Membuat Hiasan Pohon Jeruk Kingkit dari Kain Flanel

Pada musim penghujan seperti sekarang ini pohon-pohon nampak segar begitu pula tanaman jeruk yang ada di halaman rumah saya. Adalah jeruk kingkit namun kami menyebutnya jeruk kikik. Jeruk ini bukan jeruk sebenarnya karena tujuannya hanya sebagai tanaman hias saja. Entah benar apa salah saya menyebutnya jeruk kingkit. Yang jelas buahnya warnanya merah dan ada juga yang warna kuning.

Setelah mengamati pohon jeruk kingkit yang ada di depan rumah saya, akhirnya muncullah ide untuk membuat hiasan pohon jeruk kingkit dari kain flanel. Niatnya sih ingin membuat semacam bonsai pohon jeruk untuk hiasan. Tapi jadinya seperti di bawah ini deh pemirsa.

Pohon jeruk kingkit dari kain flanel

Bagaimana? Mirip kan dengan tanaman jeruk kingkit asli? Lumayan juga loh untuk prakarya anak sekolah karena cara membuatnya juga tergolong mudah. Namun meskipun mudah jika belum tahu caranya tentunya akan menjadi tanda tanya. Baiklah, agar anda juga bisa membuatnya, simak ya ...

Cara Membuat Pohon Jeruk Kingkit

Untuk membuat pohon jeruk kingkit ini, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan seperti berikut ini.
1. Kain flanel
2. Kawat
3. Kertas koran
4. Solasi hijau
5. Dakron
6. Gunting
7. Jarum dan benang
8. Lem tembak

Langkah-langkah membuat pohon jeruk kingkit

Tutorial Pohon jeruk kingkit dari kain flanel part 1

1. Pertama-tama potong kawat dengan panjang 60 cm untuk tangkai atau pohon jeruk kingkit. Kemudian tekuk kawat menjadi dua sehingga ukurannya menjadi 30 cm. Selanjutnya bungkus kawat yang sudah ditekuk tadi dengan potongan kertas koran dengan cara dililit spiral. Buat tangkai sebanyak 5 dengan cara yang sama.

2. Potong lagi kawat dengan panjang 10 cm. Potong sebanyak sepuluh. Lalu bungkus kawat dengan solasi hijau. Dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

3. Langkah selanjutnya potong kain flanel warna orange dan kuning untuk membuat buah jeruk kingkit. Potong membentuk lingkaran berdiameter 5 cm. Potong sebanyak 10 buah. Lima warna orange dan 5 warna kuning.

4. Setelah itu jahit kain flanel berbentuk lingkaran tadi dengan teknik tusuk jelujur. Masukkan dakron dan tarik benangnya.

5. Masukkan tangkai kecil kemudian tarik lagi benangnya dan jahit sekelilingnya agar terbentuk bulatan. Setelah itu simpulkan dan potong benangnya.

6. Lakukan hal yang sama pada semua potongan kain flanel yang berbentuk lingkaran tadi untuk membuat buah jeruk kingkit dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

Tutorial Pohon jeruk kingkit dari kain flanel part 2

7. Langkah selanjutnya potong kain flanel warna hijau untuk kelopak buah. Setelah itu lubangi tengahnya dan masukkan tangkai buah pada lubang lalu beri lem tembak.

8. Lakukan hal yang sama untuk semua buah dan hasilnya tampak seperti pada gambar.



9. Langkah selanjutnya yaitu merangkai buah pada tangkai. Lilitkan solasi hijau pada tangkai kawat yang dipersiapkan untuk batang tadi. Kemudian pasang buah jeruk warna orange dan warna kuning lalu lanjutkan melilitkan solasi hijau. Pasang buah dengan berselang-seling warnanya.

10. Setelah itu gabungkan kelima tangkai batang menjadi satu untuk membentuknya menjadi pohon. Lilitkan solasi hijau dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

11. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun jeruk. Potong kain flanel warna hijau menyerupai bentuk daun. Buat daun sebanyak mungkin.

12. Langkah terakhir tempelkan semua daun pada tangkai batang pohon jeruk. Dan hiasan pohon jeruk kingkit dari kain flanel sudah jadi.

Demikianlah sharing pengalaman Membuat Hiasan Pohon Jeruk Kingkit dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Membuat Hiasan Pohon Jeruk Kingkit dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA