Tutorial Cara Membuat Wortel dari Kain Flanel

Seperti yang kita ketahui, kerajinan dari kain flanel banyak sekali jenisnya mulai dari bunga, boneka, dompet, tas, kaos, hiasan toples, dan pernak-pernik lainnya yang juga berbahan kain flanel.

Tutorial cara membuat kerajinan dari kain flanel pun sudah begitu banyaknya. Kita bisa menemukannya di berbagai situs kerajinan salah satunya blog ini yang masih eksis membagikan pengalaman dalam hal membuat aneka kerajinan tangan.

Sebagai penulis, sudah menjadi komitmen saya untuk memberikan yang terbaik buat pembaca sekalian. Dan pada kesempatan kali ini, seperti biasanya saya ingin membagikan pengalaman dalam bentuk tutorial cara membuat wortel dari kain flanel untuk melengkapi aneka buah-buahan flanel sebelumnya.

Wortel dari bahan kain flanel

Wortel ini saya buat dengan tujuan untuk hiasan yang ditaruh pada keranjang buah untuk diletakkan pada bufet yang ada di ruang tamu. Kumpulan aneka buah dari kain flanel ini tujuannya memang untuk mempercantik ruangan.

Aneka buah-buahan dari kain flanel

Cara membuat aneka buah-buahan dari kain flanel ini juga sudah saya tulis di blog ini. Dan kini saatnya untuk berbagi cara membuat wortel. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya. Dijamin mudah dan semua pasti bisa.

Cara Membuat Wortel

Untuk membuat wortel ini kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan yaitu:
1. Kain flanel
2. Dakron
3. Jarum dan benang
4. Gunting

Langkah-langkah membuat wortel

Tutorial membuat wortel dari kain flanel

1. Pilih kain flanel warna orange. Selanjutnya potong membentuk segitiga sama kaki dengan alasnya agak melengkung sedikit. Potong juga kain flanel warna hijau untuk membuat daunnya. Potong sebanyak 3 buah.

2. Selanjutnya lipat kain flanel warna orange tadi menjadi dua.

3. Setelah itu jahit dengan teknik tusuk tikam jejak atau bisa juga dengan cara tusuk feston. Gunakan benang dengan warna senada.

4. Balikkan kain flanel yang sudah dijahit dengan bantuan sumpit atau tusuk sate. Usahakan pada ujungnya juga ditusuk-tusuk agar bentuk wortel semakin bagus.

5. Langkah berikutnya masukkan dakron sedikit demi sedikit karena pada ujung wortel harus ditusuk-tusuk lagi sembari memasukkan dakron. Isi lagi dengan dakron sehingga wortel menjadi padat berisi.

6. Setelah itu jahit pinggir wortel dengan cara jahit jelujur. Tarik benangnya hingga agak berkerut namun jangan dipotong dulu benangnya.

7. Langkah selanjutnya yaitu memasang daun. Masukkan ketiga daun wortel yang sudah disiapkan. Kemudian tarik benangnya tadi dan jahit daunnya setelah itu simpulkan dan potong benangnya.

8. Langkah terakhir yaitu membuat efek serat pada wortel. Jahit kedua sisi wortel dengan benang warna orange. Cara menjahitnya yaitu benangnya agak ditarik agar bentuk wortel menjadi lebih natural. Wortel dari kain flanel sudah jadi dan siap ditaruh bersama-sama dengan buah-buahan flanel.

Itulah Tutorial Cara Membuat Wortel dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Wortel dari Kain Flanel "

Posting Komentar

DMCA