Ide Kreatif Membuat Bunga Daffodil dari Kain Flanel

Membuat kreasi bunga dari kain flanel itu sungguh menyenangkan. Selain bisa digunakan sendiri, bunga yang sudah kita buat juga bisa diberikan kepada orang lain sebagai hadiah bahkan bisa juga dijual. Nah, pada kesempatan kali ini kembali lagi penulis ingin berbagi ide kreatif yaitu membuat bunga daffodil dari kain flanel.

Bunga daffodil mungkin belum begitu familiar di telinga kita. Hal ini dikarenakan bunga ini umumnya tumbuh di Eropa dan Cina. Meski demikian, tidak ada salahnya jika bunga yang lumayan cantik ini kita buat versi palsunya. Dan inilah penampakannya ...

Kreasi Bunga Daffodil dari Kain Flanel

Bagaimana? Mirip tidak dengan bunga daffodil aslinya? Cara membuat bunga daffodil dari kain flanel ini juga terbilang sangat mudah. Jadi cocok sekali jika digunakan untuk prakarya anak yang sedang ada tugas kerajinan.

Cara Membuat Bunga Daffodil

Untuk membuat bunga daffodil ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut ini :
1. Kain flanel
2. Batang bambu/ tusuk sempol
3. Solasi hijau
4. Jarum dan benang
5. Gunting
6. Lem tembak

Step by step membuat bunga daffodil

Tutorial Bunga Daffodil dari bahan Kain Flanel part 1

1. Pertama-tama siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kain flanel warna putih, kuning, dan hijau.

2. Bungkus batang bambu atau tusuk sate dengan solasi hijau untuk membuat tangkai bunga.

3. Potong kain flanel warna kuning sebanyak dua buah dengan ukuran yang berbeda. Potongan kain ini digunakan untuk putik bunga dan bagian tengah bunga daffodil.

4. Gunting-gunting potongan kain flanel untuk putik bunga. Dan gunting kain flanel dengan guntingan bergerigi untuk bagian tengah bunga daffodil.

5. Setelah itu lingkarkan potongan kain flanel yang digunting bergerigi tadi. Selanjutnya jahit dengan tusuk jelujur dan tarik benangnya namun benang jangan dipotong dulu.

6. Langkah selanjutnya, ambil tangkai bambu dan pasang putik bunga dengan cara dilem tembak. Selanjutnya masukkan tangkai pada tengahnya bunga yang bergerigi tadi dan tarik lagi benangnya, kemudian simpulkan benangnya.

Tutorial Bunga Daffodil dari bahan Kain Flanel part 2

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat mahkota bunga daffodil. Potong kain flanel warna putih seperti pada gambar. Potong sebanyak 6 buah.

8. Rangkai semua mahkota bunga dengan cara ditumpuk agak berjajar. Gunakan lem tembak kemudian rekatkan.

9. Langkah selanjutnya beri lem tembak di tengah-tengah bunga dan masukkan tangkai bunga pada lubang bunga kemudian rekatkan.

10. Buat kelopak bunga dari kain flanel warna hijau yang dipotong menyerupai kelopak bunga. Lubangi tengahnya kemudian masukkan tangkai pada lubang kelopak bunga. Beri lem tembak dan rekatkan.

11. Potong kain flanel warna hijau menyerupai bentuk daun. Beri lem tembak dan rekatkan daun pada tangkai dan selesai.

12. Buat beberapa kuntum bunga daffodil dan taruh semua bunga pada vase bunga yang telah disediakan.

Itulah Ide Kreatif Membuat Bunga Daffodil dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Bunga Daffodil dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA