Ide Kreatif Membuat Bunga Daisy dari Kain Flanel

Bunga daisy adalah keluarga bunga aster yang bentuknya mirip dengan bunga matahari. Nama bunga daisy mungkin belum begitu familiar, namun kecantikan bunga daisy mampu membius siapa saja yang melihatnya.

Bunga Daisy Flanel

Bunga daisy memiliki beberapa warna dengan pusat bunga yang beragam pula sesuai dengan spesiesnya. Karena keindahannya, maka tidak heran jika banyak orang yang memelihara bunga daisy sebagai tanaman hias. Begitu mempesonanya bunga daisy ini, sehingga saya pun berinisiatif untuk membuatnya. Banyak sekali ide-ide kreatif membuat kerajinan. Salah satu ide kreatif adalah membuat bunga daisy dari kain flanel seperti yang saya buat ini dan lihatlah hasilnya...

Contoh kreasi bunga daisy dari kain flanel

Bunga daisy seperti ini sangat cocok diletakkan di sudut ruangan maupun sebagai hiasan meja. Tentunya bukan bunga daisy asli tapi bunga daisy palsu yang dibuat dari bahan sederhana yaitu kain flanel. Hasilnya tidak diragukan lagi. Kecantikan bunga daisy flanel setara dengan bunga daisy asli bukan?

Saya yakin, anda pun juga bisa membuatnya kok. Jangan khawatir tidak bisa karena prosesnya cukup mudah. Bunga daisy dari kain flanel seperti gambar di atas jika dibuat dalam jumlah yang banyak tentu sangat bagus dan bisa dijadikan buket bunga.

Cara Membuat Bunga Daisy Flanel

Untuk membuat bunga daisy kita hanya membutuhkan bahan-bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain flanel
2. Kertas untuk pola
3. Bambu / tusuk sempol
4. Benang
5. Gunting
6. Lem fox dan lem tembak

Langkah-langkah membuat bunga daisy

Tutorial cara membuat bunga daisy dari kain flanel part 1

1. Pertama-tama siapkan kertas hvs atau kertas apa saja untuk membuat pola dasar bunga. Selanjutnya gunting pola dan terapkan pada kain flanel. Kemudian potong kain flanel menurut pola. Potong sebanyak 3 buah. Pada tutorial ini menggunakan kain flanel warna putih.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat tangkai. Potong kain flanel warna hijau kemudian beri lem fox. Setelah itu letakkan bambu/ tusuk sempol. Tambahkan lem jika perlu. Kemudian bungkus bambu/ tusuk sempol dengan kain flanel tadi.

3. Selanjutnya lilitkan  dengan cara spiral benang warna hijau pada tangkai untuk memberikan kesan serat batang.

4. Langkah selanjutnya yaitu membuat pusat bunga. Potong kain flanel warna kuning. Kemudian lipat menjadi dua dan gunting-gunting seperti pada gambar.

5. Nah itu dia penampakan mahkota bunga, tangkai bunga, dan pusat bunga yang siap dibentuk menjadi setangkai bunga daisy.

6. Gulung kain flanel warna kuning tadi pada tangkai untuk membuat pusat bunga. Beri lem tembak dan rekatkan.

Tutorial cara membuat bunga daisy dari kain flanel part 2

7. Lubangi ketiga mahkota bunga tepat di tengah-tengahnya. Kemudian pasang mahkota bunga pada tangkai. Beri lem pada bagian bawah pusat bunga lalu rekatkan dengan mahkota bunga. Pada sisi bawah pusat bunga juga diberi lem lalu rekatkan.

8. Pasangkan mahkota bunga yang lain dan atur berselang-seling sehingga hasilnya bisa dilihat seperti pada gambar.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak bunga. Potong kain flanel warna hijau membentuk lingkaran bergerigi dan lubangi tengahnya.

10. Pasangkan kelopak bunga pada tangkai bunga. Beri lem tembak dan rekatkan pada sisi bawah bunga. Kelopak bunga ini juga berfungsi sebagai dasar bunga.

11. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun seperti pada gambar.

12. Langkah terakhir pasang daun pada tangkai bunga. Buatlah beberapa bunga dengan warna lain agar bunga daisy tampak bervariasi.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Bunga Daisy dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Bunga Daisy dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA