Ide Kreatif Membuat Origami Pembatas Buku

Buku merupakan suatu kebutuhan bagi para pelajar. Terkadang saking seringnya dibaca akhirnya buku menjadi berantakan, sobek karena sering dilipat-lipat. Kebanyakan yang mudah kusut itu buku pelajaran dan buku catatan. Biasanya anak sekolah ketika ada PR, halaman buku dilipat begitu saja. Karena kebanyakan dilipat akhirnya buku menjadi rusak. Lantas bagaimana agar buku tetap awet? Jawabnya, selain diberi sampul tentunya juga diperlukan pembatas buku untuk menandai sampai pada halaman berapa terakhir yang dibaca tanpa harus melipat halaman buku.

Seperti yang kita ketahui, pembatas buku memang banyak sekali jenisnya. Ada yang dijual di toko peralatan tulis  Berupa lembaran kecil berbentuk persegi panjang dari potongan kertas warna-warni yang bisa ditempel. Pembatas buku seperti ini paling diminati meskipun terkadang malah menyebabkan buku menjadi kotor dan lengket kena lem.

Nah, bagaimana cara memiliki pembatas buku yang unik namun tidak usah membeli? Berikut ini ide kreatif membuat origami pembatas buku yang caranya begitu mudah sehingga cocok diajarkan kepada anak TK. Anak-anak pasti senang ketika mempelajarinya karena hasil dari origami ternyata cukup menarik dan bermanfaat. Pembatas buku Do It Yourself bisa langsung digunakan.

Dengan adanya pembatas buku yang unik dari kertas yang dibuat dengan teknik origami akan membuat kita lebih bersemangat untuk membaca buku. Tandai buku yang sudah dibaca dengan cara memasukkan pembatas buku pada salah satu sudut atau halaman buku.

Cara Membuat Origami Pembatas Buku

Cara Membuat Origami Pembatas Buku

Seperti penjelasan di atas pembatas buku ini dibuat dengan teknik origami yaitu dengan cara melipat-lipat kertas menjadi bentuk yang diinginkan. Untuk membuat origami pembatas buku, kita hanya membutuhkan kertas lipat atau kertas origami ukuran 16 cm x 16 cm, lem, dan gunting.

Setelah bahan tersedia, berikut ini langkah-langkahnya. Pembatas buku yang dibuat berbentuk kelinci.

Tutorial Cara Membuat Origami Pembatas Buku

1. Lipat kertas origami dengan cara menyerong. Lipat menjadi dua sehingga membentuk lipatan segitiga.

2. Setelah itu lipat lagi kedua sisinya ke arah tengah sehingga membentuk seperti bangun belah ketupat seperti pada gambar.

3. Buka lipatan tadi lalu kertas yang ada di bagian dalam dilipat. Setelah itu yang lipatan luar dilipat ke dalam lalu masukkan kedua ujungnya sehingga membentuk seperti pada gambar.

4. Langkah selanjutnya potong kertas origami untuk bagian telinga kelinci. Potong kertas origami warna lain untuk kombinasi.

5. Setelah itu tempelkan telinga kelinci tadi. Buat sepasang mata, hidung, dan gigi kelinci selanjutnya tempelkan dan sudah jadi. Hasilnya tampak seperti pada gambar.

6. Buat origami pembatas buku dengan model lain misalnya katak seperti pada gambar. Anda bisa membuat origami pembatas buku dengan bentuk lain yang lebih menarik.

Itulah Ide Kreatif Membuat Origami Pembatas Buku. Selamat berkreasi bersama buah hati anda.

0 Response to "Ide Kreatif Membuat Origami Pembatas Buku "

Posting Komentar

DMCA