Cara Membuat Bunga Sakura yang Indah dari Kain Flanel

Bunga sakura adalah bunga yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Putih kemerah-merahan warnanya yang sangat indah. Sayangnya bunga sakura masih jarang kita temui di lingkungan sekitar kita. Bagaimana tidak, bunga sakura ini umumnya tumbuh di Jepang. Namun sebenarnya di negeri kita ini bunga sakura juga bisa tumbuh subur. Ada tempat-tempat tertentu di mana kita bisa menikmati indahnya bunga sakura.

Bunga Sakura yang Indah

Bagi anda yang ingin menikmati indahnya bunga sakura sepanjang hari tanpa harus ke luar rumah, ke luar kota apalagi harus terbang ke Jepang. Saat ini ada bunga sakura yang sangat indah yang bisa diletakkan di sudut ruangan. Tentunya bukan bunga sakura asli. Bunga sakura yang dimaksud adalah bunga sakura dari kain flanel. Dan tentu saja cara membuat bunga sakura yang indah dari kain flanel ini akan saya bagikan di sini. Jangan khawatir hasilnya karena bunga sakura dari kain flanel ini mirip dengan aslinya. Tidak percaya? Perhatikan saja gambar di bawah ini !

Bunga Sakura yang Indah dari Kain Flanel

Bagaimana? Mirip tidak? Beberapa waktu yang lalu, di blog ini juga pernah membuat artikel tentang kerajinan bunga sakura. Karena bunga sakura banyak sekali versinya, oleh karena itu kami membuat lagi bunga sakura dengan cara dan model yang berbeda. Sekedar sharing pengalaman saja, berikut ini adalah cara membuat bunga sakura jilid dua.

Cara Membuat Bunga Sakura

Untuk membuat bunga sakura, anda hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan dan bahan diantaranya:
1. Kain flanel
2. Kawat
3. Kertas koran
4. Solasi hijau
5. Cat akrilik
6. Putik imitasi
7. Jarum dan benang
8. Gunting
9. Lem tembak

Berikut ini gambar dan tutorial cara membuat bunga sakura yang sudah kami lengkapi dengan keterangannya.

Cara Membuat Bunga Sakura yang Indah part 1

1. Siapkan kawat kecil dengan ukuran panjang 70 cm. Selanjutnya tekuk kawat menjadi dua. Selanjutnya bungkus kawat dengan potongan kertas koran yang dililitkan spiral. Buat lilitan sebanyak 3 lapis. Langkah ini adalah persiapan membuat tangkai bunga. Setelah dibungkus koran maka tangkai memiliki ukuran panjang 35 cm. Buat tangkai sebanyak tiga dengan cara yang sama.

2. Langkah selanjutnya, lilitkan solasi hijau pada tangkai kawat tadi. Dan hasilnya aka tampak seperti pada gambar.

3. Langkah selanjutnya potong kain flanel warna putih membentuk persegi. Potong sebanyak 5 untuk persiapan membuat mahkota bunga. selanjutnya potong kain flanel tadi membentuk menyerupai mahkota bunga.

4. Kita lanjutkan dengan proses membentuk bunga. Jahit kain flanel untuk mahkota bunga dengan teknik tusuk jelujur. Jahit satu-persatu dan sambungkan mahkota hingga membentuk bunga. Tarik benangnya dan simpulkan. Kemudian siapkan cat aklilik. Warnai bagian tengan mahkota bunga dengan menggunakan kuas. Jika tidak ada cat akrilik bisa diganti dengan spidol.

Cara Membuat Bunga Sakura yang Indah part 2

5. Dan itulah hasilnya. Untuk jumlah bunga bisa disesuaikan dengan keinginan. Pada tutorial ini kami membuat 11 bunga sakura.

6. Setelah itu sipakan putik imitasi. Untuk satu bunga diperlukan 2 putik imitasi. Tekuk dua putik imitasi menjadi dua selanjutnya masukkan di tengah-tengah bunga. Untuk mengganjal putik, gunakan potongan kain flanel kemudian masukkan kain flanel kecil pada lipatan putik. Beri lem tembak dan rekatkan potongan kain flanel tadi lalu tarik putik ke atas.

7. Langkah selanjutnya potong kain flanel warna hijau untuk kelopak bunga. Pasangkan pada bagian bawah bunga. Lakukan hal yang sama untuk semua bunga.

8. Itulah hasil dari proses membuat bunga sakura flanel yang siap dirangkai pada tangkai bunga.

9. Untuk mempercantik tampilan bunga, buat daun dari kain flanel seperti pada gambar. Untuk jumlah daun bisa disesuaikan dengan keinginan.

10. Langkah selanjutnya tempelkan daun pada tangkai. Tindih dengan bunga sakura. Gunakan lem tembak sebagai perekat. Dan bunga sakura yang indah sudah jadi.

Bunga sakura siap ditaruh pada vas bunga. Anda bisa mengikat ketiga tangkainya dengan karet selanjutnya lingkarkan kertas karton dan lapisi dengan kain flanel. Hasilnya tampak seperti gambar paling atas.

Itulah sharing Cara Membuat Bunga Sakura yang Indah dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Bunga Sakura yang Indah dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA