Cara Membuat Bunga Matahari (Sun Flower) dari Kain Flanel

Pada postingan terdahulu saya sudah pernah berbagi pengalaman membuat bunga matahari dari kain flanel. Pada kesempatan kali ini, saya pun mencoba untuk membuat lagi bunga matahari (sun flower) dari kain flanel namun beda cara.

Bunga Matahari (Sun Flower)

Bunga matahari (sun flower) yang ini jauh lebih mudah dan hasilnya lumayan bagus menurut saya untuk dijadikan penghias ruangan. Cara membuatnya juga cukup simpel tanpa jahit sehingga mudah dipraktekkan oleh pemula sekalipun utamanya siswa-siswi yang sedang ada tugas membuat kerajinan tangan atau prakarya.

Bunga matahari (sun flower) dari bahan kain flanel

Yang menarik dari bunga matahari ini karena dibuat dalam jumlah yang banyak dan dirangkai dalam pot bunga. Anda harus membuatnya dalam jumlah yang banyak juga agar kreasi anda layak mendapat bintang hehe.



Jangan khawatir kesulitan membuatnya. Karena cara membuat bunga matahari dari kain flanel ini sangat mudah sehingga anda bisa membuat bunga matahari dalam jumlah yang banyak.

Berikut ini tutorial yang bisa anda ikuti. Namun jika anda sudah menemukan cara lain yang menurut anda lebih mudah dan dan lebih bagus it's ok !

Cara Membuat Bunga Matahari (Sun Flower)

Untuk membuat bunga matahari bahan dan peralatan yang dbutuhkan yaitu :
1. Kain flanel
2. Lidi / tusuk sate
3. Benang
4. Lem tembak / lem uhu
5. Gunting
Tutorial bunga matahari (sun flower) dari bahan kain flanel part 1

1. Pertama-tama siapkan kain flanel warna kuning. Potong berbentuk lingkaran. Pada tutorial ini saya menggunakan kaleng lem fox untuk membuat lingkaran. Potong kain flanel warna coklat untuk tengahnya bunga. Kain flanel warna hijau untuk membungkus tangkai lidi/tusuk sate.

2. Lipat kain flanel yang berbentuk lingkaran tadi. Gunting kedua pinggirnya kira-kira 2 cm. Kemudian lipat lagi dan lakukan hal yang sama. Potong lagi pinggirnya sehingga semuanya berjumlah 12 guntingan.

3. Nah, itu dia penampakan pola lingkaran flanel yang sudah digunting pinggirnya.

4. Langkah selanjutnya yaitu membuat mahkota bunga. Gunting lagi membentuk segitiga sehingga mahkota bunga bentuknya seperti roda bergerigi.

5. Langkah berikutnya yaitu membuat tengahnya bunga. Lipat kain flanel warna coklat menjadi dua. Selanjutnya digunting-gunting.

6. Saatnya membuat tangkai bunga. Bungkus lidi/ tusuk sate dengan kain flanel warna hijau. Beri lem uhu atau lem fox. Setelah itu ikatkan benang hijau dengan cara spiral untuk mempertegas tangkai bunga.

Tutorial bunga matahari (sun flower) dari bahan kain flanel part 2

7. Pasangkan tangkai pada kain coklat yang digunting-gunting tadi. Beri lem tembak dan letakkan tangkai di bagian dalam. Setelah itu lipat dan gulung.

8. Hasil pengerjaan bagian tangkai bunga lengkap dengan tengahnya bunga matahari.

9. Kita lanjut dengan memasangkan mahkota bunga pada tangkai. Namun sebelumnya lubangi dulu kedua bunga pada bagian tengahnya.

10. Pasangkan kedua bunga pada tangkai. Atur letak bunga agar mahkota bunga posisinya berselang-seling.

11. Untuk melengkapi bunga, buat daun dan kelopak bunga dari kain flanel warna hijau.

12. Pasangkan kelopak bunga pada tangkai. Beri lem pada dasar bunga agar bunga dan kelopaknya bisa menyatu dengan sempurna. Selanjutnya pasangkan daunnya. Dan bunga matahari (sun flower) dari kain flanel sudah jadi.

Demikianlah Cara Membuat Bunga Matahari (Sun Flower) dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

0 Response to "Cara Membuat Bunga Matahari (Sun Flower) dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA