Membuat Gantungan Kunci Model Gajah dari Kain Perca

Masih menyimpan kain perca nih? Enaknya dibuat apa ya? Kebetulan kain perca nya kecil-kecil. Mau dibuat dompet jelas tak cukup. Dibuat pita untuk jepit rambut tapi jepitnya yang nggak ada. Dibuat boneka, tapi boneka apa ya? Ya sudah, dibuat gantungan kunci model gajah saja lah.

Anda juga bisa membuat gantungan kunci model gajah dari kain perca seperti yang saya buat karena proses pembuatan nya sangat mudah. Jika selama ini anda harus membeli gantungan kunci di toko, cobalah untuk membuatnya sendiri. Memang kalau diperhatikan bentuk gantungan kunci model gajah ini biasa saja, tidak sebagus gantungan kunci lain yang banyak dijual di pasaran. Tapi dengan membuat gantungan kunci sendiri, pasti ada nilai tambah.

Seperti inilah penampakan gantungan kunci model gajah dari kain perca.

Gantungan kunci model gajah dari kain perca

Hmmm...lumayan kan dari pada membeli. Hasilnya juga tidak jelek-jelek amat. Bisa dipakai untuk gantungan kunci tas maupun gantungan kunci motor. Gantungan kunci model gajah dari kain perca ini pasti unik karena di toko tidak ada yang menjual. Di luar negeri, boneka mini model gajah dari kain perca dijual dengan harga puluhan dollar. Anda bisa membelinya di situs jual beli.

Nah, dari pada membeli mahal-mahal lebih baik membuat sendiri. Bahannya juga dari kain perca dan membuatnya juga sangat gampang. Berikut ini saya bagikan tutorialnya.

Cara Membuat Gantungan Kunci Gajah

Untuk membuat gantungan kunci gajah ini, anda hanya perlu menyiapkan kertas hvs untuk pola dasar, kain perca, dakron, mote untuk mata gajah, tali kur, gantungan kunci, jarum dan benang serta lem tembak.

Langkah membuat gantungan kunci model gajah

Tutorial gantungan kunci model gajah dari kain perca

1. Pertama-tama kita buat pola dasar gajah pada kertas hvs atau kertas buku juga bisa. Pola terdiri dari pola badan dan telinga gajah.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola gajah pada kain perca yang sudah disiapkan sebelumnya. Lipat kain perca menjadi dua untuk menghasilkan potongan rangkap selanjutnya letakkan pola gajah di atasnya dan digambar. Lakukan hal yang sama untuk bagian telinga gajah.

3. Nah, pada gambar tampak hasil dari potongan pola badan dan telinga gajah.

4. Langkah selanjutnya yaitu membuat ekor gajah dari potongan kain perca berbentuk persegi panjang kecil. Selanjutnya yaitu menjahit pola badan gajah. Masukkan tali kur yang sudah dilipat menjadi dua lalu jahit mengikuti bentuk pola. Masukkan ekornya dan lanjutkan menjahit. Sisakan 1,5 cm untuk membalik kain. Jahit pula untuk bagian telinga gajah.

5. Setelah dijahit selanjutnya balikkan pola badan dan telinga sehingga posisi benang berada di dalam. Selanjutnya masukkan dakron pada badan gajah dan atur agar gajah terbentuk dengan sempurna. Setelah itu jahit lubang tempat masuknya dakron tadi.

6. Pasangkan mote untuk membuat mata gajah. Pasangkan kedua telinga gajah dengan cara dilem tembak. Setelah itu pasangkan gantungan kunci. Dan Proses membuat gantungan kunci model gajah selesai.

Demikianlah sharing pengalaman Membuat Gantungan Kunci Model Gajah dari Kain Perca yang bisa saya bagikan. Selamat memanfaatkan waktu luang untuk berkarya...

0 Response to "Membuat Gantungan Kunci Model Gajah dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA