Mengenal Jenis-jenis Mesin Jahit dan Fungsinya

Mesin jahit adalah peralatan penting yang harus dimiliki seorang penjahit. Untuk bisa menghasilkan pakaian yang berkualitas hanya bisa diwujudkan dengan adanya peralatan yang memadai dalam hal ini adalah mesin jahit. Mengingat begitu pentingnya peralatan ini, mengenal jenis-jenis mesin jahit dan fungsinya menjadi hal yang wajib khususnya untuk pemula yang ingin menjadi penjahit professional atau ingin mulai membuka usaha konveksi.

Jenis-jenis Mesin Jahit dan Fungsinya

Seperti yang kita ketahui, mesin jahit fungsinya untuk menggabungkan bagian-bagian pakaian sehingga menjadi pakaian yang diinginkan. Selain untuk menjahit pakaian, mesin jahit juga bisa digunakan untuk menjahit tas, dompet, topi, dan produk-produk lainnya. Dengan menjahit menggunakan mesin jahit, diharapkan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dibandingkan dengan menggunakan tangan. Hasil jahitan dengan mesin juga lebih kuat dan rapi.

Mesin jahit bukan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk pemula yang baru mengenal dunia jahit-menjahit dan ingin menekuninya, tentu saja mesin jahit menjadi barang yang harus dimiliki. Ketika menjahit sudah menjadi hobby, maka tidak menutup kemungkinan jika suatu saat nanti yang awalnya dari hobby akhirnya mengantarkan anda menuju kesuksesan.



Berikut ini mesin jahit yang sering digunakan ibu-ibu rumah tangga serta beberapa jenis mesin jahit yang sering digunakan perusahaan garment dan para penjahit professional sebagai bekal mata pencaharian mereka.

Mesin Jahit Klasik


Contoh mesin jahit klasik dan fungsinya

Mesin jahit klasik disebut juga mesin jahit tradisional. Sebelum ada mesin jahit ini ada mesin jahit yang menggunakan tangan karena cara menggunakannya di putar dengan tangan untuk menggerakkan mesin. Seiring dengan perkembangan zaman, mesin jahit klasik yang awalnya menggunakan tangan didesain menjadi lebih efisien yaitu digerakkan dengan kaki. Namun kini mesin jahit klasik ada yang menggunakan dynamo yang dihubungkan dengan listrik untuk mempermudah pekerjaan.

Mesin Lubang Kancing


Contoh mesin lubang kancing dan fungsinya

Seperti yang sering kita lihat, pakaian seperti kemeja dan t-shirt selalu menggunakan kancing sebagai aksesorisnya. Mesin jahit ini mungkin bukan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi karena untuk membuat lubang kancing, kita bisa menjahit secara manual dengan tangan. Namun untuk penjahit professional tentu saja memiliki mesin lubang kancing merupakan keharusan. Karena tidak mungkin mereka menjahit menggunakan tangan ketika membuat lubang kancing.



Dengan adanya mesin lubang kancing akan memudahkan pekerjaan. Mesin ini digunakan untuk membuat jahitan pinggiran pada lubang kancing. Agar lubang kancing yang sudah di sobek tidak sobek atau memanjang kemana mana, dengan adanya jahitan pada tepi lubang kancing ini memberikan batas untuk kancing itu sendiri. Mesin lubang kancing akan membantu anda untuk membuat lubang kancing di tempat yang tepat. Pada beberapa tipe mesin ini, anda tidak hanya bisa membuat lubang kancing tapi sekaligus memasang kancingnya. Namun harga mesinnya cukup mahal.

Mesin Jahit Obras


Contoh mesin obras dan fungsinya

Pada dasarnya mesin jahit obras digunakan untuk merapikan jahitan. Maksudnya yaitu agar bahan yang sudah dijahit serat kainnya yang ada di pinggir tidak lepas maka dengan adanya mesin jahit obras akan memperkuat jahitan. Mesin jahit obras dilengkapi dengan pisau pemotong agar jahitan menjadi lebih rapi dan agar serat kain tidak terburai.

Mesin Neci


Contoh mesin neci dan fungsinya

Mesin neci digunakan untuk menjahit tepian kain. Biasanya tepi kain dijahit kelim. Pada pembuatan kerudung misalnya. Dengan adanya mesin neci, maka tepian kain akan lebih rapi karena dilengkapi dengan pisau pemotong. Untuk anda yang ingin membuka usaha kerudung pashmina, mesin neci merupakan peralatan yang wajib anda miliki.

Mesin Jahit High Speed


Contoh mesin jahit high speed dan fungsinya

Dari namanya kita bisa mengetahui bahwa mesin jahit ini adalah mesin dengan kecepatan tinggi. Dengan system yang sudah dilengkapi dengan pemotong benang sendiri dan mengunci jahitan di awal dan di akhir penjahitan. Pengguna mesin ini tentu harus memiliki keahlian khusus. Menggunakan mesin jahit ini memberikan kualitas jahitan yang baik, dan hasil penjahitan juga lebih banyak sehingga tingkat efisien waktu lebih hemat, dan tentunya akan menekan biaya produksi. Mesin ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuka usaha konveksi.

Mesin Jahit Automatic


Contoh mesin jahit automatic dan fungsinya

Mesin jahit automatic sudah menggunakan sistem digital dalam penggunaannya. Mesin ini dibekali dengan sistem komputer dengan kecepatan tinggi, memberikan anda sensasi dan sentuhan yang baru pada mesin jahit ini. Layar monitor disediakan kepada pengguna untuk melakukan penyetelan dari tahap awal sampai akhir proses menjahit. Hanya dengan menekan tombol konfigurasi yang ada pada bagian body mesin, kita bisa mendapatkan berbagai jenis jahitan.

Mesin ini juga dilengkapi alat memotong benang secara otomatis, mengikat jahitan di bagian awal dan akhir bahkan mampu mengatur pada langkah ke berapa jahitan akan berhenti. Mesin jahit digital ini cocok untuk industri kreatif karena variasi jahitan di mesin ini cukup banyak, jadi kreativitas kita bisa disalurkan di mesin jahit ini.

Mesin Jahit Jarum Dua Rantai


Contoh mesin jahit dua jarum dan fungsinya


Mesin ini menggunakan dua jarum untuk menghasilkan dua baris jahitan rantai yang tegas dan elastis, cocok untuk jahitan biasa dan jahitan dekoratif. Mesin jahit dengan tipe ini biasanya digunakan untuk menjahit bedcover, pakaian dalam, material kulit, dan jahitan dekoratif lainnya. Mesin jahit ini banyak digunakan di industri garment dan usaha konveksi yang memproduksi kaos dan menjadi salah satu standar jahitan yang diberikan oleh pemesan.

Mesin Jahit Overdeck


Contoh mesin jahit overdeck dan fungsinya

Mesin jahit ini bisa digunakan untuk teknik jahitan tingkat dasar dan tingkat lanjut. Selain bisa digunakan untuk menjahit bahan dasar kaos, mesin ini juga bisa digunakan untuk menjahit ritsleting nilon yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Mesin jahit tipe ini memiliki kelebihan karena mampu meredam kebisingan yang dihasilkan pada saat proses menjahit berlangsung. Namun demikian mesin jahit ini harus dirawat dengan servis khusus. Mesin jahit overdeck ini biasanya digunakan oleh industri garment dan pabrik sepatu.

Mesin Jahit Overlock


Contoh mesin jahit overlock dan fungsinya

Mesin jahit overlock adalah mesin yang digunakan untuk menjahit atau menggabungkan dua bahan jahitan. Mesin ini juga bisa digunakan untuk menjahit tepi bahan. Hasil jahitan dari mesin overlock ini mirip dengan jahitan obras bedanya jahitan overlock lebih halus dan rapi.

Mesin Jahit Zig-zag


Contoh mesin jahit zig-zag dan fungsinya

Mesin jahit zig-zag adalah mesin yang dikhususkan untuk menyambung dua bahan. Biasanya mesin khusus jahitan zig-zag ini digunakan oleh industri berskala besar misalnya industri garment dan pabrik sepatu untuk memudahkan proses produksi. Kini mesin jahit portable juga mampu membuat jahitan zig-zag.

Mesin Jahit Bordir


Contoh mesin jahit bordir dan fungsinya

Mesin jahit bordir ini digunakan untuk membuat bordiran atau menyulam secara otomatis tanpa menggunakan tangan. Mesin ini dipakai untuk membuat pola pada selembar kain dengan sulaman benang. Mesin ini bekerja professional dan terhubung dengan komputer serta memiliki kualitas yang bagus. Mesin bordir komputer dengan harga yang terjangkau dapat beradaptasi dengan penggunanya.

Dengan menggunakan mesin bordir, anda dapat membuat sebuah desain yang cantik serta rumit dengan mudah. Anda juga bisa membuat desain bordir pada baju anda sendiri contohnya adalah kebaya dengan bordir di sekelilingnya. Selain hasilnya yang sangat bagus, desain pada motifnya juga sangat cantik. Mesin bordir ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuka usaha butik.

Itulah pembahasan tentang jenis-jenis mesin jahit yang perlu kita ketahui. Dengan Mengenal Jenis-jenis Mesin Jahit dan Fungsinya tentunya kita semakin memahami bahwa untuk menghasilkan produk berkualitas ternyata dibutuhkan peralatan yang memadai sebagai sarana produksi.

0 Response to "Mengenal Jenis-jenis Mesin Jahit dan Fungsinya"

Posting Komentar

DMCA