Cara Mudah dan Cepat Membuat Topi dari Kain Flanel

Ketika berwisata ke pantai, tentu kita membutuhkan topi lebar untuk berlindung dari terik matahari. Topi lebar tersebut selain untuk melindungi wajah dari sengatan sinar matahari juga bisa digunakan untuk bergaya.

Topi Flanel

Biasanya bahan untuk membuat topi lebar yang banyak dijual di pinggir pantai itu dari bahan seperti jaring-jaring senar yang dirangkai dengan benang sehingga cahaya matahari masih menerawang dan kita pun harus mengenakan kaca mata hitam agar tidak silau.

Pernahkah anda mengamati topi lebar anda kemudian berpikir tentang bagaimana ya cara membuatnya? Seandainya bisa membuat topi sendiri tentu sangat menyenangkan. Kita bisa memilih bahan yang lebih rapat agar topi nyaman dipakai misalnya dari kain flanel mungkin.

Kita tahu, kain flanel adalah kain serbaguna. Teksturnya yang sedikit kaku sangat cocok untuk bahan membuat topi. Kebetulan saya menemukan cara mudah dan cepat membuat topi dari kain flanel yang pasti saya bagikan di sini. Dan inilah topi yang saya buat dari kain flanel.

Topi boneka dari bahan kain flanel

Hah ! kok topi boneka sih? Penulis ini sedang menipu pembaca ya? Eits...Jangan su'udzon dulu. Tenang saja, meskipun modelnya hanya topi boneka tapi cara membuatnya sama kok dengan topi asli. Kita tinggal menyesuaikan ukurannya dengan keinginan.

Cara Membuat Topi

Yang perlu kita ketahui sebelum membuat topi adalah bagian-bagian topi yang terdiri dari crown atau mahkota dan brim atau pinggiran topi. Untuk membuat topi flanel, siapkan dulu peralatan dan bahan yang dibutuhkan yaitu kertas hvs untuk pola, kain flanel, jarum dan benang, gunting, serta lem tembak.

Tutorial topi boneka dari bahan kain flanel


1. Pertama-tama ukur dulu lingkar kepala yang akan dibuatkan topi, misal topi untuk anak atau untuk orang dewasa. Pada tutorial ini topi memang dibuat untuk boneka.

Ukuran lingkar kepala digunakan untuk besar kecilnya crown/ mahkota topi. Sedangkan untuk brim/ pinggiran topi bisa disesuaikan dengan keinginan. Pada gambar adalah pola dasar topi yang dibuat dari kertas hvs. Pola dasar topi terdiri dari crown dan brim. Yang berbentuk lingkaran bolong adalah brim nya sedangkan yang berbentuk segitiga adalah crown nya.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola dasar topi pada kain flanel. Potong kain flanel menurut pola. Potong bagian brim nya sama persis dengan pola. Sedangkan crown nya potong sebanyak 6 buah.

3. Jahit bagian crown nya/ mahkota yang berjumlah 6 tadi dengan cara menyatukan semua sisinya.

4. Setelah semua bagian crown tersambung, selanjutnya balikkan.

5. Rapikan bagian crown/ mahkota topi hingga bentuknya menyerupai mangkuk.

6. Satukan bagian crown tadi dengan brim yang berbentuk lingkaran bolong. Jahit dengan posisi jahitan ada di dalam kemudian jahit melingkar mengikuti lubang brim. Setelah dijahit beri lem tembak agar sambungan bisa dilipat dan rapi.

Langkah terakhir yaitu menghias topi dengan ornamen pita atau bunga. Anda bisa menambahkan tali jika topi yang dibuat adalah topi asli.



Dan berikut ini adalah penampakan topi dari kain flanel untuk mempercantik boneka. Jika anda ingin membuatnya dengan ukuran yang sebenarnya, caranya sama persis pada tutorial di atas.

Topi cantik dari kain flanel untuk boneka

Bagaimana? Bagus kan topi flanel nya? Silahkan mencoba membuatnya juga ya dan dijamin anda pasti puas dan bangga dengan kreasi yang anda hasilkan dari tangan anda sendiri.

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah dan Cepat Membuat Topi dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

0 Response to "Cara Mudah dan Cepat Membuat Topi dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA