Ide Kreatif Membuat Bunga Matahari dari Kain Perca Satin

Anda butuh bross atau aksesoris rambut? Yuk membuat bross atau aksesoris dari kain perca. Dan pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan ide kreatif membuat bunga matahari dari bahan kain perca satin. Mengapa harus kain perca? Karena memanfaatkan sesuatu yang kelihatannya tidak berguna yaitu kain perca, kemudian menyulapnya menjadi sesuatu yang lebih berguna itu merupakan hal yang menarik bukan?

Membuat Bunga matahari dari kain perca satin

Bagaimana? lumayan kan untuk dijadikan bross atau aksesoris rambut. Apalagi jika dibuat dengan ukuran mini pasti sangat cocok digunakan untuk melengkapi penampilan muslimah yang ingin tampil cantik dengan balutan hijab. Bunga matahari dari kain perca satin seperti ini juga sangar cantik untuk dijadikan aksesoris rambut misalnya jepit dan bando juga ikat rambut.

Cara Membuat Bunga Matahari

Nah, bagi anda yang kebetulan memiliki banyak kain perca, alangkah baiknya memanfaatkan kain perca tersebut untuk membuat bunga matahari seperti gambar di atas. Untuk membuat bunga matahari ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan yaitu :
1. Kain perca satin
2. Kain perca motif polkadot
3. Kain flanel
4. Kertas karton
5. Jarum dan benang
6. Gunting
7. Lem tembak
8. Korek gas

Langkah-langkah membuat bunga matahari


Tutorial membuat bunga matahari dari kain perca satin part 1

1. Pertama-tama potong kain satin dan kain motif polkadot membentuk lingkaran dengan diameter 6 cm. Potong kain satin sebanyak 5 buah dan kain motif polkadot 1 buah. Pada tutorial ini kain motif polkadotnya sangat tipis jadi harus didobel.

2. Langkah selanjutnya potong lagi kain satin berbentuk lingkaran tadi menjadi 2 bagian sehingga didapat potongan setengah lingkaran sebanyak 10 buah.

3. Lipat kain satin menjadi dua selanjutnya jahit tepinya untuk menggabungkan. Lakukan hal yang sama pada semua potongan kain tadi. Setelah itu bakar pinggir kain agar serat kain tidak terburai.

4. Setelah semua mahkota bunga dijahit selanjutnya balikkan. Rapikan ujungnya dengan sumpit atau tusuk sate agar terbentuk sudut yang bagus.

5. Setelah itu tangkupkan dan jahit jelujur dengan posisi sambungan berada di tengah. Kemudian tarik benangnya, ikatkan dan simpulkan kemudian bakar pinggir kainnya agar rapi.

6. Potong kain flanel berbentuk lingkaran berdiameter 3 cm. Beri lem tembak dan tempelkan 10 mahkota bunga secara melingkar.

Tutorial membuat bunga matahari dari kain perca satin part 2

7. Nah, itu dia penampakan mahkota bunga setelah ditempelkan pada kain flanel.

8. Langkah selanjutnya, potong kertas karton berbentuk lingkaran dengan diameter 4 cm. Kemudian jahit jelujur kain motif polkadot tadi. Masukkan potongan kertas karton dan tarik benangnya sehingga kertas karton terbungkus kain.

9. Jahit dan kaitkan benangnya pada sisi kain. Tarik benangnya agar kain menjadi rapat dan hasilnya rapi.

10. Langkah terakhir, beri lem tembak lalu pasangkan lingkaran motif polkadot pada tengah bunga matahari. Dan bunga matahari dari kain perca satin sudah jadi dan siap digunakan untuk bross atau aksesoris rambut.

Demikianlah sharing Ide Kreatif Membuat Bunga Matahari dari Kain Perca Satin. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Bunga Matahari dari Kain Perca Satin"

Posting Komentar

DMCA