Amplop Lebaran, Amplop Buah-buahan dan Cara Membuatnya

Idhul Fitri merupakan salah satu hari besar Islam yang selalu dirayakan setiap tahun. Idhul Fitri atau lebaran menjadi momen yang sangat penting bagi umat muslim. Lebaran selalu identik dengan salam tempel. Tanpa salam tempel, lebaran rasanya kurang afdol. Hal ini dikarenakan salam tempel sudah menjadi tradisi di tanah air.

Salam tempel yaitu memberikan amplop kepada anak-anak sudah umum dilakukan oleh orang yang lebih tua. Anak-anak pasti bahagia ketika menerimanya meskipun isi amplopnya mungkin tidak seberapa dan akan semakin berkesan jika amplop yang digunakan adalah amplop yang unik.

Nah, berikut ini penulis bagikan tentang ide kreatif amplop lebaran, amplop buah-buahan dan cara membuatnya. Amplop ini dibuat dari bahan dasar kain flanel. Banyak sekali amplop buah-buahan yang bisa kita buat dan semua tergantung dari bentuk pola.

Amplop Lebaran, Amplop Buah-buahan dari Kain Flanel

Aneka amplop buah yang lucu dari bahan kain flanel ini sudah pasti menarik di mata anak-anak. Ada yang berbentuk buah stroberi, apel, jeruk, jambu monyet, jambu air, dan  mangga. Membuat amplop buah seperti ini bisa anda lakukan di waktu luang sebagai aktivitas yang menyenangkan. Selain bisa dipakai sendiri, amplop buah yang menarik ini juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan di bulan puasa.

Jika biasanya amplop flanel yang pernah kita lihat prosesnya dijahit, namun amplop ini tanpa jahit atau dengan kata lain hanya dilem saja. Jadi prosesnya jelas lebih mudah dan sederhana namun hasilnya seperti yang anda lihat pada gambar di atas.

Amplop yang unik dari bahan flanel sudah pasti lebih awet. Percayalah, anak-anak tidak akan langsung membuangnya ke tempat sampah setelah amplop diambil isinya. Mereka pasti merasa sayang, sehingga amplopnya bisa jadi dipakai untuk dompet atau bahkan mungkin disimpan untuk koleksi mainan.

Baiklah, berikut ini saya share cara membuat amplop lebaran, amplop buah-buahan dari bahan kain flanel.

Cara Membuat Amplop Model Buah

Untuk membuat amplop buah-buahan ini, kita hanya membutuhkan kain flanel, pensil, kertas untuk pola, jarum pentul, lem tembak.

Tutorial Amplop Lebaran, Amplop Buah-buahan dari Kain Flanel

1. Pertama-tama buat pola dasar amplop. Buat desain amplop model buah-buahan yang diinginkan pada selembar kertas buffalo. Gambar desain amplop menggunakan pensil. Amplop yang dibuat nanti intinya tergantung dari pola dasar yang sudah dibuat. Macam-macam pola amplop bisa anda lihat seperti pada gambar.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola amplop pada kain flanel. Lipat kain menjadi dua. Letakkan pola dasar amplop di atasnya. Sematkan jarum pentul. Selanjutnya gunting kain menurut pola.

3. Setelah digunting, maka akan didapat dua bagian amplop yaitu depan dan belakang. Kemudian gunting amplop bagian belakang. Mengguntingnya pada bagian atas kira-kira berjarak 2 cm dari tepi.

4. Langkah selanjutnya satukan kedua bagian amplop dengan cara dilem tembak tepinya. Untuk bagian atas yaitu yang digunting tadi letakkan sedikit menindih pada bagian bawah sehingga bagian atasnya ada sisa kemudian beri lem tembak dan rekatkan.

5. Langkah selanjutnya rapikan bagian atasnya atau kelebihan tadi sehingga bentuknya menjadi rapi.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak stroberi. Lipat kain flanel warna hijau. Letakkan pola kelopak seperti pada gambar lalu gunting kain flanel tersebut dan didapat dua kelopak buah.

7. Langkah selanjutnya tempelkann kedua kelopak buah pada amplop stroberi. Gunting kain flanel warna hitam membentuk lingkaran kecil-kecil dan tempelkan pada amplop stroberi. Selesai.

Untuk membuat amplop buah yang lain tinggal mengikuti pola dasar amplop yang sudah dibuat dan caranya sama seperti cara membuat amplop stroberi.

Demikianlah sharing ide kreatif Amplop Lebaran, Amplop Buah-buahan dan Cara Membuatnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Amplop Lebaran, Amplop Buah-buahan dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

DMCA