris tidak lagi harus membeli. Setuju ?

0 Response to "Tutorial Ikat Rambut Bentuk Kuping Kelinci dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA