Cara Membuat Bross Kupu-kupu Cantik dari Kain Satin

Untuk para hijaber yang sedang membutuhkan bross, mungkin bross kupu-kupu dari kain satin adalah aksesoris yang bisa anda pilih untuk mempercantik kerudung anda. Bross kupu-kupu ini dibuat dari kain satin. Jadi anda kebetulan masih menyimpan perca, maka tidak ada salahnya menyulap kain perca tersebut menjadi bross yang cantik. Dan pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi cara membuat bross kupu-kupu cantik dari kain satin. Berikut ini penampakannya.

Bross kupu-kupu cantik dari bahan kain satin

Bagaimana? Memang cantik kan bross kupu-kupu dari kain satin yang sudah kami buat ini ? Cara membuatnya juga terbilang mudah yaitu dengan teknik melipat-lipat. Selain bisa digunakan untuk bross, kupu-kupu cantik dari kain satin ini juga bisa digunakan sebagai hiasan jepit rambut dan hiasan baju.

Penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat bross kupu-kupu seperti yang sudah kami buat? Berikut ini saya bagikan tutorialnya. Simak baik-baik ya...

Cara Membuat Bross Kupu-kupu

Untuk membuat bross kupu-kupu ini, kita hanya membutuhkan kain perca satin. Mengapa kain satin? Itu karena kain satin memiliki keistimewaan yaitu coraknya mengkilap. Oke deh, untuk lebih jelasnya berikut ini bahan dan peralatan yang diperlukan.

Bahan dan peralatan
1. Kain perca satin
2. Kain keras
3. Peniti bross
4. Manik-manik/ kancing hias
5. Korek gas
6. Jarum + Benang
7. Gunting
8. Lem tembak

Jika semua bahan dan peralatan sudah disiapkan, berikut ini adalah langkah-langkah membuat bross kupu-kupu dari kain satin.

Tutorial membuat bross kupu-kupu cantik dari bahan kain satin 1

1. Potong kain satin membentuk persegi panjang berukuran 5 cm x 10 cm sebanyak dua helai. Potongan bentuk persegi berukuran 5 cm x 5 cm sebanyak dua helai. Dan potongan bentuk persegi berukuran 3 cm x 3 cm sebanyak dua helai.

2. Selanjutnya yaitu melipat kain untuk membuat sayap bagian atas. Kita gunakan kain yang ukurannya 5 cm x 10 cm. Sebelum melipatnya, bakar dulu sisi lebar kain agar serat kain tidak terburai. Kemudian lipat kain menjadi dua seperti pada gambar.

3. Setelah itu lipat lagi menyamping sehingga menjadi lipatan segitiga kemudian bakar tepinya agar serat kain tidak terburai.

4. Lakukan hal yang sama pada kain yang satunya. Lipat dengan arah berlawanan dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

Tutorial membuat bross kupu-kupu cantik dari bahan kain satin 2

5. Langkah selanjutnya yaitu membuat wiru pada lipatan segitiga tadi. Dan hasilnya menyerupai bentuk daun. Setelah itu jahit agar tidak mudah lepas. Kemudian rapikan dan bakar ujungnya. Lakukan hal yang sama untuk yang satunya dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

6. Langkah selanjutnya yaitu membentuk sayap kupu-kupu bagian bawah. Gunakan kain yang berukuran 5 cm x 5 cm. Lipat kain menjadi bentuk segitiga kemudian diwiru lalu jahit agar tidak mudah lepas kemudian gunting ujungnya dan dibakar. Lakukan hal yang sama untuk yang satunya dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat kepala dan ekor kupu-kupu. Gunakan kain yang berukuran 3 cm x 3 cm. Lipat kain menjadi bentuk segitiga kemudian lipat lagi menjadi bentuk segitiga. Setelah itu bakar ujungnya dan gunting bawahnya lalu bakar dengan korek gas.

8. Langkah selanjutnya yaitu merangkai semua bagian sayap, badan dan ekor menjadi bentuk menyerupai kupu-kupu. Gunakan lem tembak sebagai perekat.

9. Setelah terbentuk menyerupai kupu-kupu selanjutnya oleskan lem tembak dan pasangkan kancing hias di tengahnya.

10. Langkah terakhir, pasangkan kain keras seperti pada gambar untuk alas bross kupu-kupu. Kemudian tempelkan peniti bross agak ke atas sedikit agar bross bisa tegak ketika dipakai.

Demikianlah Cara Membuat Bross Kupu-kupu Cantik dari Kain Satin yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Bross Kupu-kupu Cantik dari Kain Satin"

Posting Komentar

DMCA