Cara Mudah dan Simpel Membuat Jeruk dari Kain Flanel

Masih dalam rangka menghias ruangan dengan aneka buah-buahan dari kain flanel ceritanya. Sedangkan buah-buahan yang bisa kita buat bisa bermacam-macam bentuknya. Sebenarnya semuanya bisa dikerjakan dengan mudah jika kita tahu caranya.

Buah Jeruk Flanel

Salah satu buah yang harus dibuat adalah jeruk. Aneka buah-buahan tanpa jeruk sepertinya kurang enak dipandang mata. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi pengalaman lagi tentang bagaimana sih cara mudah dan simpel membuat jeruk dari kain flanel itu. Mengapa saya katakan simpel. Itu karena cara membuat jeruk ini sangat gampang. Dijamin anak SD pun juga bisa sehingga jeruk flanel ini mungkin cocok untuk kerajinan tangan.

Berikut ini penampakan jeruk flanel yang sudah saya buat. Jeruk flanel ini sangat mirip dengan jeruk asli loh. Apalagi jika dibuat dalam jumlah yang banyak terus ditaruh di keranjang buah dan diletakkan di bufet untuk pajangan.

Jeruk dari bahan kain flanel

Bagaimana? memang mirip dengan jeruk asli kan. Meskipun cara membuatnya terbilang mudah, namun bagi sebagian orang yang belum tahu caranya pasti menjadi sesuatu atau pengalaman yang baru. Betul apa betul?

Nah, agar anda juga bisa memiliki jeruk flanel seperti yang sudah saya buat ini. Berikut ini cara membuatnya.

Cara Membuat Jeruk Flanel

Untuk membuat jeruk ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan yaitu:
1. Kain flanel
2. Dakron
3. Jarum dan benang
4. Gunting
5. Lem uhu/ lem tembak

Langkah-langkah membuat jeruk flanel

Tutorial cara membuat jeruk dari bahan kain flanel

1. Siapkan kain flanel warna orange. Selanjutnya letakkan lepek atau piring kecil pasangan cangkir. Buat gambar lingkaran pada kain flanel lalu dipotong.

2. Selanjutnya jahit pinggiran kain flanel tadi dengan teknik tusuk jelujur. Tarik benangnya hingga berkerut namun jangan dipotong dulu benangnya.

3. Isi kain flanel yang sudah dijahit tadi dengan dakron. Isikan secukupnya saja lalu tarik lagi benangnya hingga membentuk bulatan.

4. Selanjutnya menghubungkan tepi kerutan dengan cara menjahitnya. Tujuannya agar bulatan terbentuk dengan sempurna.

5. Untuk membuat kesan masuk ke dalam, jahit dari bawah jeruk menembus jeruk bagian atas lalu tusukkan lagi jarumnya menembus jeruk bagian bawah dan tarik agak kencang benangnya kemudian simpulkan benangnya. Dengan demikian bentuk jeruk menjadi bulat agak gepeng seperti bentuk jeruk import yang dijual di swalayan.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun jeruk. Potong kain flanel warna hijau menyerupai bentuk daun. Potong sebanyak dua buah.

7. Beri lem tembak atau lem uhu kemudian tempelkan kedua daun tadi pada jeruk bagian bawah. Atur posisi daun nya untuk menutupi kerutan.

8. Itulah jeruk dari kain flanel yang sudah jadi. Buatlah jeruk dengan ukuran yang berbeda agar jeruk nampak bervariasi.

Demikianlah Cara Mudah dan Simpel Membuat Jeruk dari Kain Flanel yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Happy crafting dan salamat berkreasi tanpa batas.

0 Response to "Cara Mudah dan Simpel Membuat Jeruk dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA