Tutorial Membuat Gantungan Kunci Gajah dari Kain Flanel

Gantungan kunci merupakan alat untuk menggantungkan kunci agar kunci mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu gantungan kunci juga bisa dijadikan sebagai aksesoris untuk mempercantik tas. Bahan untuk membuat gantungan kunci pun sangat beragam.

Setelah membuat gantungan kunci model gajah dari kain perca, kini saatnya saya membagikan tutorial gantungan kunci gajah dari kain flanel. Gantungan kunci gajah dari kain flanel ini bentuknya terbilang unik karena didesain mirip boneka anak perempuan yang memakai rok sehingga bentuknya lucu dan anak-anak pasti suka.

Gantungan kunci gajah dari bahan kain flanel

Gantungan kunci gajah dari kain flanel yang empuk ini juga sangat cocok untuk dijadikan boneka pajangan jika dibuat dengan ukuran yang lebih besar.

Sebenarnya membuat gantungan kunci bentuk apa saja itu sangat mudah asalkan kita bisa membuat polanya. Dan berikut ini tutorial membuat gantungan kunci bentuk gajah dari kain flanel. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari referensi untuk membuat gantungan kunci.

Cara Membuat Gantungan Kunci

Untuk membuat gantungan kunci gajah, peralatan dan bahan yang diperlukan yaitu :
1. Kertas hvs untuk pola
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Mote untuk mata
5. Pita
6. Tali kur
7. Gantungan kunci
8. Jarum dan benang
9. Gunting
10. Lem tembak

Tutorial gantungan kunci gajah dari bahan kain flanel

1. Buatlah pola dasar gantungan kunci gajah pada kertas hvs atau kertas buku. Sedangkan untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan. Pola dasar gantungan kunci gajah berupa pola bagian badan, kepala, kaki, dan telinga.

2. Langkah selanjutnya yaitu menerapkan pola dasar pada kain flanel. Untuk bagian badan potong kain flanel sebanyak 2 buah. Bagian kepala 2 buah. Bagian telinga 2 buah dan bagian kaki berjumlah 4 buah.

3. Selanjutnya jahit bagian pola badan. Gunakan teknik tusuk feston. Sisakan kira-kira 1,5 cm untuk lubang masuknya dakron. Kemudian masukkan dakron dengan bantuan sumpit atau tusuk sate dan lanjutkan menjahit untuk menutup lubang masuknya dakron tadi. Lakukan hal yang sama untuk bagian kepala dan kaki. Untuk bagian kepala tambahkan benang untuk rambut gajah dan pasangkan tali kur.

Setelah bagian-bagian gajah sudah terbentuk selanjutnya gabungkan dengan cara dilem tembak. Pasangkan kepala dan kaki pada tubuh gajah. Pasangkan kedua telinganya juga. Pasangkan mote untuk membuat mata gajah.

Untuk mempercantik gantungan kunci gajah, kita buat rok dari pita yang diwiru dan tambahkan ornamen pita untuk menghias roknya. Setelah itu pasangkan pada tubuh gajah.

5. Langkah terakhir pasangkan gantungan kunci nya dengan cara mengaitkannya pada tali kur. Dan gantungan kunci gajah dari kain flanel sudah jadi.

Bagaimana? Gampang kan? Anda pasti bisa membuatnya bahkan mungkin lebih bagus dari yang saya buat ini.

Kiranya cukup sekian dulu artikel tentang Tutorial Membuat Gantungan Kunci Gajah dari Kain Flanel. Selamat mencoba...

0 Response to "Tutorial Membuat Gantungan Kunci Gajah dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA