Membuat Gantungan Kunci Buah Unik dari Kain Perca

Masih dalam rangka membuat gantungan kunci atau dalam bahasa Inggris disebut keychain. Mengingat betapa pentingnya benda satu ini, maka saya pun tidak bosan-bosannya membuat gantungan kunci dengan beraneka ragam bentuk. Saya anggap gantungan kunci itu penting karena pengalaman ketika mencari sebuah kunci tanpa hiasan betapa susah menemukannya karena kunci tertindih benda-benda lain. Maka dari itu kiranya perlu memberikan penanda pada kunci.

Gantungan Kunci dari Kain Perca

Dan pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi pengalaman membuat gantungan kunci buah unik dari kain perca. Maksud dari kain perca di sini adalah potongan kain kecil-kecil. Jadi kain yang digunakan tidak harus kain yang baru dibeli. Karena kain perca itu cukup mudah ditemukan. Biasanya para penjahit memiliki banyak kain perca. Anda bisa meminta gratis jika tidak punya kain perca. Atau datang saja ke rumah saya karena saya memiliki sekarung kain perca yang bagus-bagus pemberian tetangga :)

Setelah ada bahan, maka membuat gantungan kunci buah adalah perkara yang mudah. Anda bisa menyimak tutorial yang saya bagikan. Meskipun sebenarnya anda juga bisa membuat sendiri tanpa harus menyimak tutorial dari saya. Namun tidak ada salahnya kalau ilmu yang bermanfaat ini tetap dibagikan di blog Kreasi Ceria yang super keren ini hehe.

Seperti inilah penampakan gantungan kunci buah unik dari kain perca.

Gantungan Kunci Buah Unik dari Kain Perca

Bagaimana? Memang unik dan cantik kan gantungan kuncinya? Dijamin dengan gantungan kunci seperti pada gambar, maka kunci tidak lagi sulit ditemukan. Dan jika digunakan untuk kontak motor, maka tidak akan membuat motor anda lecet-lecet deh.

Cara Membuat Gantungan Kunci Buah

Gantungan kunci unik berbentuk buah ini membutuhkan bahan dan peralatan yaitu :
1. Kain perca satin
2. Dakron
3. Kain flanel
4. Tali kur
5. Gantungan kunci
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Gantungan Kunci Buah

Tutorial Gantungan Kunci Buah Unik dari Kain part 1

1. Pertama-tama potong kain perca satin berbentuk setengah lingkaran. Potong sebanyak 4. Pilih kain yang warnanya cerah. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan selera.

2. Selanjutnya lipat kain menjadi dua sehingga membentuk seperti segitiga. Kain yang jelek berada di luar. Lalu jahit lurus tepinya.

3. Setelah dijahit kemudian balikkan sehingga bagian kain yang bagus berada di luar. Lakukan hal yang sama untuk semua bagian kain tadi. Langkah ini adalah untuk membuat buah.

4. Langkah selanjutnya jahit tepi dengan teknik tusuk jelujur. Kemudian masukkan dakron secukupnya. Setelah itu ambil tali kur yang sudah dipotong kira-kira 10 cm. Buat bundelan seperti pada gambar lalu masukkan tali kur pada buah kain setelah itu tarik benangnya
dan jahit simpul untuk mematikan benang lalu benang digunting.

5. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak buah. Potong kain flanel menyerupai bentuk kelopak seperti pada gambar. Di sini kita membutuhkan 4 kelopak buah.

6. Pasang kelopak buah pada buah dan beri lem tembak lalu rekatkan.

Tutorial Gantungan Kunci Buah Unik dari Kain part 2

7. Langkah selanjutnya ambil gantungan kunci. Masukkan buah yang sudah dipasang tali kur tadi. Setelah itu pasangkan kelopak buah yang satunya dan pasangkan pada buah yang satunya lagi dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

8. Dan itulah hasilnya terdapat dua buah yang sudah terkait pada gantungan kunci.

9. Buat lagi buah dengan cara yang sama kemudian kaitkan pada gantungan kunci dan hasilnya ada 4 buah seperti pada gambar.

10. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun. Potong kain perca satin warna hijau. Potong seperti pada gambar.

11. Langkah selanjutnya yaitu proses menjahit dimulai dari ujung. Untuk tengahnya lompati 1 cm untuk membalik kain dan lanjutkan lagi proses menjahit bagian daun. Setelah itu balikkan kain.

12. Langkah terakhir pasangkan daun pada gantungan kunci dengan cara diikat seperti pada gambar. Dan selesai.

Demikianlah sharing Membuat Gantungan Kunci Buah Unik dari Kain Perca. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Membuat Gantungan Kunci Buah Unik dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA