Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut Kanzashi Kupu-Kupu

Masih dalam rangka membuat aksesoris rambut. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan ide kreatif dan cara membuat ikat rambut kanzashi kupu-kupu. Siapa sih yang tidak kenal dengan teknik kanzashi atau seni melipat-lipat kain menjadi berbagai kreasi yang indah salah satunya kanzashi kupu-kupu.

Nah, bagi anda khususnya ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang dan berniat ingin memanfaatkan waktu luangnya untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat, kegiatan membuat kanzashi kupu-kupu sepertinya layak anda coba. Jangan khawatir kesulitan membuatnya, karena membuat kanzashi kupu-kupu ini terbilang cukup mudah. Jadi tunggu apa lagi, yuk bunda berkreasi untuk sang buah hati.

Ikat Rambut Kanzashi Kupu-kupu

Seperti biasanya, ikat rambut kanzashi kupu-kupu ini masih menggunakan bahan yaitu kain perca satin atau kain apalah namanya yang penting mengkilap, berkilau sehingga bagus digunakan sebagai bahan aksesoris.




Selain bisa dipakai sendiri  untuk putri tercinta, ikat rambut kanzashi kupu-kupu ini juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan karena bahan yang digunakan juga sangat sederhana yaitu dari ikat rambut polosan yang dihiasi dengan kreasi dari kain perca untuk meningkatkan nilai jual. Anda bisa membandingkan sendiri memakai ikat rambut polos dengan ikat rambut kanzashi kupu-kupu. Tentunya ikat rambut kanzashi kupu-kupu akan jauh lebih menarik apalagi jika yang memakai anak perempuan anda yang sedang lucu-lucunya.

Dan seperti di bawah inilah penampakan ikat rambut kanzashi kupu-kupu yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Ikat rambut kanzashi kupu-kupu cantik

Bagaimana? Bagus kan? Penasaran ingin tahu cara membuatnya? Baiklah, simak baik-baik ya sharing tutorial ikat rambut kanzashi kupu-kupu berikut ini.

Cara Membuat Ikat Rambut Kanzashi 

Untuk membuat ikat rambut kanzashi kupu-kupu, bahan dan peralatan yang kita butuhkan adalah :
1. Kain perca satin
2. Kain flanel
3. Putik imitasi
4. Kancing hias
5. Ikat rambut
6. Korek gas
7. Jarum dan benang
8. Gunting
9. Lem Tembak.

Jika semua bahan dan peralatan sudah disiapkan, anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Gambar tutorial ikat rambut kanzashi kupu-kupu part 1

1. Potong kain satin berbentuk persegi berukuran 7 cm x 7 cm sebanyak 4 lembar, 5 cm x 5 cm sebanyak 4 lembar untuk bagian sayap, dan 3 cm x 3 cm sebanyak 2 lembar untuk bagian kepala dan ekor kupu-kupu. Pada tutorial ini digunakan kain satin warna putih dan merah jambu.

2. Selanjutnya kain satin warna putih yang berukuran 7 cm x 7 cm dilipat menjadi dua menjadi lipatan bentuk segitiga. Selanjutnya lipat lagi menjadi lipatan segitiga. Setelah itu sematkan jarum pentul.

3. Lipat kain satin warna merah jambu yang berukuran 5 cm x 5 cm dengan cara yang sama seperti kain warna putih tadi. Selanjutnya tumpuk kain dengan posisi kain warna merah jambu menumpuk kain warna putih.

4. Langkah selanjutnya buat lipatan atau wiru seperti pada gambar setelah itu jahit agar lipatan tidak mudah lepas.

5. Langkah berikutnya yaitu menggunting pada bagian sisi bawah yang dilipat tadi agar rapi kemudian membakarnya. Setelah dibakar, tekan-tekan bagian ujung dan bawahnya agar menempel.

6. Lakukan hal yang sama pada kain yang lainnya dengan arah berlawanan dan hasilnya tampak seperti pada gambar. Sehingga didapat 4 sayap kupu-kupu dengan lipatan saling berhadapan. Pada gambar tampak bagian kepala kupu-kupu. Cara membuatnya yaitu dengan melipat kain satin warna putih berukuran 3 cm x 3 cm. Lipat menjadi bentuk segitiga. Lalu membuat wiru. Setelah itu gunting ujung dan bawahnya lalu dibakar dengan korek gas.

Gambar tutorial ikat rambut kanzashi kupu-kupu part 2

7. Kita lanjutkan membentuk ekor kupu-kupu. Lipat kain satin warna putih yang berukuran 3 cm x 3 cm menjadi bentuk segitiga lalu lipat menjadi dua. Gunting ujung dan bawahnya lalu bakar dengan korek gas.

8. Langkah selanjutnya yaitu merangkai semua bagian sayap, kepala dan ekor menjadi bentuk menyerupai kupu-kupu dengan cara menempelkannya satu-persatu.

9. Langkah selanjutnya, oleskan lem tembak dan pasang kancing hias di tengah-tengah kanzashi kupu-kupu.

10. Selanjutnya pasangkan putik imitasi sebagai antena. Potong kain flanel berbentuk persegi panjang berukuran 2 cm x 5 cm untuk alas kanzashi kupu-kupu. Kemudian tempelkan kupu-kupu pada kain flanel tadi.

11. Langkah selanjutnya yaitu menempelkan ikat rambut polosan pada kanzashi kupu-kupu yang sudah dibuat. Beri lem tembak dan kaitkan kain flanel tadi untuk menutup ikat rambut lalu tekan-tekan.

12. Selesai. Ikat rambut kanzashi kupu-kupu sudah jadi dan siap dipakai sendiri atau untuk dijual. Biasanya ikat rambut seperti ini dibuat berpasangan.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut Kanzashi Kupu-Kupu yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Ikat Rambut Kanzashi Kupu-Kupu"

Posting Komentar

DMCA