Ide Kreatif Membuat Mawar dari Kain Satin

Hallo pembaca sekalian...sudah lama juga ya saya tidak update artikel di blog ini. Ok deh, kembali lagi tulisan saya hadir, kali ini saya ingin membagikan ide kreatif membuat mawar dari kain satin. Mawar dari kain satin ini nantinya bisa digunakan untuk aksesoris misalnya bross dan hiasan bando.

Mawar Satin

Setelah membuat kreasi bunga sederhana dari kain satin untuk aksesoris yang tutorial nya sudah saya bagikan di sini, ada lagi nih mawar satin yang bentuknya tidak kalah menarik dan bagus untuk dijadikan aksesoris. Mawar satin seperti ini biasanya digunakan untuk menghias sanggul. Oh ya, kebetulan saya punya saudara yang memiliki salon rias. Jadi apapun yang sudah kami buat ini tidaklah sia-sia karena bisa digunakan untuk menambah pernak-pernik yang sekiranya dibutuhkan oleh tukang rias.

Membuat Mawar dari Kain Satin

Nah, seperti itulah mawar satin yang sudah kami buat. Lumayan juga untuk menambah inventaris salon milik saudara hehe. Biasanya mawar seperti itu, cara menggunakannya disematkan pada jilbab yang modelnya seperti kerpus. Kalau tidak salah namanya turban. Saya kurang paham, yang saya tahu berdandan dengan model jilbab seperti itu biasanya waktu ada acara seperti karnaval yang diikuti anak-anak dari sekolah Islam.

Cara Membuat Mawar Satin

Ya sudah, itulah cerita tentang mawar satin dan kegunaannya. Berikut ini saya bagikan cara membuatnya. Untuk membuat mawar satin, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan yaitu :
1. Kain satin
2. Kain flanel
3. Korek gas
4. Jarum dan benang
5. Gunting
6. Lem tembak

Langkah-langkah membuat mawar satin

Tutorial Membuat Mawar dari Kain Satin part 1

1. Potong kain satin warna apa saja dengan bentuk lingkaran berukuran diameter 4 cm. Potong sebanyak 16 lembar. Untuk ukuran mawar bisa disesuaikan dengan keinginan.

2. Langkah berikutnya, lipat kain menjadi dua sehingga bentuknya menjadi bentuk setengah lingkaran. Kemudian jahit pinggirnya dengan teknik tusuk jelujur lalu tarik benangnya hingga berkerut dan simpulkan benangnya. Lakukan hal yang sama untuk semua potongan kain tadi. Setelah itu bakar pinggir kain yang dikerut menggunakan korek gas agar serat kain tidak mudah terburai.

3. Itulah penampakan semua mahkota mawar. Kemudian bagi untuk dijadikan tiga layer yang terdiri dari 3, 5, dan 7 mahkota mawar.

4. Kita lanjutkan merangkai mahkota mawar menjadi rangkaian yang pertama. Pada langkah ini yang dirangkai adalah 3 mahkota mawar kemudian satukan ujungnya.

5. Lakukan hal yang sama yaitu merangkai 5 mahkota mawar dan menyatukan ujungnya.

6. Untuk hasilnya maka akan tampak seperti pada gambar.

Tutorial Membuat Mawar dari Kain Satin part 2

7. Kita lanjutkan lagi merangkai 7 mahkota mawar.

8. Dan itulah penampakan ketiga layer mahkota mawar yang sudah dirangkai.

9. Langkah selanjutnya potong kain flanel berbentuk lingkaran untuk dasar mawar satin.

10. Langkah berikutnya yaitu menempelkan rangkaian mahkota mawar yang terdiri dari 7 mahkota mawar atau yang paling besar. Beri lem tembak di sela-sela yang belum ada lemnya kemudian rekatkan. Oleskan lem tembak pada kain flanel dan masukkan kemudian tempelkan bagian mawar yang terdiri dari 5 mahkota mawar. Tekan-tekan agar menempel. Kemudian oleskan lem tembak pada dasar bunga dan masukkan kemudian tempelkan bagian mawar yang terdiri dari 3 mahkota mawar. Tekan-tekan dan atur bentuknya.

11. Lipat sisa kain yang berbentuk lingkaran tadi menjadi bentuk kuncup seperti pada gambar kemudian masukkan dan tempelkan di tengah-tengah bunga dan selesai.

12. Itulah mawar satin yang sudah jadi dan siap digunakan untuk aksesoris.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Mawar dari Kain Satin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Mawar dari Kain Satin"

Posting Komentar

DMCA