Tutorial Mawar Kuncup dari Kain Flanel

Masih dalam rangka menghias ruangan. Setelah membagikan tutorial aneka bunga dan buah, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tutorial cara membuat mawar kuncup dari kain flanel. Mawar kuncup dari kain flanel ini untuk melengkapi buket bunga yang nantinya akan dipajang di ruang tamu.

Ada beraneka bunga dari flanel yang sudah saya buat, namun rasanya kurang lengkap tanpa adanya mawar kuncup. Apalagi masih ada banyak sisa kain flanel yang bisa dimanfaatkan untuk menambah beberapa kuntum bunga yang bisa dijadikan satu dengan bunga-bunga flanel yang lain agar terbentuk rangkaian bunga-bunga yang indah dan beragam.

Kreasi mawar kuncup dari kain flanel

Untuk membuat mawar kuncup ini juga terbilang cukup mudah. Namun jika belum tahu caranya pasti mengira sulit dan memilih untuk membeli bunga yang dijual di toko. Padahal jika bisa membuatnya sendiri tentu hal ini sangat menyenangkan dan membanggakan. Sekali bisa membuat kreasi bunga, bisa jadi anda akan ketagihan dan ingin membuat dan membuat lagi.

Baiklah, agar lebih jelas bagaimana sih cara membuat mawar kuncup dari flanel ini. Berikut ini tutorialnya.

Cara Membuat Mawar Kuncup

Untuk membuat mawar kuncup ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan yaitu:
1. Kain flanel
2. Lidi/ tusuk sate
3. Jarum dan benang
4. Gunting
5. Lem tembak

Langkah-langkah membuat mawar kuncup

Cara membuat mawar kuncup dari kain flanel part 1

1. Potong kain flanel membentuk lingkaran. Gunakan gelas atau cangkir untuk cetakan agar bentuk lingkaran bisa bagus. Potong sebanyak 2 buah.

2. Setelah itu potong menjadi 2 kain flanel berbentuk lingkaran tadi sehingga menghasilkan 4 buah kain flanel berbentuk setengah lingkaran. Langkah ini untuk persiapan membuat mahkota mawar.

3. Langkah selanjutnya jahit kain flanel atau mahkota mawar tadi. Jahit dengan teknik tusuk jelujur. Menjahitnya dari ujung sampai sepertiga bagian. Kemudian letakkan kain flanel berikutnya di atasnya dan lanjutkan menjahit dengan teknik tusuk jelujur.

4. Lakukan hal yang sama pada kain flanel berikutnya. Dan itulah penampakan mahkota mawar flanel yang sudah dijahit semuanya.

Cara membuat mawar kuncup dari kain flanel part 2

5. Selanjutya tarik benangnya sehingga rangkaian mahkota mawar flanel menjadi agak berkerut. Kemudian simpulkan benangnya.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat tangkai bunga. Potong kain flanel warna coklat berbentuk persegi panjang. Bungkus tangkai dengan kain flanel. Untuk daun dan kelopak bunga, pilih kain flanel warna hijau.

7. Untuk membentuk mawar kuncup, gulung mahkota mawar pada tangkai. Rekatkan dengan lem tembak. Setelah itu pasangkan kelopak bunga yang sudah dilubangi tengahnya. Beri lem tembak dan rekatkan pada dasar bunga. Pasangkan juga daunnya.

8. Itulah penampakan mawar kuncup yang sudah jadi.

Bagaimana? Mudah dan simpel bukan? Untuk menghias ruangan agar tampak indah dan asri, buatlah beberapa mawar kuncup dengan warna yang bervariasi.

Demikianlah Tutorial Mawar Kuncup dari Kain Flanel yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Mawar Kuncup dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA