Cara Sederhana Membuat Kuncup Mawar dari Kain

Banyak sekali tutorial membuat kerajinan yang bisa kita dapatkan entah itu dari video sharing atau pun dari tulisan yang dibagikan oleh penulis di situs-situs kerajinan seperti blog ini yang juga sudah memposting begitu banyak tutorial kerajinan salah satunya yaitu cara sederhana membuat kuncup mawar dari kain yang juga akan saya bagikan tutorialnya di sini.

Kuncup Mawar dari Kain

Ada sebuah kreasi yang menurut saya sangat bagus dan menarik. Ya, kuncup mawar berbahan kain polkadot begitu elegan dan telah memikat hati saya. Karena penasaran, akhirnya saya pun mencoba untuk membuatnya. Setelah mencoba, ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Sedikit ribet menurut saya karena prosesnya harus melipat dan menjahit lalu menggulung. Tapi hasilnya memang luar biasa bagus.

Karena terbilang proses membuatnya yang agak tidak mudah, akhirnya saya menemukan cara sederhana dan mudah membuat kuncup mawar berbahan kain ini. Kain yang saya gunakan adalah kain perca motif polkadot dengan kombinasi kain perca satin.

Kuncup mawar dari kain perca

Mungkin kuncup mawar dari kain ini tidak sebagus kuncup mawar kain yang pernah anda lihat sebelumnya. Namun percayalah jika cara membuatnya ini sangat gampang sekali. Kita tinggal memutar-mutar kain dan jadilah kuncup mawar. Tidak percaya? Simak langkah-langkah pembuatan kuncup mawar dari kain berikut ini ...

Cara Membuat Kuncup Mawar Kain

Untuk membuat kuncup mawar kain ini, bahan dan peralatan yang dibuhkan yaitu :
1. Kain polkadot
2. Kain satin
3. Kain flanel
4. Jarum dan benang
5. Lem tembak

Pada tutorial ini, kain polkadot yang dibutuhkan untuk membuat kuncup mawar berukuran 6 x 30 cm. Dan untuk daun yang digunakan adalah kain satin berukuran 10 x 10 cm.

Tutorial membuat kuncup mawar dari kain part 1

1. Lipat kain secara horizontal menjadi dua bagian yang sama. Kemudian ubah posisinya. Arahkan bagian lipatan berada di sebelah kanan.

2. Selanjutnya pada ujung kain lipat ke arah bawah ke samping kiri membentuk segitiga siku-siku.

3. Lipat lagi ujung kain lipatan segitiga tadi ke samping kanan dengan lipatan membentuk segitiga.

4. Selanjutnya balikkan posisi kain dan lipat menyerong seperti membuat gulungan. Beri lem tembak dan lipat lagi dengan cara yang sama sampai ujung kain kemudian beri lem tembak dan rekatkan ujung kain tadi.

5. Nah, itu dia hasil lipatan yang sudah mulai tampak membentuk kuncup mawar.

6. langkah selanjutnya jahit jelujur pada bagian bawah kuncup mawar kemudian tarik benangnya sehingga bagian bawah kuncup mawar menjadi berkerut. Ini bertujuan agar kuncup mawar menjadi lebih berbentuk dan tampak rapi.

Tutorial membuat kuncup mawar dari kain part 2

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun kuncup mawar dari kain satin. Cara membuat daun yaitu dengan melipat kain satin berbentuk persegi menjadi lipatan segitiga. Kemudian lipat-lipat pinggirnya seperti membuat wiru. Setelah itu ikat kain yang sudah dilipat tadi dengan benang.

8. Buat daun sebanyak dua helai dengan cara yang sama kemudian gunting pada bagian ujungnya untuk merapikan.

9. Langkah selanjutnya potong kain flanel berbentuk lingkaran sebagai dasar kuncup mawar kain. Setelah itu tempelkan kedua daun pada kain flanel tadi.

10. Langkah terakhir, tempelkan kuncup mawar kain pada kain flanel menindih daun. Dan kuncup mawar kain sudah jadi.

Kuncup mawar kain seperti yang saya buat ini bisa dijadikan aksesoris bross maupun aksesoris rambut yang biasanya diletakkan pada sanggul.

Demikianlah Cara Sederhana Membuat Kuncup Mawar dari Kain. Mohon maaf jika gambar tutorial dan penjelasannya kurang bisa dipahami :)

0 Response to "Cara Sederhana Membuat Kuncup Mawar dari Kain"

Posting Komentar

DMCA