Cara Mudah Membuat Bross Kanzashi dari Kain Satin

Tahu kan kain satin? Itu loh, kain yang halus kalau diraba dan coraknya mengkilap serta terkesan mewah. Kain satin itu sendiri banyak jenisnya. Ada tingkatan-tingkatan dengan kisaran harga yang bervariasi. Nah, pada kesempatan kali ini, lagi-lagi penulis ingin berbagi pengalaman membuat bross kanzashi. Ya, kanzashi adalah seni melipat-lipat kain yang terkenal di Jepang itu kan? Ada banyak cara dalam membuat kanzashi. Namun untuk kali ini saya ingin berbagi cara mudah membuat bross kanzashi dari kain satin yang memang paling mudah menurut saya.

Beberapa waktu lalu di blog ini sudah pernah memposting cara membuat bross bunga kanzashi. Namun yang ini adalah yang lebih mudah. Meskipun caranya cukup mudah dan sederhana, namun bukan berarti hasilnya sesederhana caranya. Karena setelah jadi, ternyata hasilnya yang berupa bunga sangat bagus dan bisa dipakai sendiri bahkan dijual hehe. Kegiatan membuat bross kanzashi seperti ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang. Untuk anda yang ingin menambah penghasilan, mungkin ide membuat bross kanzashi dari kain satin ini layak untuk dicoba.

Bross kanzashi model bunga dari kain satin

Bagaimana? cantik tidak bross kanzashi nya? Meskipun mudah, kalau belum tahu sama sekali caranya bisa jadi menjadi sebuah pertanyaan. Ini kok bisa mekar, ini kok bisa melengkung dan datar begitu. Baiklah, agar tidak penasaran lagi langsung saja ya simak tutorial membuat bross kanzashi berikut ini.

Cara Membuat Bross Kanzashi

Untuk membuat bross kanzashi, kita hanya perlu menyiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain satin
2. Kain keras
3. Kancing hias
4. Peniti bross
5. Gunting
6. Korek gas
7. Lem tembak

Step by step membuat bross kanzashi

Tutorial bross kanzashi model bunga dari kain satin part 1

1. Pilih kain satin yang warnanya sesuai dengan selera anda. Siapkan kain keras dan potong menjadi bentuk lingkaran. Pada tutorial ini yang digunakan adalah potongan kain keras yang sudah jadi biasanya dijual di toko-toko kerajinan. Siapkan pula kancing hias untuk mempercantik tampilan bross.

2. Potong kain satin membentuk potongan persegi dengan ukuran 5 cm x 5 cm. Potong sebanyak 6 lembar.

3. Langkah selanjutnya lipat potongan kain satin tadi. Lipat menjadi dua dengan mempertemukan ujung-ujungnya sehingga bentuknya menjadi bentuk segitiga. Kemudian lipat lagi kedua sisinya ke tengah seperti pada gambar.

4. Setelah itu lipat lagi sehingga membentuk segitiga yang lebih kecil. Setelah itu potong sedikit ujungnya lalu dibakar. Tekan-tekan agar menyatu. Potong pada bagian sisi-sisinya yang kurang rapi lalu dibakar dan ditekan-tekan. Lakukan hal yang sama sehingga didapat 6 mahkota bunga seperti pada gambar.

5. Selanjutnya beri lem tembak pada bagian bawah seperti pada gambar lalu tekan-tekan agar melekat dan bagian bawah mahkota bunga menjadi datar.

6. Lakukan hal yang sama pada semua mahkota bunga sehingga hasilnya tampak seperti pada gambar.

Tutorial bross kanzashi model bunga dari kain satin part 2

7. Langkah selanjutnya yaitu merangkai semua mahkota bunga kanzashi menjadi bentuk bunga. Beri lem tembak pada sisi-sisinya dan tempel kan satu sama lain. Dan jadilah bunga kanzashi.

8. Untuk dasaran bunga, gunakan kain keras tadi. Beri lem tembak secukupnya lalu tempel kan bunga kanzashi nya.

9. Langkah terakhir, tempelkan kancing hias di tengah-tengah bunga. Dan bunga kanzashi siap digunakan untuk bross dengan memasangkan peniti bross pada kain keras tadi.

Selain untuk bross, bunga kanzashi seperti pada gambar di atas juga bisa digunakan untuk aksesoris rambut dan sebagainya.

Itulah Cara Mudah Membuat Bross Kanzashi dari Kain Satin yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Bross Kanzashi dari Kain Satin"

Posting Komentar

DMCA