Cara Mudah Membuat Apel dari Kain Flanel

Ceritanya masih dalam rangka membuat buah-buahan dari kain flanel untuk pajangan yang diletakkan di bufet. Buah-buahan dari kain flanel ini rencananya nanti ditaruh dalam keranjang. Ada bermacam-macam jenis buah yang sudah saya buat salah satunya yaitu buah apel yang tutorial nya akan saya bagikan di sini.

Jika buah-buahan hias biasanya dibuat dari bahan keramik yang mudah pecah, namun dengan menggunakan bahan dari kain flanel sudah tentu lebih awet. Selain hasilnya lumayan bagus, buah-buahan dari kain flanel juga empuk. Namun jika untuk dijadikan pajangan usahakan jangan sering dipegang-pegang agar tidak cepat buluk. Biasanya anak-anak suka memegang dan melempar-lempar mainan yang empuk-empuk karena dikira bola.



Cara membuat apel dari kain flanel ini cukup mudah, mirip dengan cara membuat buah pear. Perbedaan cara membuatnya hanya terletak pada bentuk polanya saja.

Berikut ini adalah kreasi buah apel dari kain flanel

Kreasi apel dari kain flanel

Bagaimana? Mirip dengan buah apel asli bukan? Hal ini dikarenakan ukurannya sama dengan buah apel yang sebenarnya.

Bagaimana? anda ingin membuatnya juga. Simak tutorial berikut ini ya ...

Cara Membuat Apel

Untuk membuat apel ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kertas hvs/ kertas buku untuk pola
2. Kain flanel warna merah/ hijau
3. Dakron
4. Jarum dan benang
5. Gunting
6. Lem tembak

Step by step membuat apel flanel

Tutorial buah apel dari bahan kain flanel 1

1. Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu membuat pola dasar buah apel dari kertas hvs atau kertas apa saja. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ukuran buah apel asli.

2. Selanjutnya terapkan pola pada kain flanel. Pilihlah kain flanel warna merah atau warna hijau agar buah apel tampak natural. Selanjutnya potong kain flanel menurut pola. Potong sebanyak enam buah.

3. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan keenam potongan pola flanel tadi. Jahit dengan teknik tusuk tikam jejak.

4. Jahit semua pola yang berjumlah enam tadi. Sisakan kira-kira 2 cm untuk membalik bahan.

5. Itulah penampakan buah apel bagian dalam setelah semua pola digabungkan. Gunting-gunting sedikit/ dirajang pada pinggirnya agar nantinya mudah dibentuk.

6. Selanjutnya jahit pada pertemuan sambungan agar buah apel tidak berlubang. Menjahitnya yaitu pada bagian atas dan bawah. Tarik benangnya kemudian simpul kan sehingga lubang menutup rapat dan pertemuan sambungan menjadi rapi.

Tutorial buah apel dari bahan kain flanel 2

7. Setelah itu balikkan buah apel sehingga bagian yang dijahit posisinya berada di dalam setelah itu jahit yang terbuka tadi tapi benang jangan diputus dulu. Selanjutnya masukkan sumpit atau batang bambu. Tusuk-tusukkan pelan-pelan untuk merapikan jahitan sehingga buah apel terbentuk.

8. Nah, itu dia penampakan buah apel yang sudah mulai terbentuk. Selanjutnya ambil dakron secukupnya dan masukkan pada lubang untuk membuatnya berisi.

9. Ratakan dakron dengan bantuan sumpit atau batang bambu selanjutnya tutup lubang dengan menjahitnya menggunakan teknik tusuk roll.

10. Langkah berikutnya yaitu membuat tangkai buah. Potong kain flanel warna coklat berukuran 3 x 2 cm kemudian gulung dan jahit pinggirnya. Kemudian buat daun dan jahit untuk membuat seratnya. Setelah itu tempelkan tangkai pada daun dengan cara dilem tembak.

11. Langkah selanjutnya jahit pada bagian atas menembus buah apel bagian bawah untuk membuat kesan masuk ke dalam. Tarik benangnya dan simpulkan.

12. Langkah terakhir tempelkan tangkai daun yang telah dibuat tadi tepat di tengah-tengah buah apel.

Itulah Cara Mudah Membuat Apel dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Apel dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA