Tutorial Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kain Flanel

Bunga anggrek adalah bunga yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Merawat bunga anggrek tidaklah terlalu sulit. Namun yang namanya bunga anggrek tetap saja bisa layu bahkan mati jika dibiarkan begitu saja. Padahal kita ingin memiliki bunga anggrek yang awet namun tidak perlu susah-susah merawat, memupuk, dan menyiram nya. Jika memang demikian, mengapa tidak membuat saja bunga anggrek palsu. Dijamin tahan lama, tetap segar meski tanpa disiram. Justru kalau disiram malah bisa rusak.

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi pengalaman membuat bunga anggrek palsu yang mudah sekali diterapkan tutorialnya. Dan tutorial cara membuat bunga anggrek dari kain flanel ini bisa anda simak hanya di blog ini. Dan inilah penampakan bunga anggrek dari kain flanel yang juga bisa anda buat sendiri di rumah.

Gambar Bunga Anggrek dari Kain Flanel

Bagaimana ? Bagus kan? Mirip dengan bunga anggrek asli. Dengan adanya bunga anggrek dari kain flanel, tentunya kini kita bisa mempercantik ruangan dengan meletakkan bunga anggrek tersebut di sudut ruangan, di meja tamu, di buffet atau di atas meja belajar.

Baiklah, berikut ini cara mudah membuat bunga anggrek dari kain flanel yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya.

Cara Membuat Bunga Anggrek

Untuk membuat bunga anggrek ini, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut.
1. Kertas untuk pola
2. Kain flanel
3. Kawat
4. Kertas koran
5. Solasi hijau
6. Gunting
7. Jarum dan benang
8. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Bunga Anggrek

Gambar Tutorial Bunga Anggrek dari Kain Flanel 1

1. Pertama-tama siapkan kertas hvs atau kertas apa saja untuk pola dasar bunga seperti pada gambar. Ada lima bagian mahkota bunga.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola pada kain flanel. Gunting kain flanel menurut pola. Gunakan warna kain yang berbeda untuk satu bagian mahkota bunga.

3. Setelah itu tumpuk bagian-bagian mahkota bunga anggrek seperti pada gambar.

4. Lanjutkan lagi menumpuknya dengan mahkota yang berbeda warna lalu tumpuk lagi dengan mahkota yang paling kecil.

5. Langkah selanjutnya, jahit tengahnya agar bagian-bagian mahkota bunga menyatu. Setelah itu tarik benangnya dan jahit pada ketiga sisi bunga agar bunga agak menguncup sedikit lalu tarik lagi benangnya dan simpulkan..

6. Langkah selanjutnya potong kain flanel warna hijau untuk dasar bunga atau kelopak bunga seperti pada gambar. Beri lem tembak lalu tempelkan pada bunga.

Gambar Tutorial Bunga Anggrek dari Kain Flanel 2

7. Buat beberapa bunga. Pada tutorial ini terdapat 4 bunga warna merah muda dan 3 bunga warna merah jambu.

8. Saatnya membuat tangkai. Potong kawat dengan panjang 80 cm. Setelah itu tekuk kawat menjadi dua. Selanjutnya lilit kawat tadi dengan potongan kertas koran. Buat beberapa lilitan agar tangkai tidak terlalu kecil. Buat lagi tangkai dengan cara yang sama sehingga terdapat dua tangkai.

9. Langkah berikutnya, bungkus tangkai kawat yang sudah dililit kertas koran tadi dengan solasi warna hijau.

10. Langkah selanjutnya, buat kuncup bunga anggrek. Potong kain flanel bentuk agak lonjong. Potong sebanyak dua untuk satu tangkai. Setelah itu tempelkan pada tangkai.

11. Langkah selanjutnya tempelkan bunga pada tangkai dengan cara berjajar. Gunakan lem tembak. Setelah itu lilitkan tangkainya untuk menyatukan kedua bunga.

12. Langkah terakhir yaitu membuat daun. Potong kawat untuk tulang daunnya. Lalu lilitkan solasi hijau pada kawat tadi. Potong kain flanel warna hijau menyerupai bentuk daun. Setelah itu tempelkan kawat tadi di tengah-tengah daun. Setelah itu tempelkan daun pada tangkai. Bunga anggrek dari kain flanel sudah selesai dibuat dan siap digunakan untuk menghias ruangan.

Itulah Tutorial Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kain Flanel yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA